Rabu, 22 November 2017
  • Home
  • Kesehatan
  • Dr Rizky Adriansyah SpA: Dari 100 Kelahiran Bayi di Dunia, 1 Bayi Alami Jantung Bocor
pilkada beritasumut.com

Dr Rizky Adriansyah SpA: Dari 100 Kelahiran Bayi di Dunia, 1 Bayi Alami Jantung Bocor

Selasa, 07 November 2017 00:30:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Dokter spesialis penyakit anak dr Rizky Adriansyah SpA menyatakan, dari 100 kelahiran bayi di dunia, terdapat satu bayi yang mengalami jantung bocor. Kasus ini kata dia merupakan kelainan bawaan yang paling sering terjadi dan memiliki banyak variasi, mulai dari sangat ringan sampai berat, sehingga memerlukan penanganan yang segera untuk menyelamatkan nyawa bayi.
 
Di Indonesia sendiri, jelas Rizky, estimasinya juga terdapat satu dari 100 kelahiran bayi mengalami jantung bocor. Jenis yang paling banyak ditemukan adalah Ventricular Septal Defect (VSD), yakni kebocoran pada bilik jantung.
 
"Jantung bocor merupakan istilah awam yang sering digunakan untuk seluruh jenis penyakit jantung bawaan. Disini, dokter umum dan dokter spesialis anak yang bertugas di lini terdepan pelayanan kesehatan harus mengetahui manifestasi klinis jantung bocor ini," ungkapnya kepada wartawan, Senin (6/11/2017).
 
Rizky mengatakan, hingga saat ini tidak diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebab jantung bocor. Namun, tutur dia, ada beberapa faktor risiko yang mempengaruhi terjadinya, di antaranya ibu hamil yang kecanduan narkoba, menderita diabetes, mengalami infeksi rubela, mengkonsumsi obat-obatan tertentu yang bersifat teratogenik.
 
"Tidak hanya itu, pengguna kontrasepsi tidak tepat, bayi lahir prematur dan dengan kelainan bawaan yang berat seperti syndrome down juga menjadi faktor risiko jantung bocor," jelasnya.
 
Karenanya, menurut Rizky, orangtua diharapkan mampu mengenali gejala jantung bocor yang dapat terjadi pada anaknya. Gejala yang paling sering ditemukan adalah tampak biru pada lidah, mulut, serta ujung-ujung jari tangan dan kaki.
 
Gejala lain yang juga sering ditemukan, lanjut dia, ialah sesak napas, dengan atau tanpa disertai kebiruan pada lidah, mulut, dan ujung-ujung jari. Sesak napas karena jantung bocor biasanya berhubungan dengan aktivitas, seperti bayi akan bernapas lebih cepat saat disusui atau minum susu terputus-putus, anak tampak lebih mudah lelah saat bermain, lalu anak mungkin mengambil posisi jongkok setelah hanya berjalan beberapa meter saja.
 
"Gejala yang mungkin berhubungan dengan jantung bocor adalah batuk kronik berulang, berat badan tidak sesuai usia atau pada remaja mengalami nyeri dada dan jantung berdebar. Tidak jarang anak dinyatakan penyakit lain karena keterbatasan fasilitas untuk menegakkan diagnosis jantung bocor ini," jelasnya.
 
Rizky menyebutkan, dalam menegakkan diagnosis pasti diperlukan ekokardiografi. Sedangkan alat ini hanya tersedia di rumah sakit rujukan dan jumlah dokter subspesialis jantung anak juga masih sangat terbatas, khususnya di Sumatera Utara."Sejak 2012 sampai saat ini, RSUP Haji Adam Malik telah menangani jantung bocor tanpa operasi lebih dari 150 kasus," sebutnya.
 
Terkait pengobatan herbal, menurutnya, sampai saat ini tidak ada bukti ilmiah yang menyatakan itu. Pada beberapa kasus ringan, memang jantung bocor dapat sembuh sendiri tanpa pengobatan apapun (penutupan spontan). Namun pada sebagian besar kasus masih tetap memerlukan pengobatan, baik dengan obat-obatan, penanganan jantung tanpa operasi, maupun dengan operasi.
 
"Banyak iklan yang kita temukan melalui media online yang menyatakan jantung bocor dapat disembuhkan dengan obat herbal. Informasi salah kaprah tersebut sudah banyak menyesatkan masyarakat," pungkasnya.(BS07)
T#g:BayiDr Rizky Adriansyah SpAJantungjantung Bocor
ceritasumut.com
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 hari lalu

    Pangkostrad Ikut Senam Jantung Sehat Bersama Warga Medan

    Beritasumut.com-Senam jantung sehat mulai menjadi kebiasaan dan diminati warga Medan. Hal ini tidak terlepas dari peran Hj Rita Maharani Dzulmi Eld

  • 6 hari lalu

    Pasca Operasi Pemisahan Sukses, Bayi Sahira-Fahira Akan Pulang Pekan Depan dari RSUP H Adam Malik

    Beritasumut.com-Kondisi bayi kembar siam, Sahira dan Fahira terus membaik pasca operasi pemisahan, Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik (R

  • 2 minggu lalu

    PT Pelindo 1 Serahkan CSR ke Panti Asuhan Bayi

    Beritasumut.com-PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 memberikan bantuan pada Panti Asuhan Bayi Sehat Muhammadiyah yang bertempat di Ja

  • 4 minggu lalu

    Pasca Operasi Pemisahan, RSUP H Adam Malik Belum Pastikan Jadwal Kepulangan Sahira-Fahira

    Beritasumut.com-Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik Medan masih belum bisa memastikan kapan waktu kepulangan dari bayi kembar siam Sahira

  • 4 minggu lalu

    Pasca Operasi Pemisahan di RSUP H Adam Malik, Bayi Sahira-Fahira Lewati Masa Kritis

    Beritasumut.com-Sekretaris tim dokter bayi kembar siam Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik Medan, dr Rizky Ardiansyah SpA (K) mengungkapk

  • http://ceritasumut.com/
    Copyright © 2010 - 2017 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.