Pendidikan

7500 Siswa dan Guru MDTA Deli Serdang Ikuti Manasik Akbar ke-8


7500 Siswa dan Guru MDTA Deli Serdang Ikuti Manasik Akbar ke-8
BERITASUMUT.COM/BS05
Beritasumut.com-Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan menghadiri Manasik Haji Akbar siswa-siswi MDTA se Kabupaten Deli Serdang.S ebanyak 6.000 santri dan 1.500 guru Madrasah Diniyah Takmiliah Awaliah (MDTA) berbaur dalam kegiatan manasik haji akbar ke-8 tahun 2020 digelar Ikatan Guru Diniyah Takmiliah (IDGT) Kabupaten Deli Serdang, di Lapangan Alun-alun Komplek Perkantoran Pemerintah Kabupaten Deli Serdang, Rabu (22/01/2020).
 
Ketua IGDT Deli Serdang, H Khairul Anwar MA MSi menjelaskan, manasik haji akbar yang digelar merupakan penguatan terhadap ilmu yang telah dipelajari santri MDTA di semester 1 kelas IV tentang haji dan umrah. Praktik dari ilmu tersebut juga dalam upaya menumbuhkan kecintaan mereka terhadap Islam, kabah, Baitullah sehingga tertanam nilai-nilai keagamaan yang mengakar sejak usia dini.
 
"Kita berharap ini menjadi ilmu dan bisa tertanam dalam diri mereka kecintaan terhadap Islam, terhadap kabah dan baitullah sehingga memotivasi mereka untuk mengamalkan ajaran-ajaran Islam,” ungkapnya kepada wartawan, Jumat (24/01/2020).
 
Khairul juga menilai, praktik manasik haji akbar yang digelar juga bagian dari upaya melahirkan anak-anak soleh dan generasi relegius sejalan dengan visi pembangunan dicanangkan Bupati H Ashari Tambunan menjadikan ‘Deli Serdang yang maju, berdaya saing, religius dan bersatu dalam kebhinekaan’. "Adapun kegiatan yang kita lakukan ini, mudah-mudahan dapat mewujudkan Deli Serdang yang religius,’ ucapnya.
 
Kepada seluruh guru MDTA Khairul juga mengingatkan, mereka punya amanah dan tanggung jawab untuk menjadikan santri-santri MDTA sebagai generasi memiliki jati diri. Dia mengapresiasi Pemkab Deli Serdang, Dewan Pembina, serta penasehat yang turut membantu pengembangan dan kemajunan dunia MDTA lewat perhatian insentif untuk para guru sejak tahun 2013 sampai 2019 dan sudah berjalan selama 6 tahun. "Kami apresiasi kepada Pemkab Deli Serdang yang sudah memberikan dana insentif seluruh guru MDTA sejak tahun 2013 sehingga sudah berjalan Selama 6 tahun,” ujarnya.
 
Sementara itu, Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan mengatakan, anak adalah generasi masa depan. "Oleh karena itu, setiap anak perlu dijaga, dibimbing dan dibina dalam semua aspek, tidak hanya berorientasi pada sains dan pengetahuan umum saja, akan tetapi juga dalam bidang keagamaan. Salah satunya melalui pelatihan manasik haji," katanya.
 
Manasik, sebut Bupati, sangat penting dan bermanfaat, karena dengan mengajarkan manasik haji bagi anak-anak kita sejak dini, dapat menjadi bekal pengetahuan bagi mereka, seturut dengan perkembangan fisik anak yang memiliki memori yang sangat kuat. "Sehingga di usia dininya, tertanam tata cara pelaksanaan ibadah haji. Misalnya rukun haji, persyaratan, wajib, sunah, melakukan praktik tawaf, sa’i, wukuf, lempar jumrah dan prosesi ibadah lainnya dengan kondisi yang dibuat mirip dengan keadaan di tanah suci," paparnya.
 
Untuk itu, sambungnya, Pemerintah Kabupaten Deli Serdang, sangat menyambut baik kegiatan manasik haji MDTA ke-8 ini. "Sekaligus diucapkan terima kasih kepada IGDT Deli serdang yang telah menginisiasi terselenggaranya kegiatan ini. Manasik Haji MDTA ke- 8 adalah bagian dari upaya kita untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan anak-anak kita ke depan," harapnya.
 
Hadir pada acara tersebut hadir anggota DPRD Deli Serdang Wastianna Harahap dan Misnan Al Jawi, Wakapolresta AKBP Julianto P Sirait, Kemenag Deli Serdang H Tholibun Pohan beserta staf, Kepala OPD terkait, Al-Ustad H Syamsudin Nur dan para guru MDTA. (BS05)

Tag:ashari tambunanbupati DeliserdangMDTA Deliserdangmanasik haji