Gaya Hidup

Dari Sampah Menuju Surga, KUA Kisaran Barat Bersihkan Lingkungan untuk Sumbang Rumah Ibadah


Dari Sampah Menuju Surga, KUA Kisaran Barat Bersihkan Lingkungan untuk Sumbang Rumah Ibadah
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Aparatur Sipil Negara (ASN) Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kisaran Barat, bersama dengan Penyuluh Agama Islam baik PNS maupun Non PNS bersama masyarakat setempat, mengumpulkan sampah�"sampah plastik di lingkungan Kisaran Barat. Sampah-sampah daur ulang tersebut, nantinya akan dijual kembali sehingga dana terkumpul akan dimanfaatkan dan disumbangkan ke rumah-rumah ibadah yang membutuhkan.

Kepala KUA Kisaran Barat, H Dahmul Daulay MA, dilansir dari Sumut.kemenag.go.id, Selasa (04/08/2020) mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan agar lingkungan semakin bersih, bebas nyamuk dan hewan penyebab penyakit lainnya, juga untuk berinfak di jalan yang benar. "Perdana kegiatan ini dilaksanakan pada Senin (03/08/2020) bersama masyarakat setempat. Kegiatan ini kita namai dengan “Sampah Menuju Surga”," ujarnya.

Dahmul juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh ASN Kantor KUA Kecamatan Kisaran Barat, Penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Kisaran Barat, juga masyarakat setempat yang telah suka rela bekerja sama mengumpulkan sampah-sampah plastik. "Sehingga kini lingkungan semakin bersih, sehat, dan yang utama dapat memberikan bantuan kepada rumah ibadah yang membutuhkan dari hasil penjualan barang bekas tersebut," jelasnya.

Dia juga mengatakan, untuk tahap pertama ini, hasil dari pengumpulan sampah yang sudah terjual dengan menghasilkan dana sebesar Rp 1.800.000,-. "Dana ini akan diserahkan kepada BKM Masjid Al Husnah Sidomukti untuk membantu rehab mesjid. Semoga masyarakat yang berlebih di sekitar dapat melihat ini semua. Terketuk juga hatinya untuk dapat menyumbangkan dengan seikhlasnya dana pribadinya yang diperuntukkan rehab masjid," harapnya.

"Jujur, saya tidak mengira akan dapat sejumlah ini dari barang bekas yang telah dikumpulkan dan dijual, karena memang sepertinya benda tersebut ringan sehingga bilamana hanya dijual perkilo hasilnya tidaklah seberapa. Namun dikarenakan barang bekas tersebut terkumpul hingga menggunung, akhirnya dana terkumpul dari penjualan barang bekas tersebutpun tampak besar. Sangat bermanfaat untuk masjid Al-Husnah," beber Kepala KUA.

Dahmul pun berharap, kegiatan ini terus berlanjut. "Keinginan saya dan rekan-rekan penyuluh juga masyarakat, kegiatan ini akan terus berkelanjutan sehingga manfaatnya dapat didapati bersama baik dunia maupun akhirat," tandasnya. (BS09)


Tag:KUA KisaranBaratKebersihan lingkunganRumah IbadahSampah MenujuSurgasampah plastik