Pendidikan

Danseskoau Buka Peluncuran Politeknik Angkatan Udara dan Prodi Magister Baru Universitas Nurtanio di Lembang


Danseskoau Buka Peluncuran Politeknik Angkatan Udara dan Prodi Magister Baru Universitas Nurtanio di Lembang
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Danseskoau, Marsda TNI Samsul Rizal SIP MTr (Han) berorasi ilmiah dalam acara Peluncuran Politeknik Angkatan Udara dan Pembukaan Program Studi (Prodi) Magister Terapan Strategi Operasi Udara pada Seskoau di Bangsal Srutasala, Seskoau, Lembang, Kamis (24/09/2020).

Orasi ilmiah yang dihadiri Rektor Universitas Nurtanio Marsma TNI (Purn) Sukmo Gunardi MSi, Dirjen Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Wikan Sakarianto ST MSc PhD, Wadan Seskoau Marsma TNI Jemi Trisonjaya MTr (Han), Direktur Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi Kemendikbud Dr Beny Bandanadjaja ST MT, Wakil Dekan Fakultas Manajemen Pemerintahan IPDN DR Yudi Rusfiana SIP MSi, para pejabat Seskoau dan Pasis Seskoau Angkatan Ke-57.

Dalam sambutannya, Danseskoau menyampaikan perjalanan sejarah TNI AU, strategi operasi udara telah beberapa kali mengalami perubahan disesuaikan dengan pengalaman sejarah, perkembangan teknologi dan teori perang udara. "Dari berbagai pola operasi tersebut maka dapat ditemukan fakta bahwa operasi TNI AU memiliki persamaan pola dengan di negara-negara maju, dimana operasi udara tidak hanya melaksanakan misi tempur, namun juga misi non-tempur seperti menjaga keamanan dalam negeri dan mendukung pembangunan nasional," ujarnya.

Usai orasi Danseskoau, Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo SE MPP, secara virtual dari Mabesau, Cilangkap, meresmikan Politeknik Angkatan Udara dan membuka Prodi Magister Terapan Strategi Operasi Udara pada Seskoau yang diikuti secara virtual oleh Wakasau Marsdya TNI Fahru Zaini Isnanto MDS, Dansesko TNI Marsdya TNI Dedy Permadi SE MMDS, Irjenau, Koorsahli Kasau, para Asisten Kasau, para Panglima dan Komandan Kotama, Kasespim Lemdiklat Polri, para Dansesko Angkatan, Gubernur AAU, Dankoharmatau dan para Kepala Dinas jajaran Mabesau.

Selanjutnya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim BA MBA, melalui rekaman video mengapresiasi Kasau beserta jajaran yang telah mendorong berdirinya pendidikan vokasi yang berkualitas. Menurutnya Politeknik Angkatan Udara adalah salah satu jawaban dari cita-cita bangsa, dimana pendidikan vokasi dapat mencetak SDM yang berkualitas, SDM yang berdaya saing yang dapat langsung berkontribusi di masyarakat.

Kemendikbud akan terus berdampingan, bergotong royong, memperkuat TNI Angkatan Udara terutama dalam mengembangkan pendidikan. “Semoga sinergi ini dapat terus ditringkatkan dan mendapat dukungan banyak pihak,” katanya seraya berharapan lompatan kemajuan ini memberikan manfaat yang besar bagi NKRI yang dicintai ini.

Pada kegiatan tersebut dilaksanakan penyerahan dokumen dari Kemendikbud kepada TNI Angkatan Udara dilanjutkan pemberian cinderamata dari Kasau kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, serta pemberian 500 buku dari Kasau kepada Danseskoau. Selanjutnya penyematan brevet terbang layang oleh Danseskoau kepada Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud, kemudian penyerahan mobil ambulance dari Kantor Wilayah BRI Bandung kepada Seskoau. (Rel)


Tag:DanseskoaukemendikbudNadiem MakarimPoliteknik AngkatanUdaraSeskoau LembangUniversitas Nurtanio