Pendidikan

USU Buka Jalur Seleksi Masuk SNMPTN dan UTBK - SBMPTN 2020


USU Buka Jalur Seleksi Masuk SNMPTN dan UTBK - SBMPTN 2020
BERITASUMUT.COM/BS04
Beritasumut.com-Universitas Sumatera Utara (USU) membuka seleksi masuk SNMPTN dan UTBK-SBMPTN 2020 untuk mahasiswa baru. Penerimaan mahasiswa baru memenuhi prinsip kridibel, adil, transparan, fleksibel, efisien dan akuntabel serta tidak diskriminatif.
 
"Perguruan tinggi sebagai penyelenggara pendidikan menerima calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi dan berprediksi berhasil menyelesaikan studi tepat waktu. Siswa yang berprestasi tinggi dan konsisten menunjukkan prestasinya di SMA/SMK/MA, layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)," ucap Wakil Rektor I USU Prof Dr Ir Rosmayati MS, saat sosialisasi dan promosi SNMPTN dan UTBK-SBMPTN 2020 di Auditorium USU, Sabtu (14/12/2019).
 
Wakil Rektor, dihadapan para kepala sekolah, Guru BP, Operator dan perwakilan siswa dari 80 SMA/SMK sederajat di Kota Medan, menjelaskan, sekolah diberikan peran dalam proses seleksi SNMPTN. Sekolah sebagai satuan pendidikan dan guru sebagai pendidik, diasumsikan selalu menjunjung tinggi kehormatan dan kejujuran yang merupakan prinsip pendidikan karakter.
 
Oleh karena itu, tegasnya, sekolah berkewajiban mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan prestasi akademik siswa dengan lengkap dan benar. "PPDS merupakan basis data yang dijadikan sumber utama data SNMPTN. Pengelolaan dan pengolahan data untuk kepentingan seleksi jalur SNMPTN dilakukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). LTMPT adalah satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi berstandar di Indonesia," terangnya. 
 
Ketentuan umumnya, SNMPTN dan UTBK-SBMPTN 2020 dilakukan berdasarkan hasil penelusuran pretasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik. Rapor yang digunakan adalah semester I (satu) sampai dengan semester V (lima) bagi SMA/SMK/MA dengan masa belajar 3 tahun atau semester I - VII bagi SMK, dengan masa belajar 4 tahun. 
 
Siswa pendaftar yang berhak mengikuti SNMPTN dan UTBK - SBMPTN 2020, yakni siswa SMA/SMK/MA kelas terakhir pada tahun 2020 yang memiliki prestasi unggul, memiliki NISN yang terdaftar di PPDS, memiliki nilai rapor semester I-V yang telah diisikan oleh sekolah di PPDS atau memiliki nilai rapor semester 1-7 bagi siswa SMK dengan masa belajar 4 tahun, memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan uang ditentukan oleh masing-masing PTN. 
 
Dia menuturkan, ada beberapa syarat terkait Pengisian Data PDSS ini, diantaranya :
a. Sekolah melakukan pengecekan NPSN di laman PDSS.
B. Sekolah harus memastikan bahwa NPSN beserta data tentang sekolah susah benar dan terverifikasi di PDSPK Kemdikbud.
c. Kepala Sekolah atau yang ditugasi Kepala Sekolah mengisikan keseluruhan data siswa kelas XII di PDSS di https://portal.Itmpt.ac.id.
d. Pengisian data PDSS oleh sekolah dapat dilakukan pada tanggal 13 Januari  - 6 Februari 2020. 
 
"Adapun tahapan mengikuti SNMPTN yakni calon peserta baik SNMPTN, UTBK maupun SBMPTN 2020 diwajibkan untuk melakukan registrasi atau membuat akun di LTMPT melalui laman https://portal.Itmpt.ac.id., pendaftar akun LTMPT dilakukan pada tanggal 2 Desember 2019 sampai 7 Januari 2020," pungkas Wakil Rektor. (BS04)

Tag:Rektor USUSBMPTNSNMPTN USUUTBK USU2020Universitas SumateraUtara