Kesehatan

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Pemkab Pakpak Bharat Lakukan Vaksinasi Rabies


Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Pemkab Pakpak Bharat Lakukan Vaksinasi Rabies
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pakpak Bharat melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, melakukan kegiatan Vaksinasi terhadap hewan peliharaan Anjing di Desa Pardomuan, Kecamatan Sitellu Tali Urang Julu. Kegiatan vaksinasi ini guna mencegah adanya penyakit Rabies yang ditularkan oleh hewan tersebut.
 
Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan melalui sekdis Penuh Ketaren SP mengatakan kegiatan ini merupakan upaya kami dalam rangka melakukan pembinaan dan pengawasan serta pencegahan akan bahaya penyakit rabies. 
 
"Kita terjun ke lapangan langsung bersama seksi peternakan, untuk memberikan langsung vaksinasi Rabies terhadap hewan hewan peliharaan sejenis Anjing yang ada di Pardomuan. Dirinya juga mengatakan dengan di berikan vaksinasi tentu akan mengurangi bahaya penyakit rabies di pardomuan yang mempunyai hewan peliharaan anjing," ujarnya dilansir dari laman pakpakbharatkab.go.id, Jumat (30/03/2018).
 
Lebih jauh Ketaren menyebutkan jika kegiatan vaksinasi terhadap hewan ini giat dilakukan setiap minggunya di seluruh kecamatan di Pakpak Bharat. Selain Vaksin Rabies, ada juga suntik gatal, vitamin dan pengobatan lainnya bagi hewan peliharaan warga. 
 
"Dinas Pertanian mempunyai program Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Ternak, sehingga wilayah Pakpak Bharat bebas dari rabies. Menurut Kasi Peternakan Parulian Maibang SP, sampai sejauh ini untuk penyakit rabies ini, korbannya belum ada namun Dinas Pertanian melakukan vaksinasi ini untuk mengantisipasi," jelasnya.
 
Warga di desa pardomuan yang melakukan vaksinasi terhadap hewan pemeliharaanya antusias dengan adanya kegiatan ini."Kami senang tidak perlu khawatir tentang rabies atau kerabnya disebut anjing gila yang bisa memakan nyawa gigitannya," tutur salah seorang warga seraya berharap kedepannya terus dilakukan vaksinasi ini, agar hal hal yang tidak diinginkan tidak terjadi.(BS02)

Tag:AnjingDinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Pemkab PakpakRabiesVaksinasi Rabies