Kesehatan

Merck Sharp & Dohme Didukung YBSI, Aplikasi PrimaKu dan Rumah Rubella Ajak Orangtua #LengkapiVaksinasiAnak


Merck Sharp & Dohme Didukung YBSI, Aplikasi PrimaKu dan Rumah Rubella Ajak Orangtua #LengkapiVaksinasiAnak
BERITASUMUT.COM/BS02
Beritasumut.com-Memperingati Hari Anak Nasional, Merck Sharp & Dohme (MSD), didukung oleh Yayasan Bersatu Sehatkan Indonesia (YBSI) serta aplikasi kesehatan anak - PrimaKu, hari ini, Senin (27/07/2020) meluncurkan gerakan #LengkapiVaksinasiAnak. Gerakan ini sebagai upaya dalam meningkatkan kesadaran para Orangtua di Indonesia untuk memberikan vaksinasi lengkap sebagai perlindungan optimal bagi anak, khususnya di tengah pandemi COVID-19 saat ini.

Webinar #LengkapiVaksinasiAnak menghadirkan 4 narasumber diantaranya Ketua YBSI dr Meta Melvina, Presiden Direktur MSD di Indonesia George Zaki, perwakilan dari PrimaKu dr Antonius Hocky Pudjiadi SpA(K), dan Pendiri Rumah Rubella, Grace Melia.

Ketua Yayasan Bersatu Sehatkan Indonesia, dr Meta Melvina, dalam webinar #LengkapiVaksinasiAnak, Senin (27/07/2020) mengatakan kurangnya kesadaran Orangtua dalam memahami manfaat dan pentingnya imunisasi secara lengkap untuk anak menjadi penyebab kurangnya cakupan vaksinasi. "Untuk itu, dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional, YBSI hadir memberikan dukungannya dalam gerakan #LengkapiVaksinasiAnak agar para ibu di Indonesia aktif dalam memastikan perlindungan optimal bagi anak mereka melalui vaksinasi yang lengkap,” ujarnya.

Menurut dr Meta, Campak, Gondongan, Rubela, dan Varisela, merupakan jenis penyakit yang bisa berdampak serius dan imunisasi perlu dilakukan secara komplit sesuai jadwal imunisasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) agar kekebalan tubuh bisa optimal dan terhindar dari berbagai penyakit berat.
“Mengacu pada himbauan dari IDAI dan Kementerian Kesehatan, untuk tidak menunda imunisasi anak, kami menganjurkan para Orangtua untuk segera datang ke dokter mereka dan memastikan anak sudah mendapatkan imunisasi lengkap, terutama untuk imunisasi Campak, Gondongan, Rubela, dan Varisela," jelasnya.

Kalau belum mendapatkan imunisasi lengkap, sambungnya, anak memiliki risiko tinggi dan lebih rentan terhadap berbagai penyakit dari virus yang mudah menular saat mereka bermain dan bersosialisasi dengan keluarga dan banyak anak lainnya. “Meski di tengah pandemi seperti sekarang, anak tetap bisa mendapatkan vaksinasi di rumah sakit atau klinik dengan aman dan nyaman. Banyak fasilitas kesehatan telah menerapkan prosedur keselamatan COVID-19 untuk vaksinasi, seperti adanya pendaftaran awal atau prebooking registration dan area yang terpisah antara pasien sakit dan vaksinasi. Bahkan, saat ini beberapa rumah sakit atau klinik juga sudah menyediakan layanan vaksinasi di rumah dan layanan vaksinasi drive-thru," paparnya.

Dengan begitu, lanjutnya, Orangtua dapat langsung menanyakan pada rumah sakit atau klinik terdekat untuk mengetahui lebih lanjut mengenai layanan vaksinasi, dan lengkapi vaksinasi anak Anda,” tandas dr Meta.

Senada itu, Presiden Direktur MSD di Indonesia, George Zaki, mengungkapkan, yakin bahwa vaksinasi tidak hanya melindungi anak-anak, tetapi juga mencegah penyebaran penyakit kepada keluarga, teman, dan orang yang dicintai. "Untuk itu, sesuai dengan etos perusahaan yakni, ‘Inventing for Life’, MSD meluncurkan gerakan #LengkapiVaksinasiAnak dan berkomitmen untuk terus mendukung upaya dalam melindungi generasi masa depan di Indonesia dari berbagai penyakit yang sangat menular melalui penelitian dan pengembangan obat dan vaksin inovatif,” ujarnya.

Presdir perusahaan farmasi multinasional yang berfokus dalam penelitian dan pengembangan obat dan vaksin inovatif ni menyebut, selain untuk meningkatkan kesadaran para Orangtua, gerakan ini juga merupakan bagian dari upaya MSD dalam mendukung pemerintah Indonesia untuk menurunkan kasus campak dan rubela pada tahun 2020. “Dalam rangka Hari Anak Nasional, kami juga berharap dapat mengingatkan para Orangtua dalam peran besarnya untuk melindungi anak-anak mereka dari penyakit menular yang berbahaya. Kami menyadari untuk mencapai tujuan ini, dibutuhkan peranan dari seluruh elemen masyarat, karenanya kami sangat mengapresiasi Yayasan Bersatu Sehatkan Indonesia (YBSI) dan PrimaKu yang telah memberikan dukungannya terhadap gerakan #LengkapiVaksinasiAnak,” jelas George.

dr Antonius Hocky Pudjiadi SpA(K), selaku perwakilan dari PrimaKu mengatakan, “PrimaKu sebagai aplikasi digital yang didukung oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan berfokus pada tumbuh kembang anak, berharap gerakan ini dapat meningkatkan urgensi para orangtua dalam memberikan perlindungan optimal untuk anak mereka. Penyakit-penyakit seperti campak, gondongan, rubela, dan cacar air pada anak dapat dicegah dengan menggunakan vaksin. Pemberiannya dapat dilakukan sesuai dengan panduan yang tertera dalam jadwal imunisasi rekomendasi IDAI,” ungkapnya.

Aplikasi PrimaKu sendiri dapat diunduh di Google PlayStore atau AppStore. Aplikasi ini bermanfaat bagi Orangtua untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan anak, serta dapat menjadi sumber informasi kesehatan, tumbuh kembang, dan imunisasi anak. Sangat membantu Orangtua mencari informasi lebih lanjut mengenai imunisasi anak, serta untuk menjadi panduan dan pengingat kelengkapan jadwal vaksinasi.

Sementara itu, Pendiri Rumah Rubella, Grace Melia mengaku sangat mendukung kampanye vaksinasi anak ini. Sebagai ibu dari Aubrey, anak pertamanya yang terinfeksi Rubella, Grace meminta agar Orangtua semakin peduli dengan vaksinasi. Pentingnya pengetahuan dan kesadaran Orangtua diperlukan, jangan menunda-nunda vaksinasi anak. "Rumah Rubella hadir sebagai tempat berbagi cerita dan belajar bersama dari pengalaman Orangtua lain. Juga untuk menyadarkan para Orangtua yang memiliki anak dengan Congenital Rubella Syndrome bahwa mereka tidak dan tidak akan pernah sendiri, karena mereka memiliki banyak kawan yang berjuang bersama," pungkasnya. (BS02)

Situs web: www.lengkapivaksinasianak.com
Instagram: lengkapivaksinasianak
Facebook: LengkapiVaksinasiAnak
YouTube: LengkapiVaksinasiAnak

Tag:Aplikasi PrimaKukesehatan anakLengkapiVaksinasiAnakMerck Sharp amp DohmeRumah RubellaVaksinasiYBSI