Kesehatan

Bertambah, Total Warga Sergei yang Positif Covid-19 Jadi 6 Orang


Bertambah, Total Warga Sergei yang Positif Covid-19 Jadi 6 Orang
BERITASUMUT.COM/BS09

Beritasumut.com-Seorang pria berinisial AS (29) warga Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Provinsi Sumatera Utara yang sebelumnya berstatus sebagai DPD, dinyatakan terjangkit virus Corona Virus Disease atau Covid-19.

Demikian hal ini disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 KabupatenSergai, Drs H Akmal AP MSi didampingi Kadis Kesehatan dr Bulan Simanungkalit, MKes serta Kabag Protokol dan Kompim Erfin Fachrurrazi, SSTP MSi serta Sekretaris BPBD Sergai Syamsunik, saat menggelar konferensi pers pada Jumat (05/06/2020) di Posko Gugus Tugas Sergai, di rumah dinas Bupati di Sei Rampah.

Bertambahnya satu lagi warga Sergei yang dinyatakan positif Covid19 pada hari Sabtu, 23 Mei 2020, AS (29) yang mengalami demam dan beserta anak dan isterinya datang ke Perbaungan ke kediaman orangtuanya dan pada saat datang sudah mengalami batuk-batuk.

Selanjutnya, pada hari Senin tanggal 25 Mei 2020, AS bersama isteri dan anaknya kembali ke Medan. Kemudianpada tanggal 28 Mei 2020, AS berobat ke rumah sakit Colombia dengan keluhan demam, batuk dan pilek yang tidak kunjung sembuh dan menjalani rapid test dan AS yang menetap dan bekerja di Kota Medan ditetapkan statusnya sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Selanjutnya, pada tanggal 30 Mei 2020 dilakukan tes PCR/Swab pada yang bersangkutan. Dimana pada tanggal yang sama, Dinkes Sergai mendapat informasi adanya PDP asal Sergai yang sedang dirawat di RS Colombia Asia Medan. Kemudianpihak rumah sakit mengirimkan sampel Swab AS ke RS Murni Teguh Medan pada hari yang sama.

Sampel Swab di deteksi di RS Murni Teguh dengan menggunakan Kit for 2019 Novel Coronavirus (2019-nCoV) RNA dan metode RT-PCR ABI 7500 pada tanggal 4 Juni 2020. Dan dari hasil pemeriksaan terhadap AS (29) menunjukkan positif SARS-CoV-2 (Covid-19).
“Saat ini kita sedang melakukan tracing terhadap orang-orang yang dekat dan melakukan kontak dengan AS,” ujar Akmal.

Sergei Masuk dalam Zona Merah

Dengan bertambahnya, satu orang yang dinyatakan positif covid-19 melalui hasil swab. Total warga yang terpapar Covid 19 menjadi 6 (enam) orang. Dengan rincian tiga orang dinyatakan sembuh, satu orang meninggal dan dua orang sedang diisolasi rawat di dua Rumah Sakit (RS) yaitu RS GL Tobing Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang dan RS Columbia Medan.

Dengan meningkatnya jumlah yang positif covid-19 menjadi 6 (enam) orang tersebut maka status Kabupaten Serdang Bedagai menjadi zona merah. (BS09)


Tag:COVID 19COVID-19Kabupaten Serdang BedagaiODPPDPSergai