Pendidikan

Kocak dan Haru, Mahasiswa IAIN Jember Diwisuda Model Drive Thru, Ada yang Naik Sepeda dan Becak


Kocak dan Haru, Mahasiswa IAIN Jember Diwisuda Model Drive Thru, Ada yang Naik Sepeda dan Becak
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember menggelar wisuda ke-36 untuk program Sarjana, Magister ke-19 dan Doktor ke-5. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, wisuda dilaksanakan di halaman kampus dengan model Drive Thru alias tidak turun dari kendaraan. Sidang Senat Terbuka dalam rangka Wisuda Program Sarjana, Magister dan Doktor IAIN Jember ini dibuka Ketua Senat Prof Dr Hj Titiek Rohanah Hidayati MPd. Prosesi wisuda yang berlangsung Jumat dan Sabtu (14-15/08) ini juga disiarkan kanal Youtube dan Facebook IAIN Jember.

Menteri Agama Fachrul Razi, dalam sambutannya berpesan agar seluruh civitas akademika perguruan tinggi keagamaan Islam selalu menjaga kapasitas keilmuan serta nama baik institusi. “Kita dituntut untuk menjaga nama baik institusi, khususnya IAIN Jember sebagai bagian yang tak terpisahkan dari keluarga besar Kementerian Agama,” tegasnya dilansir dari Kemenag.go.id, Sabtu (15/08/2020).

Menurut Menag, sebagai lembaga perguruan tinggi keagamaan Islam, sekurang-kurangnya terdapat empat misi besar yang diemban IAIN Jember. Empat misi besar itu adalah keilmuan, keislaman keindonesian, dan kemasyarakatan.

Sementara itu, Rektor IAIN Jember Babun Suharto mengungkapakan, pandemi Covid-19 telah menerjang tatanan kehidupan, termasuk dunia perguruan tinggi. Karena itu, pihaknya memilih untuk melaksanakan wisuda dengan model drive thru. “Hari ini kita menyaksikan suasana yang berbeda. Kita melaksanakan wisuda dengan model drive thru. Para wisudawan menggunakan kendaraan baik motor, mobil, becak, dan sepeda," ungkapnya.

"Ini kita lakukan untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 dengan menggunakan protokol kesehatan yang cukup ketat. Seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan wisuda drive thru, seperti senat, panitia, dan peserta harus menjalani rapid test terlebih dahulu,” sambung Rektor yang juga Ketua Forum Rektor PTKIN ini.

Dikatakan Rektor, walaupun dengan model pelaksanaan wisuda drive thru dan virtual, pihaknya tetap bersyukur dapat merayakan momen kebahagiaan para wisudawan. Menurutnya, pelaksanaan wisuda tetap dilaksanakan untuk memberi makna yang mendalam dalam setiap pencapaian. "Selamat bagi para Wisudawan! Masyarakat menanti pengabdian ilmu yang telah diperoleh di kampus IAIN Jember. Teruslah belajar dan mengabdi dimanapun berada," pesannya.

Tampak sejumlah 302 wisudawan IAIN Jember mengikuti proses wisuda model drive thru. Model pelaksanaannya dikemas dengan sederhana. Wisudawan menggunakan kendaraan baik motor, mobil, becak, dan sepeda. Terdapat beberapa pos pemeriksaan yang harus dilalui oleh wisudawan yaitu pemeriksaan suhu, kemudian penyemprotan hand sanitizer. Kemudian, wisudawan turun dari kendaraan untuk dilakukan proses pemindahan tali topi toga. Setelah itu, mereka kembali kendaraan masing-masing dan langsung pulang. (BS09)


Tag:IAIN JemberKemenag RiMenteri AgamaWisuda DrivethruWisuda Unik