Senin, 18 Februari 2019
  • Home
  • Wisata
  • Potensi Wisata di Tapanuli Selatan, Kawah Belerang Aek Horsik

Potensi Wisata di Tapanuli Selatan, Kawah Belerang Aek Horsik

Sabtu, 19 Januari 2019 15:58:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Siapa sangka kalau di Kabupaten Tapanuli Selatan terdapat pemandangan yang sangat eksotis berupa Kawah Belerang. 
 
Kawah Belerang ini berada di Kaki Gunung Sibual-buali tepatnya berada di Dusun Aek Horsik Desa Situmba Julu Kecamatan Sipirok. Terdapat beberapa kolam berisi air panas yang menggelegak dengan kadar Sulfur tinggi sehingga dapat dimanfaatkan pengunjung untuk merebus makanan seperti telur, pisang dan ubi. 
 
Keindahan Kawah Belerang Aek Horsik ini juga diperindah dengan mengalirnya anak sungai mengelilingi Kawah. Uniknya, anak sungai yang mengalir terdiri dari air dingin dan air hangat dan masyarakat yang berkunjung dapat memilih pemandian yang diinginkan, mandi dengan dingin dan sejuknya air pegunungan atau mandi air hangat yang bersumber dari air panas kawah yang bercampur dengan air sungai. Air hangat ini juga berguna untuk menyembuhkan penyakit kulit.
 
Kawah Belerang ini tidak terlalu jauh berada dari jalan besar lintas Sipirok-Medan, ± 900 m dari tepi jalan. Hal yang menarik dari Kawah ini adalah karena dapat ditempuh dengan menaiki kendaraan roda empat langsung sampai pada tepi jurang. Lokasi Kawah Belerang yang lebar memanjakan pengunjung untuk bisa mengitari keseluruhan bukit belerang dikarenakan kondisi bebatuannya keras dan padat.
 
Kawasan ini menjadi potensi pariwisata yang akan terus dikembangkan karena lokasinya yang berada berdekatan dengan objek wisata lain di sekitar Kota Sipirok. Banyaknya peluang investasi unggulan dapat dijadikan sumber usaha bagi para investor antara lain usaha agro wisata disekitaran jalan menuju kawah dengan produk buah seperti buah naga, jeruk, strawbery ataupun ladang sayur-sayuran, rumah makan dan kedai minuman, hotel, wisma, wisata permainan, agen perjalanan, dan penjualan souvenir. Tentunya, tidaklah lengkap kunjungan wisata ke Tapanuli Selatan apabila belum mengunjungi Wisata Kawah Belerang Aek Horsik.(rel)       
T#g:destinasi wisataKawah Belerang Aek HorsikWisataWisata Tapanuli Selatan
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • kemarin

    PT Pelindo I Hibahkan Aset ke Pemko Sibolga untuk Dijadikan Tempat Wisata

    Beritasumut.com-Rencana Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga membenahi sektor pariwisata tahun 2019 ini akan segera terwujud. Hal ini ditandai dengan te

  • 7 hari lalu

    Wisata Bunga di Desa Bangun Sari dan Bangun Sari Baru Diresmikan

    Beritasumut.com-Ketua Bhayangkari Polda Sumatera Utara (Poldasu) Evi Agus Andrianto didampingi Kapoldasu, Irjen Pol Agus Andrianto meresmikan lokas

  • satu minggu lalu

    Ketua TP PKK Kota Tanjungbalai: Kampung Warna Warni Ciptakan Kampung Wisata dan Ramah Anak

    Beritasumut.com-Ketua TP PKK Kota Tanjungbalai Sri Silvisa Novita beserta anggota Tim Penggerak PKK Kota Tanjungbalai melanjutkan Program pembuatan

  • 2 minggu lalu

    Jungle Waterpark

    Beritasumut.com-Liburan yang menyenangkan tentu Anda harus pergi ketempat-tempat yang menyenangkan salah satunya yaitu The Jungle Waterpark Bogor.

  • 2 minggu lalu

    Wakil Walikota Medan Berharap Kerja Sama Medan-Gwangju Dapat Tingkatkan Wisatawan

    Beritasumut.com-Hubungan kerja sama antara Kota Medan dan Kota Gwangju Korea Selatan sudah terjalin cukup lama, hubungan kerjasama yang terjalin cu

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.