Kesehatan

75 Personel Polres Simalungun Jalani Swab Test, Deteksi Dini Penyebaran Covid-19


75 Personel Polres Simalungun Jalani Swab Test, Deteksi Dini Penyebaran Covid-19
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo SIK, memimpin kegiatan deteksi dini Virus Corona (Covid-19) dengan cara Swab Test di lingkungan Polres Simalungun. Kegiatan Swab Test Massal Polres Simalungun digelar pada Minggu (27/09/2020) pagi sekira pukul 10.00 WIB di ruangan Klinik Polres Simalungun. Diikuti para personel Polres Simalungun, pemeriksaan Swab Test dilakukan oleh Dinas kesehatan Kabupaten Simalungun.

Kapolres Simalungun mengatakan, kegiatan swab test ini dilakukan dalam mengantisipasi secara dini penyebaran covid-19 terhadap personel Polri di lingkungan polres Simalungun untuk melaksanakan swab test guna medeteksi penyebaran wabah covid-19. “Kita lakukan swab test kepada 75 personel untuk deteksi dini penyebaran covid-19 di lingkungan Polres Simalungun,” kata AKBP Agus Waluyo SIK, dilansir dari Tribratanews.sumut.polri.go.id, Senin (28/09/2020).

AKBP Agus berharap, kegiatan Swab Test ini dapat meminimalisir dampak Covid-19 di lingkungan Polri. Apabila ada personil Polres yang terpapar positif Covid-19 untuk segera diambil langkah-langkah penanganannya sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19 yang berlaku. “Hasil Sweb Testnya diperkirakan 4-5 hari, jika terdampak salah seorang personil terindikasi virus tersebut bisa cepat kita atasi dengan baik dan tidak menularkan ke orang lain,” tandasnya.

Dia berharap, hasil tes ke-75 personil dan negatif tanpa ada gangguan apapun. “Semoga hasil Swab Tes semuanya negatif dan tidak ada masalah, sehingga kita bisa maksimal melakukan pelayanan kepada masyarakat,” harap Kapolres Simalungun.

Sementara itu, Kabag Sumda Polres Simalungun Kompol J Purba selaku penanggung jawab kegiatan Swab ini menjelaskan, 75 personil yang mengikuti pemeriksaan ini sesuai Kuota yang diberikan oleh Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Simalungun. "Personil terdiri dari, Bhabinkamtibmas sebanyak 36 orang, jajaran Polres Simalungun, Personil/staf Polres simalungun sebanyak 39 orang," jelas kabag sumda.

Kompol J Purba menyebut, kegiatan ini kerjasama Polres Simalungun dan Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Simalungun. "Maksud dan tujuannya untuk memutus mata rantai Perkembangan Covid-19, pada Personil Polres Simalungun. Terutama personil Bhabinkamtibmas yang selalu berintraksi kepada masyarakat/warga binaanya. Sehingga oleh Pimpinan berkerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Simalungun dalam hal ini Dinas kesehatan untuk bersinergi dalam hal Penanggulangannya," tutupnya. (BS04)


Tag:COVID 19COVID-19Dinkes SimalungunPolres SimalungunSwab Test