Selasa, 21 Januari 2020
  • Home
  • Wisata
  • Plt Walikota Medan Buka Perhelatan Gemes 2019

Plt Walikota Medan Buka Perhelatan Gemes 2019

Sabtu, 02 November 2019 09:20:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Plt Wali Kota Buka Perhelatan Gemes 2019 Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi membuka Gelar Melayu Serumpun (Gemes) IV Tahun 2019 di Halaman Istana Maimun Medan, Jumat (01/11/2019) malam.
 
Rinai hujan malam itu kian memperindah prosesi pembukaan dan tidak menyurutkan antusias warga menyaksikan perhelatan akbar itu. Apalagi pada malam itu diumumkan pula bahwa perhelatan Gemes terpilih sebagai Calendar of Events Wonderful Indonesia 2020 oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.
 
Pembukaan ditandai dengan pemukulan gendang Melayu oleh Plt Wali Kota Medan didampingi Ketua DPRD Medan, Hasyim SE. Setelah itu dilanjutkan dengan tarian kolosal Melayu berjudul "Payung Budaya".
 
Plt Wali Kota Medan yang malam itu mengenakan busana Melayu menyampaikan apresiasi atas perhelatan ini.
Menurutnya, perhelatan yang diikuti negara-negara serumpun dan10 provinsi di Indonesia ini merupakan prestasi sekaligus bisa menjadi daya tarik wisata bagi Kota Medan.
 
"Kita harapkan melalui event ini akan menjadi wadah melestarikan seni dan budaya Melayu sekaligus mengedukasi masyarakat Kota Medan, khususnya generasi muda dalam memahami kebudayaan dan rumpun Melayu,” katanya dalam perhelatan yang dihadiri segenap pimpinan OPD Pemko Medan dan Wakil Ketua TP PKK Medan, Nurul Khairani Akhyar itu.
 
Plt Wali Kota Medan berharap agar Gemes dapat menarik wisatawan lokal maupun mancanegara. Hadir juga dalam kegiatan itu Direktur Perencanaan dan Kerjasama Yayasan Budaya Hijau Indonesia (YBHI) Arman Chandra.
 
Sebelumnya, Kadis Pariwisata, Drs H Agus Suriyono, dalam laporannya menjelaskan, selain melestarikan seni dan budaya Melayu, Gemes merupakan branding Kota Medan dalam upaya menarik perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara untuk mengunjungi ibukota Provinsi Sumatera Utara. Tahun ini, jelas Agus, Gemes telah dikemas dengan sebaik-baiknya sehingga lebih menarik dan meriah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.
 
"Alhamdulillah, Gemes terpilih sebagi Calender of Events Wonderful Indonesia 2020 oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. Untuk itu Gemes harus menjadi pertunjukan yang sangat menarik dengan mengangkat kearifan lokal yakni seni dan budaya Melayu," jelas Agus.
 
Perhelatan ini akan berlangsung sampai 3 November. Selama tiga hari ini, para pengunjung dapat menyaksikan hiburan seni budaya Melayu dari Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand dan Brunei Darussalam.
Selain itu juga ada tampilan dari kabupaten/kota berbagai Provinsi di Indonesia yakni Jambi, Bengkulu, DKI Jakarta, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Aceh, Lampung, Sumatera Barat, Medan, Tebingtinggi, Binjai, Labuhanbattu Utara, Batubara, Deliserdang, dan Langkat.
 
Panggung hiburan Gemes juga dimeriahkan oleh artis-artis ibukota yakni Deswa dAcademy, Ayu dAcademy, Lusi KDI, Albi dAcademy, dan Intan Baiduri dAcademy.(BS07)
T#g:Arman ChandraGEMESGemes 2019YBHIBudayaWisata
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 9 jam lalu

    Plt Walikota Medan Ajak Generasi Muda untuk Jadikan Budaya Kebersihan Lingkungan Sebagai Kebutuhan Hidup

    Beritasumut.com-Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi mengajak seluruh generasi muda Kota Medan untuk membudayakan kebersi

  • 5 hari lalu

    Kagumi Agrowisata Paloh Naga, Gubernur Sumut Ajak Masyarakat Kembangkan Potensi Desa

    Beritasumut.com-Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi kagum dan mengapresiasi agrowisata Paloh Naga yang dikembangkan masyarakat di Desa De

  • satu minggu lalu

    Selain Kembangkan Industri Pariwisata, Jepang Akan Hibahkan Kapal Pengawas Perikanan di Natuna

    Beritasumut.com-Pemerintah Jepang melalui Menteri Luar Negeri (Menlu) Motegi Toshimitsu menyampaikan komitmennya untuk mendukung prioritas Pemerint

  • 2 minggu lalu

    Pemko Medan Fokus Bangun Peradaban Kota dengan Jalan Budaya

    Beritasumut.com-Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi, mengatakan pada 2020 ini Pemko fokus membangun peradaban kota melal

  • 2 minggu lalu

    Wisatawan Melonjak, Satgas Yonif 411/Kostrad Siaga di Titik Nol KM Merauke

    Beritasumut.com-Keberadaan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Sota di Kabupaten Merauke, meskipun belum diresmikan oleh pemerintah pusat, namun

  • Copyright © 2010 - 2020 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.