Pendidikan

MAN Binjai Sukses Terapkan E-Learning, Jadi Contoh Bimtek E-Learning Kemenagsu


MAN Binjai Sukses Terapkan E-Learning, Jadi Contoh Bimtek E-Learning Kemenagsu
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara, bekerjasama dengan MAN 2 Model Medan menggelar kegiatan Bimbingan Teknis E-Learning, yang dilaksanakan selama dua hari berturut dari tanggal 5-6 Agustus 2020 secara virtual melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting.

Peserta dalam kegiatan tersebut adalah guru-guru dari 8 madrasah negeri (MAN/MTsN) penyelenggara Sistem Kredit Semester (SKS) dilingkungan Kanwil kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara. Tidak terkecuali seluruh guru-guru Madrasah Aliyah Negeri Binjai dibawah pimpinan Evi Zulinda Br Purba SPdI MM.

Dilansir dari Sumut.kemenag.go.id, Sabtu (08/08/2020), kegiatan diawali dengan pembukaan oleh moderator WKM Kurikulum MAN 2 Model Medan Darussalim, Kemudian penyampain materi sekaligus membuka secara resmi kegiatan Bimtek oleh Kabid Penmad Kanwil Kementerian Agama H Mustapid. Pemateri berikutnya adalah Kasi Subdit Kurikulum dan Evaluasi Direktorat KSKK Madrasah Kemenag RI Dr Suwardi MPd.

Dalam sambutannya, Suwardi berharap agar 8 madrasah yang menjadi peserta dalam kegiatan tersebut dapat menjadi pilot project bagi madrasah lain dalam bidang penyelenggaraan SKS dan pengembangan pembelajaran berbasis digital. Salah satu materi penting dalam kegiatan tersebut adalah E-Learning Madrasah, narasumbernya adalah Suliyat, M.Si yang merupakan salah Pakar IT Kemenag RI Pusat dari MTsN 2 Malang.

Suliyat dalam penyampaian materinya menampilkan web elearning MAN Binjai (elearning.manbinjai.com) yang sudah berbasis full online dan sudah terinstall sertifikat securitynya (https). Suliyat menjelaskan secara detail melalui elearning MAN Binjai dari awal pendaftaran, pengisian database melalui akun operator, hingga penggunaan elearing di akun guru dan siswa.

Sementara di hari kedua, materi penting yang disampaikan adalah Pemanfaatan Google dalam Pembelajaran oleh Sujianto, salah satu Pakar IT Kemenag RI dari MAN IC Gorontalo. Secara detail Sujianto menjelaskan terkait penggunaan fitur-fitur yang ada pada Google, antara lain Google Drive, Google Slide, Google Docs dan Google Classroom. Sujianto juga memaparkan tentang pentingnya untuk mendaftarkan diri pada G Suite for Education agar lebih maksimal dalam pemanfaatan fitur-fitur Google.

Kepala MAN Binjai, Evi Zulinda Br Purba SPdI MM mengaku sangat bangga dikarenakan website elearning MAN Binjai (elearning.manbinjai.com) digunakan sebagai contoh dalam pelaksanaan Bimtek Online tersebut. “Elearning MAN Binjai sudah mulai digunakan sejak semester genap tahun pelajaran lalu TP.2019/2020, pemanfaatan dan penggunaannya sudah 90%, namun juga tetap dikombinakan dengan aplikasi lain seperti Zoom, Google Classrom, Edmodo dan lainnya,” terang Evi

Dia juga berterima kasih kepada tenaga operator MAN Binjai yang turut menyukseskan pembelajaran daring ini. “Apresiasi saya kepada operator E-Learning Jhoni Saputra dan seluruh guru-guru MAN Binjai yang sudah maksimal dalam penggunaan e-learning MAN Binjai,” pungkasnya. (BS09)

Tag:E-LearningE LearningKementerian AgamaMAN Binjai