Kesehatan

Hingga Penghujung 2016, RS Pirngadi Simpan 26 Jenazah Tanpa Identitas


Hingga Penghujung 2016, RS Pirngadi Simpan 26 Jenazah Tanpa Identitas
BERITASUMUT.COM/IST
RSUD Pirngadi Medan
Beritasumut.com-Hingga memasuki penghujung tahun 2016, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Pirngadi telah menyimpan 26 jenazah tanpa identitas (Mr X). Hal ini dikatakan Kasubbag Hukum dan Humas RSUD d Pirngadi Medan, Edison Peranginangin.
 
"Saat ini ada 26 mayat tanpa identitas atau Mr X yang disimpan di sini. 25 mayat dewasa serta 1 mayat anak-anak. Sementara dari mayat dewasa itu, terdapat 19 orang laki-laki dan 6 perempuan," papar Edison di ruangannya, Rabu (28/12/2016).
 
Dia menuturkan, jumlah mayat tanpa identitas (Mr X) di tahun 2016 ini mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu. Berdasarkan data Mr X rumah sakit milik pemerintah tersebut, tahun ini jenazahnya hanya berjumlah 26 orang, sedangkan ditahun 2015 lalu mencapai sebanyak 39 jenazah.
 
"Dari jumlah ini, hanya dibulan April saja kita tidak ada menerima Mr X untuk di kamar mayat. Mayat-mayat ini umumnya diserahkan oleh masyarakat dan pihak kepolisian yang sebelumnya telah menemukannya," sambungnya sambil mengatakan kalau penerimaan mayat ini merupakan kewajiban dari rumah sakit untuk memberikan pelayanan sesuai dengan Undang-Undang no 44 tahun 2009.
 
"Sudah jadi kewajiban rumah sakit. Jadi pasien tidak bisa ditolak," katanya.
 
Terkait biaya, Edison mengaku, pihaknya berkordinasi dengan Dinas Sosial. Sepanjang tahun 2016 ini, untuk pengurusan Mr X hingga pemakamannya Edison mengaku menelan biaya sebesar Rp 5.410.000. Namun sebelum pemakaman dilangsungkan, Edison mengatakan, identitas Mr X ini masih harus dicari tahu terlebih dahulu selama dua minggu. Jika identitas tidak kunjung juga diketahui, baru selanjutnya jenazah-jenazah itu dimakamkan di kawasan Deli Tua.
 
"Sebelum dimakamkan, petugas kamar mayat melaporkan dulu pada pihak kepolisian. Jika sudah mendapatkan izin, baru pemakaman dilakukan," pungkas Edison. (BS03)

Tag:JenazahKepolisianMayatMedanmr xRS PirngadiTanpa Identitas