Rabu, 22 November 2017
  • Home
  • Kesehatan
  • Dinkes Humbahas Gelar Seminar Pemahaman Dini Kanker Serviks dan Payudara
pilkada beritasumut.com

Dinkes Humbahas Gelar Seminar Pemahaman Dini Kanker Serviks dan Payudara

Minggu, 12 November 2017 09:30:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Humbang Hasundutan (Humbahas) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) mengadakan seminar sehari tentang pemahaman secara dini kanker serviks dan kanker payudara serta sosialisasi tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dalam rangka HKN (Hari Kesehatan Nasional) ke-53 tahun 2017.
 
Dalam kata sambutannya, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE diwakili Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Drs August Panuturi Marbun MSi mengatakan seiring dengan pelaksanaan program Indonesia sehat melalui pendekatan keluarga dan mendorong kerjasama lintas kementerian dan lembaga melalui Germas.
 
"Gerakan ini merupakan sebuah gerakan guna mendorong masyarakat untuk berperilaku hidup sehat, yang pada akhirnya dapat membentuk Bangsa Indonesia yang kuat, dan tentu saja gerakan ini tidak hanya melibatkan lintas program tetapi juga lintas sektor terkait," ujarnya dilansir dari laman resmi humbanghasundutankab.go.id, Minggu (12/11/2017).
 
Lebih jauh, Marbun menjelaskan bahwa komponen terpenting dalam pencegahan penyakit adalah perilaku, selain juga dipengaruhi kualitas lingkungan serta sarana dan prasarana pelayanan kesehatan. 
 
"Untuk itu kita perlu terus berupaya untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat pada masyarakat khususnya di dalam lingkungan keluarga. Dengan cara demikian berarti kita membangun kemandirian keluarga dan masyarakat dalam hidup sehat sebagai promotif dan preventif yang pada akhirnya dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. Sehingga tercipta masyarakat yang produktif yang dapat berperan aktif dalam pembangunan nasional," jelasnya.
 
Sementara itu, Kadis Kesehatan Humbahas dr Budiman Simanjuntak MKes menambahkan, tujuan dilaksanakannya seminar dan sosialisasi ini untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman Aparatur Sipil Negara (ASN) beserta jajarannya, tentang deteksi secara dini kanker serviks dan kanker payudara dan tersosialisasikannya Germas di lingkup Pemkab Humbahas.
 
Semoga hasil seminar ini dapat diterapkan pada diri sendiri dan terutama bagi keluarga kita masing-masing, keluarga sehat, desa sehat dan masyarakat sehat. Sehingga tercapailah bangsa Indonesia yang sehat," pungkasnya. (BS02) 
T#g:Dinkes humbahas
ceritasumut.com
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
http://ceritasumut.com/
Copyright © 2010 - 2017 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.