Wisata

Masyarakat Desa Pardamean Sibisa dan BPODT Gelar Pesta Budaya di Kaldera Toba


Masyarakat Desa Pardamean Sibisa dan BPODT Gelar Pesta Budaya di Kaldera Toba
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Dalam rangka mempererat hubungan dalam mendukung destinasi pariwisata, Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) dan masyarakat dari Desa Pardamean Sibisa menggelar acara sekapur sirih (Napuran Tiar) di Kaldera Toba di Desa Pardamean Sibisa, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Tobasa.
 
Direktur Utama BPODT Arie Prasetyo mengungkapkan, tujuan acara pesta adat istiadat sekapur sirih yang diselenggarakan secara bersama untuk mempererat hubungan antara BPODT dengan seluruh elemen masyarakat untuk menjalin silaturahmi tegur sapa untuk menghormati, minta doa restu, masukan dan arahan dari para tokoh adat dan masyarakat di kawasan sekitar Otorita Danau Toba sehingga pembangunan pariwisata dapat berjalan dengan baik.
 
Arie berharap semoga kedepan melalui acara sebagai awal yang baik untuk pengembangan pembangunan Pariwisats Danau Toba pihaknya dan seluruh elemen di sekitar Otorita Danau Tobs bersinergi untuk saling mendukung dan semoga kehadiran BPODT bisa membawa dampak postif, berkah, bagi perekonomian dan pengembangan pembangunan di sekitar Otorita Danu Toba.
 
Dikatakannya pembangunan Kaldera Toba yang dibangun 2016 yang saat ini sudah rampung dan terbuka untuk masyarakat dalam melakukan acara adat dan menikmati pemandangan di Kaldera Toba.”Kita sangat senang bila masyarakat hadir melakukan acara adat dan berkunjung di Kaldera Toba sehingga terjalin komunikasi dengan masyarakat sekitar dan mengajak agar loka,” ungkapnya dilansir dari laman tobasamosirkab.go.id, Minggu (13/10/2019).
 
Arie mengajak seluruh elemen masyarakat dari tiga desa di Pardamean Sibisa, Sigapiton dan Parsaoran Sibisa agar bekerjasama untuk mendukung pembangunan Otorita Danau Toba dan meminta bila ada keluhan terkait pembangunan BPODT di tengah-tengah masyarakat dapat langsung dikomunikasikan kepihaknya.
 
Raja Bius Manurung yang diwakili Marisi Manurung, Butarbutar Eston Butarbutar, Raja Bius Sitorus Monang Sitorus dan Raja Bius Sirait Pontas Sirait dan pihak Hula-hula Marga Sagala mengapresiasi acara Sekapur Sirih dan berterimakasih atas kehadiran BPODT di Desa Pardamean Sibisa. “Kami keturunan Nairasaon berterimakasih kepada Bapak Jokowi karena mengutus BPODT membangun Sibisa menjadi pusat pariwisata nasional dan internasional kami mendukung program BOPDT,” ujar Raja Bius Sirait.
 
Sementara itu, Bupati Tobasa Darwin Siagian mengajak agar seluruh masyarakat mendukung program pemerintah untuk membangun Tobasa sebagai pusat Pariwisata Danau Toba bertaraf nasional dan internasional. “Pemerintah telah mengalokasikan dana  triliunan untuk pengembangan Pariwisata Danau Toba, mari kita mendukung program tersebut agar daerah kita maju,” katanya.(BS09)

Tag:danau tobaKalderaSamosirTobasa