Senin, 16 September 2019
  • Home
  • Wisata
  • MoU dengan USU, Bupati Langkat Serius Benahi Sektor Budaya dan Pariwisata

MoU dengan USU, Bupati Langkat Serius Benahi Sektor Budaya dan Pariwisata

Minggu, 01 September 2019 10:15:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Serius benahi sektor budaya dan pariwisata, Bupati Langkat Terbit Rencana PA mengintruksikan kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Langkat untuk melakukan MoU dengan Universitas Sumatera Utara (USU) serta menggelar kuliah umum mengusung tema 'Langkat Menuju Warisan Dunia' dengan menghadirkan narasumber dari Negara Jiran, Prof Datok Dr Mukhtar Saidin selaku Arkeolog dari pusat penelitian Arkeologi Global Pulau Penang Malaysia.
 
Dalam kesempatan itu, dilakukan penandatanganan MoU kerjasama antar Disparbud Langkat dengan Prodi S2 Ilmu Sejarah FIB-USU yang dilakukan oleh Kadis Parbud Langkat dan Ketua Program Studi Sejarah FIB-USU Dr Suprayitno, disaksikan Bupati Langkat Terbit Rencana melalui Sekdakab Langkat dr H Indra Salahuddin. 
 
Sekda pada sambutannya sangat menyambut baik terselenggaranya kuliah umum ini. Hal ini sangat sejalan dengan salah satu misi Kabupaten Langkat 5 tahun ke depan, yaitu menjadikan pariwisata dan kebudayaan, sebagai program prioritas pembangunan Langkat. "Saya meminta agar para peserta mengikuti kuliah umum dengan serius dan hikmat," ungkapny dilansir dari laman langkatkab.go.id, Minggu (01/09/2019).
 
Di Kabupaten Langkat, sambung Sekda, ada banyak peninggalan sejarah yang layak untuk diperkenalkan ke dunia, salah satuh contohnya Warisan Heritage Masjid Azizi Tanjung Pura, diyakini dapat menjadi destinasi wisata sejarah religius kelas dunia.
 
Melalui kuliah umum ini, Sekda berharap para guru dan dosen kedepan dapat bersama-sama membina generasi muda Langkat, agar sadar wisata dan sadar budaya. Sehingga masa depan bangsa semakin maju dan bermartabat.Sedangkan untuk para budayawan, seniman dan penggiat seni di Negeri Bertuah diharapkan membina budaya daerah dan budaya nasional, dengan sungguh–sungguh agar menjadi bagian yang dapat disajikan kepada wisatawan yang datang ke Langkat.“Serta menjadi bagian dari promosi ke luar Kabupaten Langkat, termasuk ke luar negeri,” tambahnya.
 
Kadis Budpar Provsu Ria Novida Telaumbanua, mewakili Gubsu mengatakan, kuliah umun ini dalam rangka mengenal jejak perjalanan yang lebih dekat dan sekaligus untuk menemukan jejak awal masuk dan berkembangnya agama dan Kerajaan Aru di Langkat.Selain itu, sebagai salah satu upaya dan langkah strategis guna memberikan pemahaman,  pentingnya makna nilai paristiwa sejarah dan budaya, khususnya warisan budaya.
 
"Seperti peninggalan dari Kesultanan Langkat yaitu Masjid Azizi dan keberadaan Pulai Kampai yang merupakan saksi bisu perjalanan panjang perdagangan yang pernah sukses di wilayah Sumatera Timur," katanya memberi contoh.
 
Sementara itu, Kadis Parbud Langkat Nur Elly Heriani Rambe menambahkan, melalui kuliah ini Prof Datok Dr Mukhtar Saidin berencana menginformasikan bagaimana warisan budaya, khususnya warisan budaya Kesultanan Langkat Masjid Azizi Tanjung Pura diusulkan ke Unesco melalui Lembaga Cagar Budaya Provsu dan Kementrian Pariwisata RI, untuk dipertimbangkan sebagai salah satu warisan budaya dunia.
 
“Semoga Kuliah umun ini, akan menjadi catatan sejarah, bahwa kajian dan hasil penelitian dasarnya dapat  mengatarkan Langkat dan warisan  yang ada, sebagai bukti nyata. Sehingga kelak, kejayaan Langkat pada masa lalu dapat diangkat menjadi bagian dari warisan dunia,” harapnya.(BS09)
T#g:LangkatUSUWisata
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 11 jam lalu

    Acara Puncak Sail Nias Meriah, Pariwisata Nias akan Terus Digenjot

    Beritasumut.com–Acara puncak Sail Nias 2019, yang dipusatkan di Dermaga Pelabuhan Baru Telukdalam, Nias Selatan, Sabtu (14/09/2019), berlangs

  • 20 jam lalu

    Karnaval Pesona Danau Toba ke-4 di Balige, Wabup Tobasa Berharap Daerah di Toba Punya Kuliner Khas

    Beritasumut.com-Gelaran Karnaval Pesona Danau Toba ke-4 di Balige berlangsung meriah.Marandus Sirait, salah seorang pengelola Taman Eden 100 Lumban

  • 15 jam lalu

    Penanganan Stunting, Tim Monev On Site Langkat Turun Langsung ke Desa dan Puskesmas

    Beritasumut.com-Tim Monev On Site Tahun Anggaran 2019 Evaluasi atas intervensi pencegahan stunting, melanjutkan kunjungnya dengan turun langsung ke

  • 21 jam lalu

    Departemen Arsitektur FT USU Gelar The 5th Friendly City International Conference

    Beritasumut.com-Departemen Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara (USU) menggelar konferensi Internasional The 5th Friendly City Int

  • kemarin

    Kedatangan Menkumham dan Menteri DPDT Diharapkan Perkuat Sinergitas Pembangunan di Nias

    Beritasumut.com-Kedatangan Menteri Hukum dan Ham (Menkumham) Yasonna Laoly dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDT)

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.