Wisata

Jongkong:Manis dan Cocok Dijadikan Santapan Berbuka Puasa

Jongkong:Manis dan Cocok Dijadikan Santapan Berbuka Puasa
Beritasumut.com/BS02
Jongkong

Beritasumut.com-Bosan berbuka puasa dengan gorengan yang banyak dijual di pinggir jalan? Atau juga makanan basah seperti kue? Makanan seperti itu sebenarnya selalu tersedia di luar bulan puasa. Nah, jika ingin mencari alternatif lain untuk berbuka puasa? Sepertinya menu satu ini cukup bisa menjadi pilihan Anda.

Jongkong begita orang menyebutnya. Makanan ini katanya merupakan santapan lezat khas dari Kota Nopan, Mandailing Natal. Bahkan, beberapa penjual tidak tahu mengapa disebut jongkong. “Saya juga tidak tahu mengapa namanya jongkong,” ujar Mustafa (42) yang mengaku biasa menjajakan jongkol di Jalan Glugur By Pas.

Menurut Mustafa, Jongkong adalah tepung beras yang dimasak dengan air pandan plus daun sugi yang kemudian dicampur dengan santan yang sudah diberi gula merah. Tak hanya sekadar dicampur saja, tepung beras yang sudah mengental dan kehijauan ditambah kuah santan gula merah lalu dibungkus dengan daun pisang dan dikukus selama lebih kurang 45 menit. “Supaya lebih masak dan aroma daun pisang melekat pada masakan,” Mustafa memberi keterangan.

Sekadar peringatan, saat akan menikmati jongkong, Anda harus hati-hati kala membuka bungkusnya. Pasalnya, jika tidak hati-hati, kuah yang ada di dalamnya bisa tumpah. Perpaduan aroma daun pisang, pandan, ditambah manisnya santan sontak menyeruak begitu bungkus dibuka. Rasanya manis dan cocok untuk dimakan saat buka puasa. Harga yang ditawarkan juga relatif murah. Untuk satu bungkus, Mustofa menjualnya dengan harga berkisar Rp 5000. (BS02)