Pendidikan

Kapusbimdik Kemenag Sebut Ada Proyeksi CPNS Guru Agama Khonghucu dari STIKIN


Kapusbimdik Kemenag Sebut Ada Proyeksi CPNS Guru Agama Khonghucu dari STIKIN
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Sekolah Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (STIKIN) membuka pendaftaran bagi mahasiswa baru Tahun Akademik 2020/2021. Bekerjasama dengan Pusat Pembinaan dan Pendidikan (Pusbimdik) Khonghucu Kemenag, STIKIN membuka penerimaan mahasiswa baru program studi Pendidikan Agama Khonghucu.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui www.stikin.ac.id/pendaftaran. "Lulusan STIKIN ini nantinya diproyeksikan sebagai guru Pegawai Negeri Sipil yang akan mengajar mata pelajaran agama Khonghucu di sekolah, baik di SD, SMP, maupun SMA atau yang sederajat," terang Kepala Pusbimdik Khonghucu Wawan Djunaedi dilansir dari Kemenag.go.id, Jumat (25/09/2020).

Wawan Djunaedi menjelaskan, STIKIN merupakan institusi pendidikan Khonghucu pertama di Indonesia. Lembaga pendidikan ini dikelola oleh Yayasan Rajawali Putra Banyumas dan bertempat di jalan Sunan Bonang No.121, Kembaran Purwokerto Jawa Tengah. "STIKIN memiliki misi menyelenggarakan pendidikan Agama Khonghucu yang berkualitas dan berdaya saing, mengembangkan studi agama Khonghucu yang terintegrasi dengan Ke-Indonesiaan, dan menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berbasis agama Khonghucu," jelasnya.

Visi lainnya, sambung Wawan, adalah membangun jejaring keilmuan dan keterampilan dengan lembaga lain, baik tingkat lokal maupun internasional, serta menerapkan manajemen modern dalam mengelola perguruan tinggi. "Terbentuknya STIKIN merupakan jawaban Pemerintah untuk menghadirkan guru pendidikan agama Khonghucu lulusan S-1 Pendidikan yang memenuhi standar pendidikan Nasional," ungkapnya.

Dia mengharapkan, STIKIN mampu menjadi embrio yang dapat melahirkan sarjana pendidikan agama Khonghucu sebagai pemenuhan kebutuhan guru agama Khonghucu di sekolah yang mampu bekerja secara professional di bidang pendidikan agama Khonghucu berdasarkan keimanan, perilaku junzi,tata ibadah, kitab suci dan sejarah suci. "Sebagai Kapus, saya mengimbau kepada alumni SMA/SMK yang beragama Khonghucu untuk kuliah di Program Studi Pendidikan Agama Khonghucu," tutupnya. (BS09)


Tag:GuruAgama KhonghucuKapusbimdik KemenagProyeksi CPNSSTIKIN Purwokerto