Pemko Binjai
Media, Indonesia, berita Indonesia, foto Indonesia, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik, rss feed, galeri foto,medan kini,terkini,medan, sumatera utara,sumut,nasional,ekonomi,sosial,budaya
Rabu, 23 Juli 2014
Find us: 
BAYARLAH PAJAK ANDA SEBELUM JATUH TEMPO DEMI KELANGSUNGAN PEMBANGUNAN BANGSA. ORANG BIJAK, TAAT PAJAK. (PESAN INI DISAMPAIKAN PEMKO MEDAN)

beritasumut.com 2012. Powered By:ariewebnet

Kanwil DJP Sumut I Ajak Pemko Medan Kerjasama Tingkatkan Penerimaan Pajak
Sabtu, 8 Maret 2014 | 01:33:40
Medan, (beritasumut.com) Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak  (Kanwil DJP) Sumatera Utara (Sumut) I Kementerian Keuangan Republik Indonesia akan melakukan koordinasi dan kerjasama dengan Pemko Medan dalam rangka peningkatan penerimaan pajak di Medan. Hal ini dilakukan karena penerimaan pajak yang diperoleh saat ini kurang signifikan dengan jumlah wajib pajak yang ada.

Hal ini terungkap ketika Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Medan T Dzulmi Eldin S didampingi Asisten Ekonomi Pembangunan Qamarul Fatah, Kadispenda Kota Medan M Husni, Kepala Badan Pelayanan Perizinan Terpadu  (BPPT) Wirya Alrahman menerima kunjungan Kakanwil DJP Sumut I Harta Indra Tarigan di Balaikota Medan, Jalan Maulana Lubis, Medan, Sumut, Jumat (7/3/2014).

Dijelaskan Harta, berhubung Kanwil DJP Sumut I berlokasi di Kota Medan tentunya perlu dilakukan kerjasama dengan Plt Walikota Medan sebagai penguasa wilayah dalam rangka peningkatan penerimaan pajak. Dikatakannya, pihaknya perlu dukungan penuh dari pemerintah daerah baik itu penghimpunan data sebagai alat untuk mengenakan pajak.

"Selain itu kita juga perlu melakukan kerjasama pembinaan bendaharawan yang ada. Soalnya bendaharawan berkewajiban untuk memungut pajak. Di samping itu kepala daerah juga diminta Kementerian Keuangan untuk menyampaikan kewajiban perpajakannya seperti penyampaian Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak Penghasilan. Dengan begitu beliau akan menjadi panutan bagi wajib pajak maupun masyarakat luas secara umum," kata Harta.

Lebih jauh Harta menambahkan, kerjasama ini perlu dilakukan secepatnya mengingat batas waktu penyampaian SPT yaitu 31 Maret. Dari pertemuannya dengan Plt Walikota, kerjasama itu akan dilakukan pada Senin (17/3/2014). Karena itulah pihaknya usai pertemuan ini langsung melakukan persiapan-persiapan guna mewujudkan kerjasama agar berjalan dengan lancar seperti yang diharapkan.

Selanjutnya Harta mengungkapkan, jumlah wajib pajak di Medan saat ini cukup banyak. Saat ini jumlah wajib pajak yang terdaftar sekitar 61.000 orang. Artinya, mereka  secara pribadi wajib menyampaikan SPT. Namun dari  61.000 wajib pajak tersebut, ternyata yang menyampaikan SPT masih kurang dari 50 persen.

"Yang menyampaikan SPT hanya 49 persen. Padahal kali melihat masih besar sekali potensi untuk bisa meningkatkan penerimaan pajak pusat ini. Padahal penerimaan pajak pusat ini nantinya akan dialokasikan juga kepada pemerintah daerah (Pemko Medan) untuk menambah APBD. Malah bukan hanya menambah tetapi juga bisa sebagai sumber APBD. Apalagi sumber APBD dari pusat cukup besar melalui DAU, DAK dan dana bagi hasil. Sebab, pajak pusat ini kita alokasikan kepada pemerintah daerah seluruh provinsi, kabupaten maupun kota di Indonesia," ungkapnya.

Untuk itulah Harta mengaku pihaknya sangat membutuhkan sekali data-data dari pemerintah daerah sebagai dasar dalam rangka pengenaan pajak tersebut. "Pajak pusat yang kita alokasikan ini sebesar 10 persen dari pajak penghasilan orang pribadi dan PPh karyawan Pasal 21. Sedangkan untuk PPN badan dialokasikan melalui DAU dan DAK. Sedangkan yang langsung adalah dana bagi hasilnya," ungkapnya.

Sementara itu Pelaksana Tugas Wali Kota Medan T Dzulmi Eldin S menyambut baik atas kerjasama yang ditawarkan oleh Kanwil DJP Sumut I dalam rangka peningkatan penerimaan pajak tersebut. Menurut Eldin, kerjasama itu akan dilaksanakan di Balaikota Medan usai apel bendera 17 Maret.

"Kita harapkan kerjasama yang dilakukan ini dapat disaksikan langsung oleh seluruh pejabat dan pegawai di lingkungan Pemko Medan. Sebab, sesuai dengan keterangan yang disampaikan Kakanwil DPJ Sumut I bahwasannya penyampaian SPT  direncanakan tidak dilakukan secara fisik lagi tetapi menggunakan sistem elektronik," kata Eldin.

Guna mendukung  kelancaran penyampaian SPT secara elektronik itu, Eldin menghimbau kepada seluruh pimpinan SKPD agar segera menyerahkan data seluruh pejabat maupun pegawaianya yang wajib menyerahkan SPT guna dilakukan verifikasi.  Melalui sistem elektronik ini, Eldin berharap akan semakin mempermudah penyerahan SPT dan tepat waktu.

"Kemudian saya juga mengimbau kepada seluruh masyarakat yang menjadi wajib pajak agar dengan penuh kesadaran yang tinggi segera melunasi kewajibannya membayar pajak. Sebab, batas penyampaian SPT adalah 31 Maret. Apalagi pajak yang dibayarkan itu digunakan untuk pembangunan," ungkapnya. (BS-031)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.beritasumut.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!
beritasumut.com © 2009 - 2014. Design by. ariewebnet