Pendidikan

Kemenag Labusel Gelar Rakor Peringatan Hari Santri Tahun 2020


Kemenag Labusel Gelar Rakor Peringatan Hari Santri Tahun 2020

Beritasumut.com-Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel) mengadakan Rapat Kordinasi (Rakor) bersama seluruh pondok Pesantren yang ada di Labusel, terkait memperingati Hari Santri tahun 2020 di masa Pandemi Covid-19.

Rakor ini digelar di Aula Kantor Kemenag Labusel, Senin (12/10/2020), dipimpin langsung Ka Kankemeneag Labusel, M Rosyadi Lubis SHI, didampingi Kasi Pendidikan Islam Drs H Darajat Siregar MPd, dan seluruh Kepala Madrasah yang ada di Kabupaten Labusel.

Ka Kankemeneag Labusel, M Rosyadi Lubis SHI mengatakan, rakor ini sesuai Surat edaran Nomor 43 tahun 2020 tentang Memperingati Hari santri 2020 dengan tema santri Sehat Indonesia Kuat. "Kegiatan yang dapat dilaksanakan berupa Upacara Serentak Tanggal 22 Oktober 2020, Dzikir, Do’a, Shalawat, dan Tausiyah dapat dilaksanakan dengan tetap mengikuti Protokol Kesehatan, Sosialisasi melalui website, dan media social," ujarnya dilansir dari Sumut.kemenag.go.id, Senin (12/10/2020).

Ka KanKemenag Labusel menjelaskan, usai berkordinasi dengan pemerintah daerah, kegiatan memperingati hari santri boleh dilaksanakan di dalam pesantren. Namun tidak di luar pesantren dan tidak boleh mengumpulkan khalayak ramai. "Pesantren yang mempunyai program Santri Peduli dan Santri Berbagi, boleh menyalurkan bantuan kepada masyarakat dengan mengikuti protokol Kesehatan, tidak boleh dikumpulkan di suatu tempat," tegasnya.

Dia berharap, dengan memperingati Hari Santri, dapat meningkatkan mutu dan pola pikir masyarakat untuk memasukkan anak-anak mereka ke dalam pondok pesantren guna memperdalam ilmu agama. "Mudah mudahan seluruh pesantren yang ada di Labuhanbatu Selatan, juga di seluruh indonesia, menjadi lebih baik dan lebih maju di masa pandemi ini," harapnya.

Senada itu, Kasi Pendidikan Islam Kankemenag Labusel, Drs H Darajat Siregar MPd mengingatkan kepada seluruh Pondok pesantren agar memasang Spanduk dan Baliho tentang memperingati Hari Santri Tahun 2020. "Sehingga mengingatkan semua akan terbentuknya santri-santri yang berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat, Bangsa dan Negara," pungkasnya. (BS09)


Tag:Hari SantriInfo KemenagKemenag LabuselLabuhanbatu SelatanPondok Pesantren