Selasa, 17 Januari 2017
  • Home
  • Wisata
  • Disbudpar Sumut Akui Jumlah Wisman ke Sumut Turun Drastis

Disbudpar Sumut Akui Jumlah Wisman ke Sumut Turun Drastis

Rabu, 04 Januari 2017 19:45:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Danau Toba, salah satu objek wisata andalan Sumut.
Beritasumut.com-Jumlah kunjungan Wisatawan Mancanegara (Wisman) ke Sumut pada 2016 mengalami penurunan drastis. Tercatat dari Januari hingga Oktober jumlah kunjungan Wisman mencapai 181.043 orang. Sementara itu berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah kunjungan Wisman langsung ke Sumut pada tahun 2015 mencapai 229.288 orang.
 
Dari 181.043 kunjungan Wisman 2016, mereka masuk dari 3 pintu utama yaitu Bandara Internasional Kuala Namu sebanyak 156.612 orang, Pelabuhan Laut Belawan sebanyak 16.643 orang dan Pelabuhan Laut Tanjung Balai Asahan sebanyak 7.788 orang.
 
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumut Elisa Marbun mengakui penurunan jumlah Wisman tersebut. "Ya benar, yang jelas target wisatawan menurun, tentu perlu kerja keras untuk menaikkannya agar apa yang diinginkan bisa tercapai. Upaya yang akan dilakukan salahsatunya even yang sudah ditambahkan gubernur untuk provinsi," jelasnya, Rabu (04/01/2017).
 
Namun, menurutnya, jumlah wisman yang ke Sumut jauh lebih banyak dari data tersebut. Karena banyak wisman yang berkunjung ke Sumut diklaim tamu Jakarta, karena transit di Jakarta."Saya sudah komunikasi ke PHRI, ternyata yang berkunjung ke Sumut tidak tercatat, tetapi karena wisman-nya transit di Jakarta maka diklaim atau dianggap tamunya Jakarta saja, padahalkan mereka terkadang hanya transit di Jakarta," imbuh Elisa.
 
Oleh karena itu, lanjutnya, dia akan berkoordinasi dengan pihak Bandara dan Imigrasi agar mencatat seluruh wisman yang masuk ke Sumut, sehingga terdaftar jadi tamu Sumut."Tentu perlu kerja keras untuk menaikkannya agar apa yang diinginkan bisa tercapai. Upaya yang akan dilakukan salahsatunya even yang sudah ditambahkan gubernur untuk propinsi," pungkasnya.(BS03)
T#g:danau tobaDisbudpar SumutSumutWisataWisatawan
  Berita Terkait
  • 2 jam lalu

    Poldasu Ringkus Geng Lesbi, Pelaku Penculikan dan Penganiaya Ridwan Si Pegawai Carrefour

    Beritasumut.com-Kasus penculikan dan penganiayaan yang dilakukan Geng Lesbi (komplotan penyuka sesama jenis) terhadap M Ridwan (21), salah seorang karyawan di Carrefour, Jalan Gatot Subroto, pada J

  • 4 jam lalu

    Gubsu Minta ASN Tingkatkan Disiplin dan Kualitas Layanan

    Beritasumut.com-Aparatur Sipil Negara (ASN) di Sumatera Utara (Sumut) harus terus meningkatkan kualitas disiplin dan pelayanan kepada masyarakat. Hal itu disampaikan Gubernur Sumut (Gubsu) HT Erry

  • 16 jam lalu

    Pemko Medan Siapkan Taman Sri Deli Jadi Pusat Souvenir

    Beritasumut.com-Walikota Medan Akhyar Nasution mengatakan Taman Sri Deli yang terletak di persimpangan Jalan Masjid Raya dan Jalan Sisingamangaraja direncanakan dijadikan pusat jual-beli souvenir K

  • 24 jam lalu

    Terkait OTT Bendahara Disdik UPT Medan Labuhan, Poldasu Bisa Tetapkan Tersangka Baru

    Beritasumut.com-Polda sumut bisa saja menetapkan tersangka baru terkait penyidikan kasus dugaan tindak pidana korupsi dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli)

  • 23 jam lalu

    Gubsu Bersyukur Masih Berkesempatan Berbakti Kepada Ibunda yang Berusia 93 Tahun

    Beritasumut.com-Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi Msi merasa amat bersyukur atas kesempatan yang diberi Sang Pencipta, karena masih diberi kesempatan berbakti kepada kepada sang Ibunda

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2010 - 2017 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.