Kesehatan

Empat Daerah di Sumut Belum Ambil Vaksin Meningitis untuk Calon Jamaah Haji


 Empat Daerah di Sumut Belum Ambil Vaksin Meningitis untuk Calon Jamaah Haji
Beritasumut.com/Ilustrasi
Vaksin

Beritasumut.com-Kepala Bidang Bina Pengendalian Masalah Kesehatan Dinas Kesehatan Sumatera Utara (Sumut), dr NG Hikmet mengaku, hingga saat ini hanya tinggal daerah saja yang belum mengambil vaksin meningitis tersebut dari Dinas Kesehatan Sumut.

Keempatnya papar dia adalah, Kabupaten Batubara, Humbahas, Toba Samosir serta Kotamadya Sibolga."Sekarang tinggal 4 Kabupaten/kota saja yang belum mengambilnya. Sejauh ini tidak ada masalah, dalam waktu dekat mereka akan segera mengambilnya ke kita," ujarnya.

Sementara itu, untuk Kota Medan, Dinas Kesehatan telah menunjuk 21 unit Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) untuk melayani calon jamaah haji yang akan divaksin meningitis. Para calon jamaah haji ini, wajib mendapat vaksin meningitis paling tidak tiga pekan sebelum keberangkatannya ke tanah suci, Arab Saudi.

Pelayanan vaksin bagi jamaah haji tersebut telah dimulai sejak usai lebaran lalu hingga tiga pekan menjelang keberangkatan nanti. Sebab, kekebalan tubuh seseorang oleh vaksin dapat terbentuk setelah tiga pekan divaksin. "Puskesmas yang ditunjuk di antaranya adalah Puskesmas Terjun, Kampung Baru, Bromo, Helvet, Sentosa Baru, Amplas, Belawan, Medan Deli, Sering, Teladan, Bestari, maupun Puskesmas Glugur Darat," sebut Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Medan Irma Suryani, Selasa (26/07/2016) di Medan.(BS03)


Tag:Haji