Pemkab Asahan Serahkan Puluhan Alsintan Kepada Koptan dan Dana Bergulir


Pemkab Asahan Serahkan Puluhan Alsintan Kepada Koptan dan Dana Bergulir
Beritasumut.com/Ist
Pemkab Asahan saat memberikan bantuan alsintan kepada petani

Beritasumut.com-Bupati Asahan Drs H Taufan Gama Simatupang MAP menyerahkan puluhan unit bantuan alat mesin pertanian (alsintan) kepada kelompok tani (koptan), dan pinjaman dana bergulir kepada pelaku UMKM di Rumah Dinas Bupati, Rabu (13/7/2016). Pemberian bantuan ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap pengembangan sektor pertanian dan UMKM di Asahan.

Bupati dalam sambutannya meminta para koptan dan pelaku UMKM yang menerima bantuan tersebut dapat memanfaatkannya dengan sebaik mungkin. Sehingga tujuan pemerintah menyerahkan bantuan ini mencapai sasaran yang diinginkan.Seluruh bantuan alat yang diberikan tersebut gratis dan tidak dipungut biaya.

"Mesin pertanian ini diberikan kepada para kelompok tani di Asahan dengan harapan dapat membantu kinerja para petani dan sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap pertanian. Pergunakanlah dengan sebaik baiknya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan hasil pertanian dan jangan disalahgunakan," kata Bupati didampingi Wabub H Surya dilansir dari laman resmi asahankab.go.id.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Oktoni Heryanto dalam laporannya disela-sela penyerahan bantuan secara rinci menyebutkan jumlah kelompok tani yang mendapatkan bantuan mesin Yanmar untuk mengolah tanah ada sebanyak 30 unit.

“Selanjutnya mesin bantuan pompa air sebanyak 29 unit yang diberikan kepada 30 kelompok tani, adapun keseluruhan dana yang digunakan tersebut berasal dari APBD Asahan,” kata Oktoni.

Disamping itu diserahkan pula bantuan pinjaman dana bergulir dari Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) kepada 55 orang pelaku usaha, dan 1 Koperasi dengan jumlah keseluruhan sebesar 541 juta rupiah."Keseluruhan bantuan pinjamam dana bergulir tersebut diberikan dengan jumlah yang berfariasi, mulai dari 5 - 15 juta rupiah, dengan harapan dapat membantu pelaku usaha perekonomian kecil di Asahan," ucap Suprianto Kadis Koperindag Asahan.

Supangat, salah seorang kelompok tani penerima bantuan mengucapkan terimakasihnya kepada Pemkab Asahan. Dia mengakui mesin pengolah tanah yang baru saja diterima sangat berguna untuk percepatan hasil pertanian miliknya. Sebab sebelum memiliki mesin tersebut dia harus mengeluarkan uang lebih untuk mebayar sewa mesin tersebut.

"Dengan adanya mesin ini para petani yang berhimpun dalam kelompok tani di desa kami tidak perlu lagi menyewa mesin.Kami sangat terbantu dengan adanya perhatian dari Pemkab Asahan ini," ujarnya. (BS02)

 


Tag: