Sabtu, 20 Januari 2018
  • Home
  • Wisata
  • Polres Simalungun Perkenalkan Wisata Sipittu Tikka kepada Dunia
pilkada beritasumut.com

Polres Simalungun Perkenalkan Wisata Sipittu Tikka kepada Dunia

Jumat, 05 Januari 2018 12:00:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Memang sangat menarik dan menantang rasanya bila melakukan kegiatan explor terhadap objek-objek wisata. Seperti halnya di Kabupaten Simalungun yang terkenal dengan objek wisatanya Parapat-Danau Toba, ternyata tidak itu saja. Salah satu objek wisata yang tersebunyi di Kabupaten Simalungun yang menanti untuk dijelajahi para wisatawan adalah Air Terjun Sipitu Tikka, terletak di Nagori Buntu Turunan, Kecamatan Hatonduhan, Kabupaten Simalungun.
 
Untuk sampai ke lokasi, dapat menempuh perjalanan selama dua jam dari Kota Pematangsiantar yang terkenal dengan “Roti Ganda”nya. Setelah tiba di Simpang Buntu, adrenalin para penikmat alam akan diuji dengan tantangan demi tantangan medan sudah menanti.
 
Perjalanan ke lokasi dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda 4 dan roda dua, namun disarankan para pecinta adventure menggunakan kendaraan 4WD atau sepeda motor trail. Pasalnya, dalam perjalanan akan melewati perkebunan kelapa sawit, perkampungan warga dan 3 anak sungai yang salah satunya adalah sungai Hapasuk yang terkenal dengan bebatuannya.
 
Namun selama perjalanan, para wisatawan jangan terkejut apabila banyak beberapa warga yang melaimbaikan tangan meminta tumpangan untuk mengantarkannya ke Desa lainnya yang dilalui. Hal itu dikarenakan masih sulitnya sarana transportasi yang beroperasi ke daerah tersebut. Akan tetapi, itu merupakan bagian dari perjalanan wisata alam tersebut.
 
Air Terjun Sipitu Tikka yang diambil dari Bahasa daerah Simalungun ini terletak di Nagori Buntu Turunan Kecamatan Hatonduhan Kabupaten Simalungun, tepatnya di kawasan PLTMH Silau Lau. Curahan airnya dimanfaatkan untuk pembangkit tenaga listrik oleh PT BSE.
 
Meskipun tidak dibuka untuk umum, para pengunjung dapat melaporkan diri dulu kepada Pos Penjagaan PLTMH terkait maksud dan tujuan kedatangannya.
 
Usai dipersilahkan masuk, para wisatawan kembali disambut dengan rute perjalanan yang berkelok-kelok serta turunan yang curam serta sempit untuk mencapai lokasi air terjun. Bagi pengunjung yang megendarai roda empat, disarankan untuk mematikan tape mobil karena asiknya suara gemericik air terjun akan menemani perjalanan anda hingga tiba ke lokasi dan setelah tiba, rasa lelah perjalanan akan hilang dengan keindahannya yang asri dan memukau.
 
Rasa sejuk akibat curahan air terjun dari ketinggian ± 250 meter ini, akan menyambut para pengunjungnya. Tidak hanya itu saja, para wisatawan juga diperkenankan untuk berenang. Namun  harus tetap hati-hati dan mengutamakan keselamatan diri.
 
Pemandangan eksotis nan menawan ini akan lebih dipukau dengan suguhan dua air terjun berdekatan terdiri dari tujuh tingkatan, ditemani suara riuh gemericik air yang melewati bebatuan.
 
Ternyata keindahan alam ini mendapat perhatian dari Kapolres Simalungun AKBP Marudut Liberty Panjaitan SIK MH Berniat untuk mengeksplor keindahan alam yang ada di Tano Habonaron Do Bona ini, Kapolres Simalungun bekerjasama dengan Perusahaan Penerbangan Sriwijaya Air.
 
Dalam kerjasamanya, Polres Simalungun mengajak  pihak Perusahaan Penerbangan Sriwijaya Air untuk memperkenalkan potensi pariwisata yang ada di Kabupaten Simalungun, yakni Air Terjun Sipitu Tikka ke Manca Negara.
 
Saat ini pemandangan alam Air Terjun Sipitu Tikka sudah diperkenalkan kepada seluruh warga, baik Domestik maupun Manca Negara melalui majalah Sriwijaya yang dapat ditemukan di setiap maskapai penerbangannya.
 
Diharapkan dengan diperkenalkannya potensi wisata ini, Kabupaten Simalungun akan lebih dikenal oleh di kancah Internasional.(rel)
T#g:Sipittu TikkaDestinasiObjek WisataWisatawisata alam
ceritasumut.com
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    Belum Miliki Kelengkapan Imigrasi, Bandara Silangit Tak Terdaftar Jadi Pintu Masuk Wisman

    Beritasumut.com-Berdasarkan data BPS Sumut jumlah Wisatawan Mancanegara (Wisman) ke Sumut selama November 2017 mencapai 24.497 kunjungan, naik 12,6

  • 2 minggu lalu

    Minus Bandara Silangit, Kunjungan Wisman ke Sumut Meningkat 14,06 Persen Sepanjang 2017

    Beritasumut.com-Jumlah wisatawan mancanegara (wisman) ke Sumatera Utara (Sumut) sepanjang Januari hingga November 2017 mencapai 233.483 kunjungan,

  • 4 minggu lalu

    Pemerintah Cabut Status Tanggap Darurat Gunung Agung

    Beritasumut.com-Rapat Terbatas (ratas) yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Wisma Diklat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Ra

  • 4 minggu lalu

    Ini Rekayasa Lalulintas Polres Simalungun Jelang Tahun Baru

    Beritasumut.com-Untuk menghindari macet dan lancarnya arus lalulintas di wilayah Kabupaten Simalungun, khususnya di kota wisata Parapat menjelang T

  • 4 minggu lalu

    Sat Binmas Polres Simalungun Sambangi Aek Nauli Elephant Conservation Camp

    Beritasumut.com-Aek Nauli Elephant Conservation Camp di Aek Nauli Nagori Sibaganding Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Kabupaten Simalungun merupaka

  • Copyright © 2010 - 2018 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.