Wisata

Pucuk Rotan Cocok Jadi Santapan Berbuka Puasa

Pucuk Rotan Cocok Jadi Santapan Berbuka Puasa
Beritasumut.com/BS08
Masniari saat menjajakan pakan rotan 

Beritasumut.com-Di bulan puasa, banyak pedagang kuliner bermunculan untuk menjajakan makanan berbuka puasa. Salah satu jenis makanan tersebut adalah pakat rotan, berbahan baku pucuk rotan, makanan ini biasanya disajikan di saat berbuka puasa atau saat menjelang sahur.

Bahan baku pucuk rotan yang dijual di Binjai, biasanya didatangkan dari daerah Langgo Payung, Rantau Prapat.Proses pembuatannya pun cukup mudah, pucuk rotan dengan panjang rata-rata 70 cm, dibakar di tempat pembakaran khusus yang terbuat dari drum selama kurang lebih 30 menit.

Masniari, salah seorang penjual pakat rotan yang berada di pinggir Jalan T Amir Hamzah Binjai, menyebutkan bahwa makanan tersebut cocok dijadikan lalapan atau sebagai pelengkap menu makanan seperti sayur ikan."Pakat rotan ini paling cocok dijadikan lalapan untuk berbuka puasa, karena rasanya yang khas, biasanya pembeli akan kembali ke sini," ucapnya.

"Banyak juga warga yang penasaran untuk mencicipi makanan ini, bahkan pembelinya pun ada yang dari Tanjungpura atau Stabat," tutur Masniari sembari terus melayani konsumennya.

Dengan dibantu oleh adiknya, wanita warga Jalan Perjuangan Binjai Timur mengaku sudah 9 tahun setiap bulan Ramadhan dia berjualan makanan ini. Dalam sehari Masniari bisa menjual Pakat rotan sebanyak 300-350 batang, dengan harga bervariasi, biasanya untuk pakat rotan yang kecil dijual dengan harga sepuluh ribu untuk empat batang, dan sepuluh ribu untuk tiga batang pakat rotan berukuran besar. (BS08)