Senin, 17 Februari 2020
  • Home
  • Wisata
  • Usai Tunaikan Ibadah Haji,Tengku Erry Kunjungi Thaif, "Berastaginya" Arab Saudi

Usai Tunaikan Ibadah Haji,Tengku Erry Kunjungi Thaif, "Berastaginya" Arab Saudi

Sabtu, 01 September 2018 13:51:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Arab Saudi terkenal dengan cuaca yang panas dengan gurun tandusnya. Namun, dibalik hawa yang menyengat itu, Arab Saudi memiliki tempat yang sejuk. Tempat itu bernama Thaif/Taif.
 
Thaif merupakan salah satu kota yang memiliki hawa sejuk, karena berada di lembah pegunungan Asir dan penunungan Al Hada. Kota yang terletak sekitar 87 kilometer atau 1 jam 45 menit dari Kota Mekkah (Makkah) Al Mukarramah ini terkenal dengan perkebunan Delima, Kurma, sayur-sayuran lainnya, termasuk juga banyak tumbuh pohon Zaqqum, pohon berduri.
 
"Kalau di Sumatera Utara, hawa sejuk diperkirakan hingga 20-25 derajat celsius ini, layaknya seperti udara di Berastagi, Kabupaten Karo dengan buah-buahan dan aneka sayur-mayurnya," ucap mantan Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi ketika berkunjung ke Kota Thaif bersama rombongan jamaah haji Kloter 12 Embarkasi Medan (MES) kepada wartawan melalui pesan Whatsapp, Sabtu (01/09/2018) . Di Thaif juga ada Masjid Ibnu Abas salah satu tempat sejarah masa lalu dan juga tempat miqat Wadi Mehrim bagi penduduk Thaif yang mau umroh ke Makkah.
 
Tengku Erry menyebutkan, berkunjung ke Thaif ini usai menjalankan rangkaian ibadah haji dan menjelang kepulangan ke tanah air yang tinggal menghitung hari. 
 
"Meskipun nun jauh di sana tampak juga bukit berbatu khas Arab,  namun suasana lingkungan yang hijau sejuk, membuat  jamaah merasa seolah-olah sedang tidak berada di Saudi Arabia," ucap Tengku Erry.
 
Jalan menuju Thaif, khususnya ketika melewati Pegunungan Asir dan Pegunungan Al Hada tapi cukup lebar, lurus dan menanjak mengelilingi pinggiran pegunungan hingga puncaknya.
 
"Perjalanan Makkah-Thaif miriplah perjalanan Medan-Berastagi. Namun Medan-Berastagi ditumbuhi pepohonan sepanjang perjalanan. Sedangkan Makkah-Thaif pegunungan di sini relatif tidak ada pepohonan, tandus, berbatu dan berpasir," tutur Tengku Erry.(BS03)
T#g:destinasi wisataObjek WisataWisata
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 5 hari lalu

    Google Akan Promosikan Kota Medan, Akhyar Respon Positif

    Beritasumut.com-Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi menyambut baik  kedatangan Alwin Tan, satu dari empat ahli Goog

  • satu minggu lalu

    Majukan Pariwisata, Wabup Samosir Lakukan Audiensi dengan GM PT PLN Wilayah Sumut

    Beritasumut.com-Wakil Bupati (Wabup) Samosir Ir Juang Sinaga didampingi oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Kepala Dinas PeraKPP d

  • 2 minggu lalu

    Sumut Kini Punya Desa Wisata, Wagub Harapkan Semakin Banyak Kepala Desa Kreatif

    Beritasumut.com-Sejauh mata memandang, hamparan sawah membentang di Desa Wisata Sawah Pematang Johar, Jalan Johar, Kecamatan Labuhan Deli, Kabupate

  • 2 minggu lalu

    Menparekraf Akan Galakkan Wisnus Berwisata di Indonesia

    Beritasumut.com-Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf), Wishnutama, berencana akan menggalakkan atau meng-encourage wisatawan nusantara

  • 2 minggu lalu

    Pesona Colorful Medan Ajang Promosi Kekayaan Wisata Kota Medan

    Beritasumut.com-Beragam seni dan budaya khas kota Medan seperti tarian dan lagu-lagu daerah ditampilkan dalam acara bertajuk Pesona Colorful Medan.

  • Copyright © 2010 - 2020 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.