Rabu, 13 November 2019
  • Home
  • Wisata
  • Hattrick, Solahuddin Kembali Pimpin Asita Sumut, Wagub Harapkan Sinergi Kembangkan Pariwisata

Hattrick, Solahuddin Kembali Pimpin Asita Sumut, Wagub Harapkan Sinergi Kembangkan Pariwisata

Kamis, 31 Oktober 2019 18:15:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/BS03
Beritasumut.com–Solahuddin Nasution kembali dilantik menjadi Ketua DPD Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Sumut untuk periode ke tiga (2018-2023), di JW Marriot Hotel, Jalan Putri Hijau Medan, Kamis (31/10/2019). Diharapkan dapat terus bersinergi dengan Pemerintah Pemerintah (Pemprov) Sumut untuk mengembangkan pariwisata di daerah ini.
 
Wakil Gubernur (Wagub) Sumut Musa Rajekshah yang hadir di acara tersebut menyampaikan, bahwa Sumut memiliki potensi wisata yang luar biasa. Mulai dari keindahan alam hingga keragaman budaya dan kesenian masyarakat.
 
Keterlibatan berbagai pihak terkait, termasuk Asita Sumut sangat dibutuhkan untuk mengelola potensi wisata tersebut hingga mampu mendatangkan banyak wisatawan ke daerah ini. “Mendongkrak pertumbuhan pariwisata ini memang tidak bisa dilakukan sendiri oleh pemerintah. Butuh sinergi. Hadir di sini dan mengetahui upaya banyak pihak untuk bantu menggenjot pariwisata Sumut menjadi energi bagi kami Pemprov Sumut untuk memaksimalkan upaya kami. Berbuat kita lewat peran masing-masing,” katanya.
 
Acara pelantikan juga dirangkai dengan penyelenggaraan Seminar Nasional bertajuk “Sinergitas Stakeholder Pariwisata dalam Mendukung Penerbangan Langsung dari Eropa ke Sumut”. Dengan adanya penerbangan langsung dari Eropa ke Sumut diyakini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke daerah ini.
 
Dukung Penerbangan Langsung
Wagub Musa Rajekshah menyampaikan dukungan dan apresiasi kepada pihak maskapai Indonesia yang membuka rute penerbangan langsung dari Kualanamu ke Amsterdam. Ke depan, Wagub berharap akan banyak lagi dibuka rute penerbangan langsung dari luar negeri ke Sumut, tidak hanya tidak hanya dari Eropa, tetapi juga dari negara di benua lain.
 
Untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, saat ini Pemprov Sumut juga terus berupaya membenahi beberapa destinasi wisata. Di antaranya yang menjadi prioritas tahun 2020 yakni Taman Hutan Raya (Tahura) di Karo, wisata alam di Bukit Lawang, dan Tangkahan. “Jadi bapak dan ibu bantu kami dengan mendatangkan wisatawan, dan kami pemerintah membenahi destinasinya, akses, kenyamanan, dan lainnya. Saling bahu-membahu kita, khususnya kepada ASITA Sumut harus sering kita berkoordinasi,” tutur Musa Rajekshah.
 
Ketua Umum DPP ASITA Nunung Rusmiati menyampaikan, Asita kini berusia 49 tahun dan memiliki sekitar 7.000 anggota travel agent yang tersebar di seluruh Indonesia. Nunung juga mendukung pernyataan Wagub agar ASITA Sumut harus lebih sering berkomunikasi dan koordinasi dengan Pemprov Sumut. “Kehadiran Pak Wagub hari ini di sini bersama kami menunjukkan bahwa Pemprov Sumut miliki perhatian yang serius dengan segala usaha-usaha pengembangan pariwisata dan genjot wisatawan. Benar apa yang dikatakan Bapak, bahwa pengembangan pariwisata memerlukan sinergi, kami siap untuk bersinergi mendukung pemerintah,” ungkap Nunung.
 
Ketua DPD Asita Sumut Solahuddin Nasution yang baru dilantik menyampaikan bahwa pengadaan seminar yang menghadirkan pihak maskapai adalah salah satu bentuk upaya ASITA Sumut menggenjot pariwisata di Sumut. “Salah satu pasar potensial kita itu dari negara-negara Eropa Barat, kita berharap rute yang baru buka ini bertahan dan semakin banyak rute penerbangan langsung dari negara-negara eropa lainnya,” ucapnya.
 
Penerbangan langsung Medan-Amsterdam resmi dibuka oleh Garuda Indonesia pada 1 Oktober 2019. Kata Solahuddin, pada era tahun 90an masih ada penerbangan langsung ke Eropa oleh Garuda, KLM, dan lain-lain. “Setelah sekian lama, akhirnya ada kembali. Kita kawal agar penerbangan ini tetap eksis, dan bertambah di masa depan,” ucapnya.
 
Pelantikan ditandai dengan penyerahan pataka oleh Ketua Umum DPP ASITA Nunung Rusmiati kepada Ketua DPD Asita Sumut Solahuddin Nasution yang didampingi Sekretaris HR Yuriandi Siregar dan Bendahara II Zulaikha, serta pengurus lainnya. Dilanjutkan dengan ucapan selamat dari Wagub dan foto bersama. Juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman kerja sama antara ASITA Sumut dengan Badan Pengelola Otorita Danau Toba (BOPDT).
 
Turut hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut Ria Novida Telaumbanua, Direktur BOPDT Arie Prasetyo, OPD Pemko Medan, konsul/konjen negara tetangga, pengurus dan anggota Asita Sumut, Ketua Asita dari berbagai provinsi, akademisi dan pemerhati pariwisata, dan masyarakat umum. (BS03)
T#g:Asita SumutHattrickMusa RajekshahPariwisata SumutPemprovsuSolahuddinwagubsu
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    Rombongan Tour Operator dan Media Maroko Akan Jajal Pariwisata Sumut

    Beritasumut.com-Rombongan turis yang terdiri dari tour operator dan media dari Maroko akan menjajal sejumlah destinasi pariwisata di Sumatera Utara

  • 2 minggu lalu

    Pemprovsu Dukung Kanwil Kemenag Sumut Gelar Jambore Siswa Lintas Agama

    Beritasumut.com–Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) mendukung rencana kegiatan Jambore Siswa Lintas Agama yang akan digelar

  • 2 minggu lalu

    KBRI Maroko dan Pemprovsu Ajak Jurnalis dan Influencer Promosikan Pariwisata Sumut

    Beritasumut.com-Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Maroko dan Republik Islam Mauritania bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pempro

  • 2 minggu lalu

    Coalition for Sustainable Livelihoods 2019, Wagub: Upaya Konservasi Harus Dilakukan Bersama

    Beritasumut.com–Upaya konservasi lingkungan harus dilakukan secara bersama-sama dan bersinergi semua kelompok, baik pemerintah, swasta, masya

  • 2 minggu lalu

    E-Paspor Diluncurkan, Wagub Sumut Minta Layanan Keimigrasian Ditingkatkan

    Beritasumut.com–Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah meresmikan peluncuran Paspor Elektronik (e-Paspor), di Kantor Im

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.