Rabu, 22 November 2017
  • Home
  • Cerita Sumut
  • Mangga Dua Gandeng Prodi Ilmu Ekonomi Pasca Sarjana Unimed Berdayakan Kampung Bordir Sergai
pilkada beritasumut.com

Mangga Dua Gandeng Prodi Ilmu Ekonomi Pasca Sarjana Unimed Berdayakan Kampung Bordir Sergai

Rabu, 19 Juli 2017 14:21:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan pilar menjadi backbone perekonomian nasional, serta penggerak ekonomi riil di Indonesia. Hal tersebut menjadi fokus tersendiri bagi dunia kampus khususnya Universitas Negeri medan.
 
Hal ini diungkapkan oleh Ketua Program Studi Ilmu Ekonomi Pasca Sarjana Universitas Negeri Medan  Dr Fitrawati MSi disela-sela kegiatan Pelatihan Pengembangan Administrasi Pembukuan UMKM Berbasis IT Pada Program Program Ipteks Bagi Desa Mitra (IBDM) Kampung Bordir Mangga Dua Berbasis Ipteks DRPM Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi Serdang Bedagai yang dilaksanakan oleh LPM Unimed bersama pemerintahan Desa Mangga Dua Kecamatan Tanjung Beringin Kabupaten Serdang Bedagai.
 
Kegiatan yang dilaksanakan, Selasa (18/07/2017) bertempat di Aula  desa dihadiri Oleh Ketua Program Studi Ilmu Ekonomi Pasca Sarjana Universitas Negeri Medan  Dr Fitrawati MSi  sekaligus Ketua Program IBDM , Kepala Desa Mangga dua Mustakim, Ketua LPM Unimed Dr Kustoro Budiarta yang diwakili Sekertaris LPM Unimed Muhti Hamjah MSi, Koordinator Bidang Kerjasama dan Pengembangan Wilayah LPM Unimed Irfandi MSi dan puluhan pelaku usaha UMKM Bordir yang ada di Kabupaten Serdang Bedagai. 
 
“UMKM memiliki urgensi yang vital untuk menggerakkan ekonomi rakyat, maka perlu pendampingan yang konpeherensif agar UMKM mampu menjadi kampium di negeri sendiri. Maka pelatihan Manajemen, Administrasi pembukuan Kuangan, strategi Pemasaran secara manual maupun berbasis IT merupakan sebuah Keniscayaan,” ujar Fitrawati yang juga  papar pakar Ekonomi Unimed tersebut.
 
Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua LPM Dr Unimed Kustoro Budiarta yang diwakili Sekertaris LPM Unimed Muhti Hamjah MSi. Selain memberikan pelatihan dan pendampingan terhadap kelompok UMKM yang ada di sergai Tim Pengabdi Unimed Juga memberikan bantuan mesin bagi para pelaku usaha yaitu 5 Unit Mesin Bordir elektrik dan 3 unit Mesin jahit elektrik  yang kesemuanya diberikan secara cuma-cuma atau gratis untuk mendukung Produktifitas para pelaku usaha. 
"Jadi tidak hanya Ilmu saja yang diberikan sampai fasilitaspun di sahuti oleh Unimed karena sesuai dengan visi misi Unimed Universitas yang Unggul dalam bidang Pendidikan, Rekayasa Industri dan Budaya, dan hari ini semua diejawantahkan," beber alumnus ITB tersebut.
 
Menanggapi hal tersebut Mustakim Kepala Desa Mangga Dua didampingi Oleh Ketua Kelompok UPPKS Kemuning Netty memengungkapkan terima kasih kepada LPM unimed yang telah membantu kelompok dari segi keilmuan dan fasilitas kebutuhan pelaku usaha untuk mendukung Desa Mangga Dua sebagai kampung Bordir di Sumatera Utara. 
 
"Dan yang membuat kami begitu terharu pemateri-pemateri yang didatangkan merupakan pakar-pakar yang langsung mendampingi dan memberikan pelatihan kepada warga, ini merupakan prestasi bagi kami untuk terus bekerjasama dengan Unimed," ujarnya.
 
Hal yang sama ditambahkan oleh Netty bahwa selama program Kampung Bordir Mangga dua berjalan membawa banyak dampak yang positif bagi masyarakat di antaranya banyak ibu-ibu yang selama menjadi buruh tani atau bekerja menanam dan memanen padi berubah menjadi pengerajin bordir dengan penghasilan ratusan ribu hingga jutaan yang tidak didapatkan ketika menjadi buruh. 
 
"Tidak hanya itu, anak-anak gadis yang selama ini enggan untuk mempelajari bordir dan lebih memilih menjadi pelayan toko dan pekerja pabrik dikota mulai ikut tertarik untuk berlatih kerajinan bordir melihat pembinaan bergulir yang dilakukan kampus," Imbuh Netty.
 
*Dikirim Oleh Irfandi MSI, Koordinator Bidang Kerjasama dan Pengembangan Wilayah LPM Unimed.
T#g:KKNKuliah Kerja NyataLPM UnimedMangga DuaUnimed
ceritasumut.com
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 5 hari lalu

    Dua Dosen Unimed Paparkan Hasil Penelitiannya Pada Simposium Internasional di Bandung

    Beritasumut.com-Dua Dosen Universitas Negeri Medan (Unimed) mengikuti Simposium Internasional, International Symposium on Materials and Electrical

  • 2 minggu lalu

    Komisi X DPRRI Berangkatkan Guru Sijunjung Tingatkan Kualitas ke UNIMED

    Beritasumut.com-Anggota Komisi X DPR-RI H Endre Saifoelyang konsen pada Bidang Pendidikan dan dan kebudayaan serta pendidikan tinggi akan memberang

  • 2 minggu lalu

    Mobil Hemat Andaliman dari Unimed Siap Berkompetisi Pada KMHE 2017

    Beritasumut.com-Mobil Hemat Andaliman Fakultas Teknik Unimed mengikuti kejuaraan Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE 2017) di ITS Surabaya pada 6-12 No

  • 3 minggu lalu

    Dosen Unimed Turun ke Lapangan Guna Tingkatkan Kinerja Para Guru

    Beritasumut.com-Sejalan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi, para dosen Universitas Negeri Medan (Unimed) tidak hanya mengajar dan meneliti tapi iku

  • 2 bulan lalu

    LPM Unimed Gandeng Risbang Dikti dan Komisi VII, Diseminasi Teknologi Pembelajaran Sumbar

    Beritasumut.com–Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Universitas Negeri Medan gencar melakukan kegiatan peningkatan kualitas pendidikan tidak

  • http://ceritasumut.com/
    Copyright © 2010 - 2017 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.