Pendidikan

1.226 Guru di Kabupaten Batubara Ikuti Uji Kompetensi Guru


1.226 Guru di Kabupaten Batubara Ikuti Uji Kompetensi Guru
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Guna meningkatkan kapasitas ngajar mengajar ditingkat TK, SD, SMP, Dinas Pendidikan Kabupaten Batubara menggelar Uji Kompetensi Guru (UKG) di tiga sekolah mulai SMP N 1 Lima puluh, SMP N 1 Air Putih dan SMP N III Air Putih, Sabtu (04/07/2020) kemarin.

"Uji Kompetensi Guru ini sangat penting bagi guru ataupun lembaga dalam meningkatkan mutu pendidikan agar tercapainya tujuan pendidikan baik di Kabupaten/Provinsi maupun nasional," ujar Bupati Batubara Zahir diwakili Kadisdik Ilyas didampingi Sekretaris dan Kabid Disdik, dilansir dari laman batubarakab.go.id, Minggu (05/07/2020).

Ilyas menjelaskan, bagi Tenaga Pendidik/Guru yang belum memiliki S1/D-IV diberi kesempatan untuk menyelesaikan pendidikannya sampai akhir Desember 2020, hal ini diinformasikan sejak 2016 lalu, di samping itu UKG ini sangat bermanfaat bagi para guru. “Semua profesi harus jelas kompetensinya," terangnya.

Lebih jauh Ilyas mengungkapkan jika UKG merupakan langkah awal bagi para guru untuk menuju sertifikasi. "Di samping itu juga kita sekaligus ingin mendata dan merapikan administrasi tenaga pendidikan kita khususnya Guru non ASN, setelah ini akan ada keputusan Bupati Batubara tentang Tenaga Pendidik/Guru Honor/Guru Non ASN di Batubara," tegasnya.

UKG ini diikuti sebanyak 1.226 peserta dari jenjang UPTD Negeri TK, SD dan SMP se-Kabupaten Batubara dengan menggunakan 61 ruang uji di tiga lokasi yaitu SMPN 1 Air Putih, SMPN 1 Lima Puluh dan SMPN 3 Air Putih dan bekerja sama dengan Lembaga psikologi Pendidikan Fhilantropi Pendidikan Pendidikan Fhilantropi (LP-FPPF) Medan dibantu pejabat di lingkungan Disdik Batubara.

"Jadilah guru yang hebat dan teladan. Guru hebat ditandai dengan minimal 5 indikator, yaitu kualitas diri, integritas moral, kedalaman ilmu, keterampilan (terutama mendayagunakan metode dan media), dan komitmen (adanya panggilan jiwa dan penuh tanggung jawab). Profesi guru itu sangat mulia dan menentukan masa depan bangsa, bahkan turut mempengaruhi seseorang kelak masuk surga atau neraka," pungkasnya.(BS09)


Tag:BatubaraGuruUKG