Kesehatan

Orang Tanpa Gejala Pemicu Meningkatnya Jumlah Positif Covid-19 di Kota Medan


Orang Tanpa Gejala Pemicu Meningkatnya Jumlah Positif Covid-19 di Kota Medan
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Jumlah pasien positif Covid-19 yang terus meningkat di kota Medan selama bulan Juni ini berasal dari Orang Tanpa Gejala (OTG) yang kemudian dilakukan rapid test ternyata hasilnya positif. Demikian ujar Plt Wali Kota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi saat mengikuti webinar dengan topik kebijakan Pemerintah hadapi covid-19 bersama dengan INTI Sumut dan HOS, di rumah Dinas Wali Kota Medan, Sabtu (27/06/2020).

"Di bulan Juni 2020 ini, kenaikan jumlah pasien positif covid-19 mengalami peningkatan yang eksponensial. Ini kebanyakan berasal dari OTG yang kemudian dilakukan pemeriksaan dan hasilnya reaktif. Dia (OTG) tidak merasakan gejala sakit dan tetap beraktifitas seperti biasa, sehingga pada akhirnya menularkan orang-orang di dekatnya seperti keluarga," kata Plt Wali Kota Medan, dilansir dari Pemkomedan.go.id, Sabtu (27/06/2020).

Untuk menanggulangi hal tersebut, sambungnya, saat ini Pemko Medan sebut Plt Wali Kota Medan terus melakukan rapid test kepada masyarakat khususnya terhadap OTG. "Tujuan agar dapat segera diketahui masyarakat yang mengalami positif covid-19. Tidak hanya itu saja, Pemko Medan juga terus melakukan razia penggunaan masker di tempat-tempat keramaian, mengingat masih banyaknya masyarakat yang belum memiliki kesadaran untuk menggunakan masker dan menerapkan protokol kesehatan," tegas Akhyar.

Hal ini perlu dilakukan, lanjutnya, sebab Pemerintah tidak akan dapat memutus mata rantai covid-19 bila tidak adanya kepedulian dari masyarakat untuk mencegah penularannya. "Kurangnya kesadaran masyarakat untuk menggunakan masker memicu semakin banyaknya penularan. Hampir 60% masyarakat masih belum patuh menggunakan masker. Jadi tidak bisa hanya kami saja yang mencegah penularan ini tetapi juga harus dari kesadaran masyarakatnya. Tak ada kata lain selain wajib menggunakan masker bagi seluruh masyarakat," kata Plt Wali Kota Medan.

Plt Wali Kota Medan menegaskan, Pemko Medan juga telah menyiapkan ruang isolasi di dua tempat diantaranya di gedung P4TK dan Rumah Sakit Lions Club. Tempat isolasi ini dipersiapkan bagi masyarakat yang termasuk OTG, ODP dan juga PP yang rumahnya tidak layak untuk dijadikan tempat isolasi. "Kedua tempat isolasi ini sudah kami siapkan meskipun sampai sekarang tempat ini belum penuh digunakan," sebutnya lagi.

Selain upaya-upaya penanganan tersebut, dalam menghadapi kebiasaan baru ini, Pemko Medan juga menyiapkan Perwal Kota Medan tentang pedoman adaptasi kebiasaan baru pada masa pandemi covid-19. Dalam Perwal ini mempersilahkan masyarakat untuk beraktifitas namun tetap harus menjaga protokol kesehatan disemua lini aktifitas.

Dengan adanya Perwal ini, Plt Wali Kota Medan berharap terbangun satu kultur baru dalam menjalani kehidupan ditengah pandemi covid-19. "Saya berharap tercipta kultur baru, dimana kita hidup di tengah-tengah Covid-19 dengan tetap menjaga protokol kesehatan," pungkasnya. (BS09)

Tag:Akhyar NasutionCOVID 19COVID-19OTG CoronaPemko Medan