Rabu, 22 November 2017
  • Home
  • Pendidikan
  • Gubernur Sumut Minta Plt Bupati Batubara kembali Gelorakan Senam Pagi di Sekolah
pilkada beritasumut.com

Gubernur Sumut Minta Plt Bupati Batubara kembali Gelorakan Senam Pagi di Sekolah

Senin, 30 Oktober 2017 22:30:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/BS03
Beritasumut.com-Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) DR Ir HT Erry Nuradi MSi kembali mencanangkan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Ini merupakan program nasional yang mengutamakan pencegahan dari pada pengobatan. Dan untuk provinsi Sumatera Utara ada 9 kabupaten yang akan mewakili 33 kabupaten/kota di provinsi Sumatera Utara.
 
"Ini pencanangan yang ke enam setelah kabupaten Labuhan Batu, Labuhan Batu Utara, Asahan, Deli Serdang, dan Serdang Bedagai,” ujar Gubsu Erry saat melaunching Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Kabupaten Batubara, Senin (30/10/2017).
 
Pada kesempatan tersebut Gubernur Sumatera Utara, HT Erry Nuradi meminta Plt Bupati Batubara, RM Hary Nugroho untuk menggelorakan kembali senam di sekolah, baik di tingkat SD, SMP, hingga SMA. "Kalau dulu ketika kita masih sekolah, selalu ada senam sebelum masuk ke aekolah. Kalaupun masih ada, tapi belum menyeluruh. Tolong Pak Bupati perintahkan sekolah untuk melakukan senam pagi sebelum masuk ke kelas. Ini bagian dari gerakan hidup sehat dan saya juga akan meminta Kadis Pendidikan (Sumut) agar senam ini dapat digelorakan kembali di seluruh sekolah di Sumatera Utara ini," ujar Gubsu.
 
Selain itu,lanjutnya untuk selalu menjaga pola makanan. Sebab hari ini banyak masyarakat yang terkena serangan jantung, stroke. "Hari ini kita lihat sehat-sehat saja, tapi kita dengar sudah pulang ke Rahmatullah karena jantung ataupun stroke. Ini (terjadi) karena pola hidup yang tidak sehat seperti salah satunya makanan," ungkap Gubsu. 
 
Gubsu menegaskan, maksud germas ini disosialisasikan, karena sesuai RPJMD 2005-2025 bidang kesehatan diutamakan pencegahan daripada pengobatan. Karena pencegahan lebih baik daripafa mengobati. "Karena itu germas ini bagaimana menciptakan hidup sehat, antara lain berperilaku sehat seperti senam pagi, senam sehat. Berolahraha yang teratur, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, cek kesehatan secara rutin, jaha kebersihan lingkungan, dan menggunakan jamban sehat," jelas Gubernur.
 
Disela-sela pidatonya, Gubsu melontarkan pertanyaan tentang 4 sehat 5 sempurna. Saat itu salah seorang siswa SD bernama Bintang berlari ke atas panggung untuk menjawab pertanyaan yang diajukan gubernur. Meski sedikit ada yang salah, namun Bintang berhasil menjawabnya. Tak hanya Bintang, siswa dari akademi kebidanan, akademi perawat, kader posyandu juga mendapatkan kesempatan yang sama untuk menjawab pertanyaan yang diberikan Erry.
 
Sementara itu, Plt Bupati Batubara, RM Hary Nugroho menjelaskan, pada 15 November 2016 di Bantul, Presiden Jokowi meluncurkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Kebijakan ini sebagaimana sesuai dengan instruksi Presiden No. 1 tahun 2017. "Seluruh masyarakat Batubara berterimakasih kepada gubernur atas perhatiannya kepada kami sehingga melaunching germas ini di batubara," ujar Bupati.
 
Selain itu, Bupati juga mengucapkan terimakasihnya atas perhatian Gubsu dengan menanggung 16.455 warga Batubara untuk menjadi PBI Sumut Sehat JKN-KIS. "Saya juga ucapkan terimakasih kepada masyarakat atas upaya bersama dan mampu tidak lagi membuang air besar sembarangan dan kini telah mengakses jamban sehat. Bagi yang belum, diharapkan untuk segera agar 2018 nanti target 80 persen jamban sehat dapat diwujudkan," pintanya. (BS03)
T#g:BatubaraBupatigermasGubernurGubsuSehatSekolahSenam PagiSumatera Utara
ceritasumut.com
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 jam lalu

    Hadiri The 17th CCME, Batu Bara Indonesia Siap Dominasi Pasar China

    Beritasumut.com-CHINA membutuhkan pasokan energi yang besar untuk mengimbangi pesatnya pertumbuhan sektor industri mereka. Hal tersebut membuka pel

  • 11 jam lalu

    Inilah Alasan RS Martha Friska Multatuli Putuskan Kerjasama dengan BPJS Kesehatan

    Beritasumut.com-Direktur Penunjang Pelayanan RS Martha Friska Multatuli dr Olivia menjelaskan alasan penghentian kerjasama dengan Badan Penyelengga

  • 17 jam lalu

    Junaidi Auly : RUU Kebidanan Wujudkan Pelayanan Kesehatan Aman, Bermutu, Terjangkau

    Beritasumut.com-Anggota Badan Legislasi DPR RI Ahmad Junaidi Auly mengemukakan bahwa Rancangan Undang-Undang tentang Kebidanan ini disusun dalam us

  • 20 jam lalu

    Dream Team Mahasiswa USU Jadi Pionir Absensi Digital

    Beritasumut.com-Mahasiswa pada umumnya pernah sekali–dua kali melakukan 'aksi solidaritas' yang dijuluki titip absen. Miris memang me

  • 21 jam lalu

    Gapensi Dukung Penuh Kepemimpinan Erry Nuradi

    Beritasumut.com-Ketua Umum BPD Gapensi Sumut Tiopan Manuasa Pardede mengatakan kehadiran Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi pada Mu

  • http://ceritasumut.com/
    Copyright © 2010 - 2017 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.