Minggu, 08 Desember 2019
  • Home
  • Wisata
  • Kapolda Sumut Tinjau Keamanan Pulau Asu di Nias Barat

Kapolda Sumut Tinjau Keamanan Pulau Asu di Nias Barat

Minggu, 15 September 2019 19:00:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/BS06
Beritasumut.com-Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Pol Agus Andrianto dan rombongan melakukan pengecekan terhadap kondisi masyarakat dan keamanan di pulau terluar Kepulauan Nias, tepatnya di pulau Asu, Kecamatan Sirombu, Kabupaten Nias Barat, Minggu (15/09/2019).
 
Agus menjelaskan, setelah dirinya berdialog dengan warga setempat dan pengelola resort, ternyata diketahui bahwa untuk meningkatkan minat wisatawan baik lokal maupun internasional, perlu dilakukan beberapa perbaikan. Yakni dengan memperbaiki infrastruktur seperti jalan yang layak, pelabuhan, mental masyarakat hingga akses internet.
 
"Cek keamanan masyarakat dan pulau-pulau ini kan penting. Mulai dari kondisi masyarakatnya, pariwisata, keamanan, bahaya narkoba hingga kebutuhannya," ungkapnya.
 
Nantinya, ujar Agus, setelah menyerap aspirasi masyarakat, pihaknya akan menyampaikan laporan kepada pimpinan dan pemerintah baik pusat maupun daerah.
 
"Kalau mau wisatawan meningkat maka kebutuhannya harus di fasilitasi. Kan program pemerintah sudah jelas, mempromosikan wisata hingga ke kancah internasional," ucapnya.
 
Menurut Agus, semakin banyak wisatawan yang datang maka secara otomatis akan meningkatkan PAD dan ekonomi warga sekitar.
 
"Kalau memungkinkan dan bisa, kita juga akan mendirikan pos Polairud, serta mendorong adanya puskesmas atau klinik kesehatan," tandasnya.
 
Sementara itu, pengelola pulau Asu yang merupakan warga Amerika Serikat, Steve menjelaskan jika kunjungan wisatawan biasanya terjadi pada bulan April hingga September, dimana saat itu cuaca mendukung untuk surfing.
 
Dalam satu musim tersebut, kunjungan bisa mencapai 120 orang. Umumnya wisatawan itu bisa berasal dari berbagai negara seperti Amerika Latin, Australia, Jerman, Italia dan Eropa.
 
"Ya mereka bisa 10 hari berlibur di pulau ini dengan berbagai aktifitas. Selain pesona alam dan kenyamanan, wisatawan juga melakukan surfing dan diving," tuturnya.(BS06) 
T#g:Nias BaratPulau AsuPulau Nias
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 3 bulan lalu

    Kapolda Sumut Rencanakan Pembangunan Pos Polisi di Pulau Asu Kabupaten Nias Barat

    Beritasumut.com–Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto berencana membangun pos polisi perairan dan udara di pulau terluar Nias, sebagai salah

  • 3 bulan lalu

    Menkumham Tinjau Persiapan Sail Nias 2019, Pembangunan Infrastruktur Harus Segera Dirampungkan

    Beritasumut.com–Persiapan pelaksanaan Sail Nias 2019 terus dipacu. Pembangunan barbagai infrastruktur dan fasilitas pendukung pun dikebut dan

  • 4 bulan lalu

    Persiapan Sail Nias 2019 Rampung 90 Persen

    Beritasumut.com–Perhelatan Sail Nias 2019 tinggal menghitung hari. Berbagai persiapan pun dilakukan panitia untuk menyukseskan event bertaraf

  • 8 bulan lalu

    Kasus Dugaan Korupsi Senilai Rp1,9 Miliar Dinas PUPR Nias Barat Masih Diselidiki Poldasu

    Beritasumut.com-Adanya dugaan korupsi proyek pembangunan Jalan Lolomoyo Desa Simaeasi, Kecamatan Mandehe, dengan pagu Rp 1,9 Miliar yang dikerj

  • 12 bulan lalu

    Nias Barat Diguncang Gempa 5 SR

    Beritasumut.com-Gempa bumi tektonik kembali menguncang Kepulauan Nias. Kali ini gempa tersebut berlangsung di Kabupaten Nias Barat, dengan kekuatan

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.