Wisata

Aek Siraisan : Selain Alam, Juga Jadi Saksi Sejarah

Aek Siraisan : Selain Alam, Juga Jadi Saksi Sejarah
Beritasumut.com/BS02
Pengunjung yang datang di Aek Siraisan, Palas

Beritasumut.com-Tak hanya menawarkan keindahan alam saja, ternyata Aek Siraisan juga menjadi bukti sejarah bagi warga setempat. Objek wisata ini jadi saksi bisu cerita sejarah perjuangan masyarakat Tapanuli Selatan (Tapsel) sebelum dimekarkan. Di sinilah masyarakat Tapsel melakukan perjuangan melawan penjajah Belanda. Melalui jalur sungai, mengatur dan mengumpulkan kekuatan demi melawan serangan Belanda.

Pada masa itu, Belanda berkuasa di wilayah perkotaan yang sekarang menjadi Ibukota Palas yaitu Sibuhuan, yang berjarak 7 Km dari lokasi Aek Siraisan. “Keindahan sungai ini merupakan rahmat yang menggambarkan kebersihan hati para pejuang untuk merebut kemerdekaan pada masa itu,” ungkap P Hasibuan, salah seorang Tokoh adat Luat Hasatan.

Sayangnya, potensi wisata di daerah masih belum begitu mendapat perhatian dari pemerintah. Padahal jika diperhatikan, pendapatan dari objek Aek Siraisan dapat menambah Pendapatan Asli Daerah(PAD).

Jadi jangan heran, jika masuk objek wisata ini, para pengunjung tidak dipungut uang sepeser pun. “Tetapi sangat disayangkan, objek wisata yang menjadi pusat kunjungan masyarakat belum mendapat perhatian dari pemerintah setempat untuk dikelola secara permanen dan baik sebagai pusat wisata yang menjadi kebanggaan dari Palas,” terang M Pulungan, seorang pengunjung.

”Jika dikelola secara optimal sebagai objek wisata, pasti dapat sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Kabupeten Palas dan tentu masyarakat sekitar,” tambahnya. (BS02)