Minggu, 21 April 2019
  • Home
  • Wisata
  • Gubsu Akan Jadikan Babussalam Destinasi Wisata Religi di Sumut

Gubsu Akan Jadikan Babussalam Destinasi Wisata Religi di Sumut

Senin, 28 Januari 2019 12:34:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/BS03
Beritasumut.com-Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi menghadiri Peringatan Haul ke 95 Tuan Guru Besilam Syekh Abdul Wahab Rokan Al Khalidi Naqsyabandi yang jatuh pada tanggal 21 Jumadil Awal 1440 Hijriah, di Madrasah Besar Babussalam Kecamatan Padang Tualang, Kabupaten Langkat, Minggu (27/01/2019). Gubsu berjanji akan menjadi Babussalam sebagai destinasi wisata religi.
 
Babussalam, khususnya komplek Tuan Guru Besilam, menurut Gubsu, merupakan tempat yang sangat dihargai dan dihormati oleh banyak orang. Tidak hanya dari Sumatera Utara (Sumut), tetapi juga seluruh Indonesia dan mancanegara berbondong-bondong datang berkunjung.
 
"Tempat yang sangat berarti untuk banyak orang yang ingin mendalami agama. Sebagai Gubernur saya minta maaf belum bisa melakukan banyak hal untuk tempat ini, tapi kedepannya saya berencana dan berjanji jadikan daerah ini destinasi wisata religi. Akses ke sini dibenahi agar memudahkan orang-orang yang berkunjung ke sini," ujar Gubsu Edy dalam sambutannya.
 
Edy menceritakan dirinya memiliki kenangan dan ikatan emosional dengan madrasah tuan guru besilam. Sejak kecil, dirinya sering diajak oleh ayahnya ke sini. "Waktu itu, saya hanya bisa sampai di luar saja. Sekarang saya bisa berbicara di sini, suatu kebanggaan buat saya," ucapnya.
 
Pada Peringatan Haul ke 95, Edy mengajak seluruh masyarakat untuk senantiasa medoakan Tuan Guru Besilam agar selalu dilimpahi kesehatan. Sehingga, semakin banyak orang yang memperoleh manfaat dari ilmu yang dimiliki Tuan Guru Besilam.
 
"Ulama adalah pemilik ilmu. Kita butuh para ulama karena di kepalanya semua ilmu. Apalagi pemimpin, sebagai umaroh, harus menjalin komunikasi yang baik dengan para ulama," tutur Edy.
 
Tuan Guru Besilam Syekh Abdul Wahab Rokan Al Khalidi Naqsyabandi mengatakan bahwa pelaksanaan Peringatan Haul ke 95 telah dilaksanakan sejak 17 Desember 2018 dan akan berakhir pada 27 Januari 2019. Ratusan mursyid, khalifah, dan jamaah datang dari berbagai daerah Sumut, luar kota, dan mancanegara.
 
"Pada peringatan ini, saya harapkan kita mengamalkan apa yang telah menjadi pesan tuan guru pertama Syekh Abdul Wahab Rokan untuk lebih sering berzikir. Mudah-mudahan zikir yang akan memberikan kekuatan untuk Sumut kita ini," ucapnya.
 
Peringatan Haul ke 95 kemudian dilanjutkan dengan pembacaan sejarah Tuan Guru Besilam, penyampaian kesan oleh peserta suluk, dan pelantikan mursyid selaku pimpinan persulukan baru di daerah lain. Di sepanjang jalan menuju madrasah Tuan Guru Besilam, dipadati oleh pedagang dan barisan bus-bus yang membawa jamaah dari berbagai daerah.
 
Turut hadir mendampingi Gubsu Edy Rahmayadi, yakni Ketua TP PKK Provsu Nawal Lubis Edy Rahmayadi, Kepala Dinas Pendidikan Provsu Arsyad Lubis, Kepala Dinas Sosial Provsu Razali. Tampak pula Gubernur Sumut periode 2013-2018 Tengku Erry Nuradi, Sultan Langkat Tuanku Azwar Abdul Djalil Rahmatshah Al Hajj, mewakili Bupati Langkat, Tokoh Masyarakat Rahmat Shah, unsur Forkopimda Sumut dan Langkat, serta mewakili konsulat negara-negara sahabat.(BS03)
T#g:BabussalamBesilamdestinasi wisataWisatawisata religi
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 3 hari lalu

    Lima Tahun Dikembangkan, Indonesia Raih Peringkat Pertama Wisata Halal Dunia 2019

    Beritasumut.com-Indonesia bersama dengan Malaysia dinyatakan berhasil meraih peringkat pertama sebagai destinasi wisata halal dunia versi GMTI (Glo

  • 3 minggu lalu

    Awasi Orang Asing, Tiap Kecamatan di Pematangsiantar Dibentuk Timpora

    Beritasumut.com-Sebagai bentuk komitmen dan kesepahaman tentang pentingnya pengawasan orang asing, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Rl Wilay

  • satu bulan lalu

    Dukung Pariwisata, Pemko Medan Bersama Angkasa Pura II dan Grab Gelar Great Sale 2019

    Beritasumut.com-Wali Kota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili oleh Asisten Administrasi Umum, Renward Parapat secara resmi membuka Medan G

  • satu bulan lalu

    Bupati Langkat Usulkan Penambahan Gedung Sekolah dan Pembangunan Jalan ke Objek Wisata

    Beritasumut.com-Bupati Langkat Terbit Rencana PA didampingi Wakil Bupati Langkat H Syah Afandin SH, secara resmi membuka pelaksanaan Musrenbang pen

  • satu bulan lalu

    Kemenpar RI Branding 15 Destinasi Wisata di Indonesia, Termasuk Danau Toba

    Beritasumut.com-Kementerian Pariwisata RI dan platform Tiket.com menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) meluncurkan program #tiketWonderfulIndo

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.