Ekonomi

Tingkatkan Ketahanan Pangan, Bupati Labuhanbatu Akan Fasilitasi Kebutuhan Petani


Tingkatkan Ketahanan Pangan, Bupati Labuhanbatu Akan Fasilitasi Kebutuhan Petani
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Demi meningkatkan ketahanan pangan, Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe ST MT akan fasilitasi petani padi. Hal ini dikatakannya saat meninjau lokasi persawahan milik warga di Desa Selat Beting, Kecamatan Panai Tengah.

Andi optimis Desa Selat Beting akan menjadi daerah penghasil beras terbesar di Kabupaten Labuhanbatu. Oleh karena itu, agar hasil panen petani dapat terus meningkat, pihaknya akan memfasilitas alat-alat pendukunkg pertanian seperti aliran irigasi dan pompa air.

"Saya berharap kilang padi bisa secepatnya dibangun, agar hasil panen nantinya bisa dinikmati kita sendiri, tidak perlu lagi menjual ke luar daerah, hasil padi kita cukup bagus, dengan panen setahun 3 kali jika dikelola sendiri pasti mampu mencukupi kebutuhan masyarakat Labuhanbatu khususnya," ungkap Bupati dilansir dari laman labuhanbatukab.go.id, Minggu (26/07/2020).

Salah seorang petani, Rusli Margolang mengungkapkan berkat gagasan Bupati memberikan bibit padi unggul, petani padi Desa Selat Beting kini bisa meningkatkan produksi hingga 3 kali panen dalam setahun."Berkat perhatian beliau, kami dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga, khususnya masyarakat di Desa Selat Beting, jika fasilitas oertanian memadai, maka kami akan lebih semangat mengolah lahan persawahan ini," sebut Rusli.

Sementara itu, Kepala Desa Selat Beting Muktar Dalimunthe menyebutkan, dulu petani hanya bisa panen sekali dalam setahun, namun berkat padi jenis R 6 Impari 32 yang digagas Bupati petani bisa 3 kali panen dalam setahun, dengan luas sawah 120 hektare, hasil padi mencapai 6-7 ton/hektare setiap panen.

Hadir dalam kegiatan itu, Faisal Amri Siregar ST, para Asisten, OPD, Camat Bilah Hilir, Camat Panai Tengah, Camat Panai hilir, serta Kepala desa Sei Rakyat, Selat Beting dan Sei Siarti.(BS09)


Tag:petaniLabuhanbatu