Pendidikan

Inilah Nama-Nama Pemenang Lomba Gebyar Muharram 1442H MUI Sumut


Inilah Nama-Nama Pemenang Lomba Gebyar Muharram 1442H MUI Sumut
BERITASUMUT.COM/BS02

Ririn Adrida Myesha

Beritasumut.com-Majelis Ulama Indonesia (MUI) provinsi Sumatera Utara (Sumut) merayakan Gebyar Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 H, dengan berbagai rangkaian acara yang mengedukasi masyarakat. Diantaranya Peluncuran Kalender Baru Hijriyah, Gelar Karya Tulis Ilmiah, hingga Lomba Ceramah bertema “Ukhuwah dan Optimisme dalam Menghadapi Pandemi Covid-19.

Ketua Umum MUI Sumut, Prof Dr H Abdullah Syah MA mengatakan Tahun baru Islam adalah peringatan momen hijrahnya Nabi Muhammad SAW. "Kita harus mempererat tali ukhwah kita sebagaimana hubungan kaum Muhajirin dan Anshar,” ungkapnya dilansir dari Muisumut.com, Jumat (04/09/2020).

Ketua Panitia Peringatan Muharram 1442 H, sekaligus Wakil Ketua Umum MUI Sumut Dr H Arso MA mengatakan bahwa dalam peringatan Muharram 1442 H ini, MUI Sumut merangkul semua elemen, termasuk kalangan milenial. “MUI Sumut mengadakan lomba ceramah dan karya tulis ilmiah yang diikuti oleh peserta yang berumur maksimal 30 tahun melalui online. Pada kesempatan yang sama, kita juga meluncurkan Kalender Baru Hijriyah. Diharapkan dengan ini umat Islam dapat mengetahui tanggal dan bulan Islam. Pada tahun 1442 Hijriyah ini tidak ada perbedaan awal Ramadhan dan Syawal di seluruh Indonesia”, terangnya.

“Semua video peserta diupload melalui channel MUI Sumatera Utara Tenda Besar Umat Islam, sementara lomba karya tulis dilirim ke email MUI Sumut. Dari 33 Kabupaten/Kota di Sumatera Utara, ada 11 Kabupaten/Kota yang ikut berpartisipasi, diantaranya Langkat, Pakpak Bharat, Dairi, Nias, Labuhan Batu,” tegasnya.

Inilah Nama-Nama Pemenang Lomba Gebyar Muharram 1442 H MUI Sumut :
I. Kategori Ceramah Singkat (Durasi 5 menit) Putra
1. Abdul Hafiz, asal daerah Langkat dengan nilai 912.2
2. M Alfi Syahri, asal daerah Labura dengan nilai 763,2
3. Yurid Daviq Tanjung, asal daerah Nias dengan nilai 649,9
Juara Favorit : Akbar Rizky, asal daerah Labura dengan nilai 1.445,5

II. Kategori Ceramah Singkat (Durasi 5 menit) Putri
1. Nazwa, asal daerah Batubara dengan nilai 971,5
2. Ririn Adrida Myesha, asal daerah Medan dengan nilai 853,5
3. Ayu Elfriana Sinaga, asal daerah Tanjung Balai dengan nilai 442.8
Juara Favorit : Nurjannah, asal daerah Langkat dengan nilai 1.485,4

III. Katagori Artikel Populer
1. Faisal Amri Al Azhari MAg, dengan nilai 254
2. Muharisyah Laili Saragih, dengan nilai 253
3. Anisa Rizkia, dengan nilai 250

Terpisah, Juara II Lomba Ceramah Gebyar Muharram 1442 H MUI Sumut, Ririn Adrida Myesha mengatakan sangat gembira dapat berkompetisi di acara bergengsi ini. Gadis berusia 25 tahun asal kota Medan ini mengatakan, perlombaan ceramah yang diikutinya membawa dampak yang sangat baik. "Lomba ini mengajarkan saya untuk percaya diri tampil dan menyampaikan apa yang telah dipelajari selama ini. Walau tidak banyak, saya berharap apa yang disampaikan dapat bermanfaat bagi generasi muslim di era millenial ini," kata Ririn.

Mahasiswi Program Pasca Sarjana UIN Sumut ini menilai, pandemi Covid-19 telah memberikan banyak hikmah bagi kehidupan kita. "Marilah kita rajut ukhuwah tanpa harus berpecah-belah, karena Covid-19 ini masa ujian yang diberikan oleh Allah," pesannya.

Kepada MUI Sumut, Ririn berharap agar perlombaan terus dilakukan sebab generasi muda Islam membutuhkan banyak ruang untuk berkreativitas. "Di channel Youtube MUI Sumut video ceramah kami (peserta lomba) ditayangkan. Semoga ke depannya program baik ini terus berjalan, sehingga semakin banyak konten-konten Islam yang diisi oleh anak-anak muda dan dapat menjadi manfaat untuk Umat Islam di Sumatera Utara, hingga dunia," pungkasnya. (BS02)


Tag:Gebyar MuharramMUI SumutMajelis UlamaPemprov SumutTahunBaru Islam1442H