Pendidikan

Kemenag Sibolga Wajibkan MDTA Punya Izin Operasional, Ini Persyaratannya


Kemenag Sibolga Wajibkan MDTA Punya Izin Operasional, Ini Persyaratannya
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Kantor Kementerian Agama Kota Sibolga, melalui Seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (PAKIS), menjelaskan tata cara pengajuan permohonan Izin Operasional bagi Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA), Kamis (13/08/2020).

Operator EMIS PONTREN Kankemenag Sibolga, AR Atmaja SE mengatakan bahwa semua ini sudah menjadi ketentuan Pemerintah. "Semua lembaga harus memenuhi syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah," ujarnya dilansir dari Sumut.kemenag.go.id, Kamis (13/08/2020). Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa untuk Madrasah Diniyah (MDTA), SK Izin Operasionalnya diterbitkan oleh Kantor Kementerian Agama Kab./Kota.

"Adapun syarat yang harus dilengkapi, sebagai berikut : Foto Copy SK Izin Operasional yang lama (kalau ada), SK Kemenkumham (kalau ada), Profil Lembaga, Susunan Pengurus yayasan dan MDTA, Data Ustad/Guru/Pegawai, Data Santri, Peta atau Denah Lokasi, dan Foto Keadaan Bangunan," jelas Atmaja.

Dia menjelaskan, semua kelengkapan berkas tersebut dijilid dengan Cover dan diserahkan ke Seksi PAKIS. "Profil, Data Guru dan Santri dapat dicetak dari Aplikasi EMIS masing-masing lembaga. Setelah ini, seluruh MDTA dapat menyelesaikan Proposal Permohonan Perpanjangan Izin Operasionalnya atau pun permohonan Izin Operasional bagi MDTA baru, agar semua MDTA tersebut terdaftar di Kementerian Agama," pungkasnya. (BS09)


Tag:EMIS PONTRENIzin OperasionalKakankemenag SibolgaMDTAPAKIS Sibolga