Selasa, 21 Januari 2020
  • Home
  • Wisata
  • LPM Unimed Dorong Masyarakat Deli Serdang Tingkatkan Pariwisata

LPM Unimed Dorong Masyarakat Deli Serdang Tingkatkan Pariwisata

Minggu, 18 Maret 2018 09:30:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Porsi partisipasi masyarakat menjadi sebuah kepastian untuk mendongkrak kesuksesan sebuah ikon pariwisata di daerah, di mana hampir 80 % tergantung dari kondisi partisipasi kelompok sosial masyarakat dan selebihnya 20 adalah kondisi alam. 
 
Hal itu diungkapkan Doktor Fakultas Ekonomi Unimed Andri Zainal SE MSi PhD Ak CA sebagai Person In Charge (PIC) dalam kegiatan Pembentukan Kelompok Sadar Wisata (Darwis) dan Kelompok Sadar Lingkungan (Darling) di Desa Bagan Serdang, Kecamatan Pantai Labu, Deli Serdang, pertengahan pekan kemarin.
 
Hadir dalam acara ini, Ketua LPM Unimed Dr Kustoro Budiarta ME, Kadis Pariwisata Deli Serdang H Faisal Arif Nasution, Kepala UPT kesatuan pengelolaan hutan wilayah 1 Sumut, Camat Pantai Labu Ayub SSos MSi, Petani Sukses Indonesia asal Blitar Abdurrahman, Kepala Desa Bagan Serdang Imron dan ratusan masyarakat bagan serdang yang menjadi peserta pelatihan Kelompok Darwis dan Darling.
 
Andri dalam paparannya mengungkapkan bahwa, kemauan serta semangat masyarakat menjadi sebuah indikator kuat dalam kesuksesan sebuah program wisata yang yang akan dibangun di Kecamatan Pantai Labu. 
 
“Kampung Manggrove Bagan Serdang menjadi ikon pariwisata baru yang di inisiasi Pertamina dengan menggandeng Unimed sebagai pendamping masyarakat sehingga kepaduan dari Perusahaan BUMN, Kampus dan masyarakat dapat terbina dengan baik. Sehingga ekowisata ini benar-benar dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat serta mengubah mindset menuju masyarakat yang cerdas dan makmur," papar Doktor jebolan University of Malaya seperti dilansir dari laman unimed.ac.id, Minggu (18/03/2018).
 
Camat Pantai Labu Ayub menyebutkan, kawasan Pantai Labu terdiri dari 19 desa dengan 6 desa berada langsung berhadapan dengan Selat Malaka. Sehingga potensi untuk wisata pantai ini sangat menjanjikan untuk dapat dikelola. “Hingga saat ini potensi-potensi tersebut belum dikelola secara maksimal. Apalagi saat ini Bandara Kuala Namu berada di wilayah Pantai Labu.Dengan dukungan Unimed dan Pertamina kami yakin ekowisata Pantai Labu akan mengalami akselerasi dalam pengelolaanya," sebut Ayub.
 
Menanggapi hal tersebut Ketua LPM unimed Dr Kustoro menambahkan, kerjasama tripartid antara Kampus, BUMN dan Pemkab Deli Serdang merupakan bentuk kemitraan strategis dan sinergis dalam membangun masyarakat Deli Serdang yang berada di pesisir untuk tidak menggantungkan ekonomi pada bidan perikanan dan nelayan. Akan tetapi sudah mulai melirik bidang pariwisata dan penumbuh kembangkan perekonomian pesisir dengan olahan tanaman manggrove.
 
“Hal ini sesuai dengan arahan Rektor Unimed Prof Dr Syawal Gultom MPd bahwa kampus harus menjadi problem solving bagi permasalahan masyarakat. Dengan terbinanya masayarakat lewat Darling dan Darwis akan muncul kelompok masyarakat yang sadar akan lingkungan dan pariwisata disekitarnya. Dan kegiatan ini tidak hanya meliputi pemberdayaan masyarakat akan tetapi pembangunan fisik juga akan dilakukan oleh pertamina dengan didampingi oleh pakar-pakar dari Unimed sehingga akan membawa masyarakat Bagan Serdang yang berkemajuan," jelas Dr Kustoro yang Doktor Bidang Manajemen.(BS02)
 
T#g:Deli serdangLPM UnimedPantai LabupariwisataSelat MalakaUnimed
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 hari lalu

    Lakukan Kerjasama dengan Unimed, Bank BTN Serahkan 2 Unit Mobil

    Beritasumut.com-Pelayanan bidang keuangan terhadap mahasiswa, dosen, dan pegawai Universitas Negeri Medan (Unimed) akan ditingkatkan. Hal itu yang

  • 2 hari lalu

    Tingkatkan Pembangunan dan Pendidikan, Komisi A DPRD Labura Kunjungi Unimed

    Beritasumut.com-Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat dan Daerah (DPRD) Labuhan Batu Utara (Labura) dan jajarannya berkunjung ke Universitas Negeri Meda

  • satu minggu lalu

    Kunker ke Polsek Batang Kuis, Kapolresta Deli Serdang: Tindak Tegas Pelaku Narkoba dan Judi

    Beritasumut.com-Kapolresta Deli Serdang, Kombes Pol Yemi Mandagi kembali menegaskan pihaknya akan mengambil tindakan tegas terhadap para pelaku nar

  • satu minggu lalu

    Perkuat Mutu Pendidikan, Pj Bupati Pakpak Barat Audiensi ke Unimed

    Beritasumut.com-Guna memperkuat mutu pendidikan di Kabupaten Pakpak Bharat, Pj Bupati Pakpak Barat Dr H Asran Nasution MA bersama rombongan SKPD me

  • satu minggu lalu

    Selain Kembangkan Industri Pariwisata, Jepang Akan Hibahkan Kapal Pengawas Perikanan di Natuna

    Beritasumut.com-Pemerintah Jepang melalui Menteri Luar Negeri (Menlu) Motegi Toshimitsu menyampaikan komitmennya untuk mendukung prioritas Pemerint

  • Copyright © 2010 - 2020 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.