Ekonomi

Optimalkan Pajak, Pemkab Toba Ikat Kesepakatan Bersama dengan Kanwil DJP Sumut II


Optimalkan Pajak, Pemkab Toba Ikat Kesepakatan Bersama dengan Kanwil DJP Sumut II
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Bupati Toba, Darwin Siagian menandatangani kesepakatan bersama dengan Kantor Wilayah DJP (Direktorat Jenderal Pajak) Sumut II di Kanwil Pematang Siantar.Kesepakatan ini dilaksakan untuk mengoptimalkan pemungutan-pemotongan pajak pusat/pajak daerah dan retribusi daerah.

Bupati dalam sambutannya meminta bantuan kerjasama dengan pihak Kanwil DJP Sumut II untuk memberikan pelatihan kepada OPD terkait yang berhubungan dengan pajak di lingkungan Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Toba. Pelatihan ini diharapkan mampu mendongkrak titik-titik yang mampu meningkatkan penambahan pajak dan penghasilan daerah.

“Kita juga harus menyadari bahwa di saat pandemi Covid-19, pendapatan pajak pasti sangat menurun drastis karena banyak sektor usaha yang betul-betul lumpuh akibat pendemi ini,” kata Darwin seperti dilansir dari laman tobasamosirkab.go.id, Minggu (26/07/2020).

Romadhaniah selaku Kepala Kantor Wilayah Sumut II menyayangkan minimnya kesAdaran masyarakat dalam melakukan pembayaran pajak, baik itu pajak hotel, usaha dan pajak lainnya. Menurutnya, perlu sosialisi yang lebih ekstra untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan kerjasama yang konkrit dengan Pemkab harus dijalin dengan baik.“Untuk mencapai target 6.45 triliun pun kami harus berjibaku memenuhinya. Tahun lalu kami juga tidak mampu memenuhi target," Kata Romadhaniah.

Dalam kesempatan itu turut juga hadir Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah kabupaten Toba, Ganyang Situmorang dan Kepala Bagian Tata Pemerintahan, Lahsa Simanullang.(BS09)


Tag:COVID 19COVID-19COVID 19COVID-19CoronaPajaktoba