Rabu, 22 Mei 2019
  • Home
  • Wisata
  • Wagub Sumut Harapkan Pemkab/Pemko se-Kepulauan Nias Dukung Sail Nias 2019

Wagub Sumut Harapkan Pemkab/Pemko se-Kepulauan Nias Dukung Sail Nias 2019

Sabtu, 09 Maret 2019 00:15:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/BS03
Beritasumut.com-Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah mengharapkan seluruh Pemerintah Kabupaten/Kota se-Kepulauan Nias mendukung pelaksanaan kegiatan Sail Nias 2019. Sehingga kegiatan bertaraf internasional ini tidak hanya sukses dan lancar dalam pelaksanaannya, tetapi juga mampu memperkenalkan kepulauan Nias di mata dunia.
 
Hal itu disampaikan Wagub Musa Rajekshah yang didampingi Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut Sabrina pada rapat persiapan Sail Nias 2019, Jumat (8/3) di Ruang Rapat Kaharuddin Nasution, Lantai 8 Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan.“Seil Nias ini membuktikan kalau Sumut memiliki daya tarik yang tak kalah indah dari daerah lain, seperti Bali. Maka kita berharap event bertaraf international ini mampu menarik wisatawan domestik juga asing untuk berkunjung menikmati suasana wisata kepulauan Nias,” ujar Wagub.
 
Karena itu, pesan Wagub, yang pertama harus dilakukan adalah perbaikan infrastruktur, mulai dari jalan hingga pembangunan fasilitas umum lainnya harus dipercepat, agar tidak ada kendala pada saat event berlangsung. “Infrastruktur itu sangat penting untuk dilakukan percepatan, hingga saat dimulainya event tidak terjadi kendala yang dapat menganggu acara yang bertaraf international tersebut,” jelasnya.
 
Musa Rajekshah juga menyampaikan, agar kegiatan ini nantinya tidak hanya berhenti pada tahun ini, melainkan menjadi agenda tahunnya yang harus diselenggarakan setiap tahun di Kepulauan Nias. “ Saya juga berharap kegiatan ini menjadi agenda tahunan di Kepulauan Nias, dan harus lebih menarik setiap tahun, agar wisatawan dalam dan luar negeri tertarik untuk melihat dan berkunjung setiap tahunnya,” katanya.
 
Sementara itu, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumut  Hidayati menjelaskan, rencananya event Sail Nias akan dilaksanakan di Nias Selatan pada September 2019 dan melibatkan seluruh kabupaten/kota di Kepulauan Nias. Serta melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Sumut dan kabupaten/kota di Sumut, untuk ikut memeriahkan event tersebut.
 
Akan ada banyak acara di Sail Nias. Mulai dari kebudayaan, olah raga, kuliner, serta aksi lompat batu yang merupakan andalan Kepulauan Nias. "Puncaknya ada aksi seremonial, gelar budaya, pameran, bakti sosial dan pelayanan kesehatan, atraksi kelautan dan peresmian beberapa pelaksanaan pembangunan," jelasnya.
 
Tujuan pelaksanaan Sail Nias tersebut, kata Hidayati adalah sebagai salah satu upaya percepatan pembangunan daerah kepulauan dan daerah terpencil, khususnya di Kepulauan Nias. Kemudian menggalang keterpaduan, sinergi program dan anggaran lintas Kementerian/ Lembaga dan Daerah dalam rangka pelaksanaan pembangunan serta mewujudkan kesejahteraan rakyat secara berkelanjutan.
 
"Tujuan lainnya yaitu mempromosikan lokasi kegiatan sebagai tujuan wisata nasional dan internasional. Kita ingin mengukuhkan kembali kejayaan bangsa Indonesia sebagai bangsa bahari yang hidup di Negara Kepulauan, dan mengembangkan rute pelayaran kapal-kapal ke perairan Indonesia," ungkapnya.
 
Turut hadir pada rapat tersebut sejumlah OPD Pemprov Sumut, serta para Bupati dan Walikota se-Kepulauan Nias.(BS03)
T#g:NiasSail Nias 2019
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 21 jam lalu

    Ke Nias, Wagubsu: Pemerintah Akan Fokus Bangun Jembatan Maro'o dan Oyo

    Beritasumut.com-Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) pada tahun ini akan fokus dalam pembangunan sejumlah infrastrukrur yang ada di N

  • 4 minggu lalu

    Pemungutan Suara Susulan di Kabupaten Nias Selatan Dipantau Langsung Kapoldasu

    Beritasumut.com-Wilayah Kabupaten Nias Selatan (Nisel) melakukan pemungutan suara susulan dan pemungutan suara ulang. Pelaksanaan ini dipantau lang

  • satu bulan lalu

    Caleg Gerindra dan 3 Timsesnya Terjaring OTT Money Politic di Nias

    Beritasumut.com-Seorang Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPRD Tingkat 1 yang diusung oleh Partai Gerindra, bernama Damili R Gea (54) warga Jalan De

  • satu bulan lalu

    Kasus Dugaan Korupsi Senilai Rp1,9 Miliar Dinas PUPR Nias Barat Masih Diselidiki Poldasu

    Beritasumut.com-Adanya dugaan korupsi proyek pembangunan Jalan Lolomoyo Desa Simaeasi, Kecamatan Mandehe, dengan pagu Rp 1,9 Miliar yang dikerj

  • 2 bulan lalu

    Ratusan Mahasiswa STIE Pembnas Nias Ikuti Kuliah Umum dari Kapolres Nias

    Beritasumut.com–Kapolres Nias AKBP Deni Kurniawan SIK MH memberikan materi Kuliah Umum tentang Wawasan Kebangsaan kepada mahasiswa-mahasiswi

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.