Wisata

Bah Butong, Air Terjun di Tengah Hamparan Kebun Teh

Bah Butong, Air Terjun di Tengah Hamparan Kebun Teh
beritasumut.com/BS08
Air terjun Bah Butong

Beritasumut.com-Lokasi Air terjun Bah Butong, yang berada di Desa Babeak, Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun, adalah milik PTPN IV. Sudah sekitar 3 tahun terakhir ini, air terjun Bah Butong mulai dikenal warga luar daerah dan menjadi tujuan favorit bagi keluarga.

Banyaknya warga dari luar daerah yang datang, menjadi rejeki bagi warga sekitar yang selama ini ikut mengelola serta memelihara air terjun tersebut.

Untuk memasuki lokasi air terjun, para pengunjung terlebih dahulu di suguhkan dengan hamparan kebun teh yang membentang luas, selanjutnya melewati perumahan karyawan PTPN lV. Di perlukan jarak sekitar 6 kilometer dari jalan raya untuk memasuki lokasi air terjun.

Warga sekitar pun terlihat ramah, setelah kita memasuki perumahan PTPN lV guna menuju air terjun, pengendara roda 4 di kenakan biaya parkir sebesar Rp 15.000, sementara untuk roda 2 di kenakan biaya parkir Rp 5.000. Dari lokasi parkir, pengunjung di wajibkan berjalan kaki dengan menuruni tangga yang telah di semen dan menuruni bukit yang terjal sejauh kurang lebih 500 meter.

Sepanjang perjalanan turun, warga juga di suguhkan dengan pemandangan yang tak kalah menarik, seperti pancuran dan saluran air yang airnya tampak sangat jernih dan dingin.

Sesampainya di lokasi paling bawah yang terlihat seperti lembah, para pengunjung baru bisa menyaksikan keindahan air terjun Bah Butong yang begitu mempesona. Para pedagang yang umumnya berasal dari warga sekitar, menyambut dengan ramah kedatangan para warga yang ingin menikmati ataupun mandi di air terjun tersebut.

Ismail, salah seorang warga sekitar yang kesehariannya menjadi pedagang, merasa senang dengan ramainya para pengunjung setiap akhir pekan. "Alhamdulillah bang, saya sudah tiga tahun jualan di tempat ini, biasanya kalau hari libur pengunjung rame, lumayanlah bang, bisa bantu ekonomi keluarga," ungkapnya.

"Kami memang di kenakan biaya oleh pengelola perharinya 10 ribu, begitupun kami tidak merasa keberatan, Karena kami merasa terjamin jualan disini," sambung Ismail.

Puluhan tempat lesehan dan Warung Warung tersedia di lokasi air terjun Bah Butong, bahkan tempat beribadah seperti Musholla juga di sediakan.

Menurut salah seorang warga sekitar yang enggan di sebutkan namanya, air terjun Bah Butong rencananya akan di ambil alih oleh Pemerintah Daerah.

"Kalau lokasi air terjun milik PTPN lV, tapi yang mengelola warga sekitar, malah kabarnya Pemerintah kabupaten mau ambil alih lokasi ini, semoga Pemerintah kabupaten juga bisa memperhatikan nasib kami seandainya air terjun ini di ambil alih," bebernya.(BS08)