Wisata

Menteri Hukum dan HAM Tinjau Persiapan Sail Nias 2019

Menteri Hukum dan HAM Tinjau Persiapan Sail Nias 2019
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia (Menkumham), Prof Yasonna Hamonangan Laoly SH MSc PhD selaku Ketua Panitia Nasional Sail Nias 2019 meninjau sejumlah lokasi acara Sail Nias 2019 di Kabupaten Nias Selatan diantaranya Pelabuhan Baru Teluk Dalam, Pantai Sorake dan Bandara Silambo.
 
Dalam kunjungan tersebut, Menkumham didampingi beberapa Pejabat Kementerian diantaranya Sekjen Kemenkumham Bambang Rantam Sariwanto, Staf Khusus Menkumham Fajar BS Lase, Sekjen Kementerian Komunikasi dan Informatika, Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi, dan Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan.
 
Serta Deputi Bidang Koordinator SDM, IPTEK dan Budaya Maritim Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Asisten Operasi Kepala Staf TNI-AU, Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah, Bupati Nias Selatan Dr Hilarius Duha SH MH, Bupati Nias Drs Sokhiatulo Laoli MM, dan Wali Kota Gunungsitoli Ir Lakhomizaro Zebua, Kapolres Nias, AKBP Deni Kurniawan SIK MH, Kapolres Selatan AKBP I Gede Nakti Widhiarta SIK, Dandim 0213/Nias Letkol Inf Y Reymond RS Purba SH MTr (Han).
 
Yasonna mengatakan tempat acara puncak Sail Nias 2019 akan berlangsung di Kabupaten Nias Selatan sehingga sarana prasarana harus dipersiapkan dengan baik.”Untuk memastikan bahwa persiapkan pelaksanaannya baik, saya melakukan kunjungan untuk pengecekan persiapan. Seperti persiapan tempat, jalan, pelabuhan dan bandara, dan semuanya sudah ok,” ujar Yasonna dilansir dari laman niasselatankab.go.id, Minggu (25/08/2019).
 
Yasonna menjelaskan bahwa kegiatan Sail Nias 2019 akan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo yang rencananya sudah berada di Kabupaten Nias Selatan mulai tanggal 13– 14 September 2019 sehingga persiapan demi persiapan semakin dimantapkan. Beberapa lokasi yang harus dipersiapkan seperti Bandara Silambo tempat pendaratan Heliped Presiden RI, Pelabuhan Baru Teluk Dalam tempat acara puncak Sail Nias dan Pantai Sorake tempat Kejuaraan Surfing Internasional WSL Nias Pro 2019.
 
Di kesempatan itu, Menkumham meminta para Kepala Daerah se-Kepulaun Nias, Dandim 0213/Nias dan para Kapolres agar meningkatkan pemberian sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat tentang manfaat kegiatan Sail Nias yang akan segera berlangsung di Kepulauan Nias. "Pemberian pemahaman itu dapat dilakukan melalui Perangkat Kecamatan dan Desa, termasuk melalui pemasangan umbul-umbul dan spanduk (baliho) sepanjang jalan dari Bandara Binaka Gunungsitoli sampai ke Kota Teluk Dalam, dan dari Kota Teluk Dalam sampai Bandara Silambo dan Pantai Sorake untuk menunujukan kemeriahan pelaksanaan Sail Nias 2019," paparnya.
 
Selain itu, Menkumham menegaskan kepada PLN untuk meningkatkan pelayanan listrik baik pra maupun paskah acara Sail Nias 2019. Demikian juga kepada Telkomsel, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian PUPR, Kementerian Pariwisata, dan semua pihak yang terlibat dalam kegiatan Sail Nias agar semua acara agar dapat berjalan dengan baik. Yasonna juga mengharapkan kepada para Kepala Daerah untuk menghadirkan massa agar kegiatan Sail Nias ramai dan tertib.(BS09)