Pendidikan

Atasi Masalah Pengajaran di Masa Pandemi Covid-19, Pemko Binjai Perkenalkan Aplikasi SIGUM


Atasi Masalah Pengajaran di Masa Pandemi Covid-19, Pemko Binjai Perkenalkan Aplikasi SIGUM
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Pemerintah Kota (Pemko) Binjai memperkenalkan aplikasi Sistem Informasi Guru Mengajar (SIGUM) guna mengatasi kendala dalam pengajaran di masa pandemi Covid-19.Aplikasi SIGUM dibangun oleh operator Binjai Smart City diperkenalkan kepada kepala SMA dan SMK Negeri yang berada di bawah Dinas Pendidikan Sumut Cabang Kab. Langkat dan Kota Binjai.

Hadir pada acara tersebut Kepada Dinas Pendidikan Kota Binjai Sri Ulina Ginting, Kepala Dinas Kominfo kota Binjai H Ahmad Ilham, Kepala Dinas Pendidikan Sumut Cabang Kab. Langkat dan Kota Binjai Ichsanul Arifin Siregar dan para kepala SMA dan SMK Negeri di wilayah Binjai/Langkat.Kadis Pendidikan Kota Binjai,

Sri Ulina Ginting meengatakan lahirnya aplikasi SIGUM ini dilatarbelakangi kurang maksimalnya proses belajar mengajar selama pandemi Covid-19, karna itulah Walikota Binjai H M Idaham ingin agar siswa benar-benar belajar dan guru benar-benar mengajar. "Aplikasi ini dari ide Pak Wali, agar dibuat aplikasi pengajaran daring yang intinya agar kegiatan belajar mengajar tetap berlangsung," ungkap Sri dilansir dari laman binjaikota.go.id, Minggu (07/06/2020).

Sri menambahkan aplikasi SIGUM bisa digunakan mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA serta Pemko Binjai menyediakannya secara gratis. Sebagai tahap awal sudah diuji cobakan di SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 2.

Kepala Dinas Pendidikan Sumut Cabang Kab. Langkat dan Kota Binjai Ichsanul Arifin Siregar mengapresiasi aplikasi SIGUM sebagai solusi agar anak-anak tidak tertinggal pelajaran."Jangan ada image anak senang tidak belajar, guru lebih senang lagi tidak mengajar. Karena kepala sekolah juga tidak bisa mengawasi pelaksanaan belajar mengajar dari rumah yang sedang berlangsung ini," ujar Ichsanul Arifin Siregar.

Ichsanul Arifin Siregar berharap agar pemanfaatan program pengajaran daring lewat aplikasi SIGUM bisa terus berlanjut dan kecanggihan teknologi pendidikan bisa dimanfaatkan oleh semua pihak.(BS09)


Tag:Aplikasi SIGUMBinjaiCOVID 19COVID-19COVID 19COVID-19CoronaSekolahGuru