Wisata

Tingkatkan Kunjungan Wisata, Landasan Bandara Binaka Nias Akan Diperpanjang

Tingkatkan Kunjungan Wisata, Landasan Bandara Binaka Nias Akan Diperpanjang
Beritasumut.com/Ist
Bandara Binaka Nias

Beritasumut.com-Guna meningkatkan kunjungan wisatawan ke Pulau Nias, landasan pacu Bandara Binaka, Nias akan diperpanjang. Sebelumnya, bandara ini memiliki panjang 1.800 meter, dan akan diperpanjang menjadi 2.200-2.500 meter sehingga dapat didarati pesawat berbadan besar seperti Bombardier CRJ 1000 berkapasitas 100 penumpang.

“Dengan aksesibilatas yang semakin mudah ini kunjungan wisatawan ke Nias kita proyeksikan akan meningkat menjadi 100 ribu orang atau empat kali lipat pada 2019 mendatang,” kata Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dilansir dari laman resmi kemenpar.go.id.

Di tahun ini, Pemerintah Kabupaten dan Kota se-Pulau Nias sendiri telah menyiapkan sejumlah even pariwisata menarik di antaranya Pesta Pesta Yaahowu 2016 yang pembukaanya akan berlangsung di Kabupaten Nias Selatan pada 6 Agustus dan penutupan di Kota Gunung Sitoli pada 8 Agustus mendatang.

Even Pesta Ya’ahowu akan dimeriahkan dengan sejumlah atraksi budaya, lomba surfing dan pemeran kerajinan dan kuliner khas Nias antara lain lomba surfing international di Pulau Tello, Nias Selatan, upacara adat Nias, atraksi budaya lokal Kepulauan Nias, atraksi tari perang, atraksi lompat batu, kuliner dan pameran kerajinan Kepulauan Nias.Sementara pada malam puncak penutupan festival budaya akan dimeriahkan oleh artis nasional dan lokal, serta pelepasan 1.000 lampion di udara.

Guna menyukseskan gelaran tersebut, Menpar bersama para bupati dan walikota (Nias, Nias Utara, Nias Barat, Nias Selatan, Kota Gunung Sitoli) yang ada di Kepulauan Nias, Sumatera Utara (Sumut) me-Launching Nias Pesona Pulau Impian 2016 di Jakarta. Peluncuran (launching) Nias Pesona Pulau Impian tersebut sebagai komitmen dan langkah awal penguatan kerjasama 4 kabupaten dan 1 kota se-Nias (Nias incorporated) dengan Kemenpar dalam mengembangkan sektor kepariwisataan di Pulau Nias. (BS03)