Mubes PPTSB
Media, Indonesia, berita Indonesia, foto Indonesia, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik, rss feed, galeri foto,medan kini,terkini,medan, sumatera utara,sumut,nasional,ekonomi,sosial,budaya
Minggu, 26 Oktober 2014
Find us: 
  • BAYARLAH PAJAK BUMI DAN BANGUNAN ANDA TEPAT WAKTU. (PESAN INI DISAMPAIKAN PEMKO MEDAN BEKERJASAMA DENGAN BERITASUMUT.COM)
  • beritasumut.com 2012-2014. Powered By:ariewebnet

    Tingkat Kepuasaan Pasien Jamkesmas Diidentifikasi
    Jumat, 5 Juli 2013 | 12:05:57
    Medan, (beritasumut.com) – Kualitas pelayanan kesehatan yang baik memberikan dorongan atau motivasi kepada masyarakat untuk menjalin ikatan dan hubungan yang baik dengan rumah sakit atau puskesmas. Adanya ikatan dan hubungan yang kuat dengan pasien sebagai pelanggan, maka rumah sakit dan puskesmas sebagai perusahaan jasa dapat memahami kebutuhan pasien dan berusaha memenuhinya, serta meminimalkan kesalahan yang mengakibatkan kekecewaan pasien sebagai konsumen.

    Demikian disampaikan Pelaksana Tugas Walikota Medan diwakili Asisten Ekonomi Pembangunan (Ekbang) Qamarul Fattah ketika membuka acara Seminar Hasil Identifikasi Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Jamkesmas Tahun Anggaran 2013 di Ruang Rapat III Kantor Walikota Medan, Kamis (4/7/2013). 

    “Jadi yang perlu dicermati secara seksama adalah mengenai rumah sakit sebagai wadah pelayanan kesehatan harus mempunyai fungsi utama menyelenggarakan upaya kesehatan yang bersifat penyembuhan dan pemulihan bagi penderita. Sedangkan puskesmas adalah unit pelaksana teknis Dinas Kesehatan yang bertanggungjawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan di satu wilayah kerja,” kata Qamarul.

    Dengan demikian, kata Qamarul, dapat dikatakan rumah sakit dan puskesmas adalah sisi pemberi pelayanan kepada masyarakat dengan latar belakang sosial kulturnya tanpa pandang bulu sebagai sisi yang mengharapkan akan menerima pelayanan dengan baik dalam mendukung pelaksanaan program Jamkesmas.

    Namun menurut Qamarul, banyaknya pasien Jamkesmas yang berobat ke rumah sakit (khususnya RSUD dr Pirngadi) dan puskesmas, ada kemungkinan tidak semua pasien mendapatkan pelayanan yang memuaskan. Pasien Jamkesmas yang rawat inap dan rawat jalan di RS Pirngadi adalah pasien dari seluruh Provinsi Sumut, sehingga memiliki latar belakang beragam dan persepsi berbeda tentang pelayanan yang diterima.

    “Makanya perlu dilakukan penelitian untuk mengindentifikasi tingkat kepuasan pengguna Jamkesmas apakah sudah berdasarkan prinsip pelayanan sebagai dasar pengukuran indeks kepuasan masyarakat berkaitan dengan prosedur dan persyaratan pelayanan, kedisiplinan dan tanggung jawab petugas pelayanan, kemampuan dan kecepatan pelayanan, kesopanan petugas dan kewajaran biaya pelayanan juga keamanan dan kenyamanan pelayanan,” ungkapnya.

    Atas dasar itulah Qamarul berharap agar penelitian yang telah dilakukan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Medan dengan Universitas Sumatera Utara (USU) dapat menjadi refrensi terbaik dalam mengambil kebijakan untuk meningkatkan mutu pelayanan terhadap kepuasan pasien Jamkesmas. Tidak hanya bagi Pemko Medan namun juga terhadap Pemerintah Provinsi Sumatera Utara serta menjadi sumbangan pemikiran bagi akademis.

    Kepada tim dari Fakultas Kedokteran USU sebagai tenaga ahli, Qamarul mengucapkan terima kasih  karena telah membimbing sehingga hasil kajian ini dapat diseminarkan dan nantinya akan didistribusikan sebagai tambahan referensi bagi semua sehingga dapat memberikan banyak manfaat bagi pembangunan Kota Medan.

    “Untuk Balitbang, saya harap terus lakukan kajian secara terus menerus dan berkesinambungan serta menjadi bank data tentang kajian-kajian yang menyangkut jalannya roda pemerintahan Kota Medan. Kita semua tentu ingin kedepannya Balitbang menjadi sumber informasi yang akurat tentang kajian-kajian, penelitian dan pengembangan Kota Medan,” harapnya.

    Kepala Balitbang Kota Medan Hasan Basri dalam laporannya mengatakan, tujuan penelitian ini dilakukan guna mengidentifikasi tingkat kepuasan pasien Jamkesmas di RSUD dr Pirngadi Medan. Kemudian mengindentifikasi tingkat kepuasan pasien Jamkesmas di puskemas rawat inap di Kota Medan. Karenanya, dia berhatap penelitian yang dilakukan ini dapat memberikan manfaat bagi RSUD dr Pirngadi dan puskesmas rawat inap sehingga memberikan masukan dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada pasien Jamkesmas maupun pasien umum.

    Selanjutnya bagi institusi pendidikan kedokteran/kesehatan, Hasan menjelaskan penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan dalam menyusun dan mengembangkan kurikulum yang berkaitan dengan masalah mutu pelayanan kesehatan dan manajemen kesehatan.

    “Untuk Dinas Kesehatan, penelitian ini dapat menjadi bahan masukan guna memperbaiki kualitas pelayanan kesehatan di Kota Medan. Sedangkan untuk Pemko Medan, penelitian ini menjadi bahan evaluasi atau masukan dalam menyusun kebijakan pelayanan kesehatan yang lebih baik,” paparnya.

    Dalam melakukan penelitian, Hasan mengaku pihaknya dibantu tim ahli dari Fakultas Kedokteran USU yakni Isti Ilmiati Fujiati, Iman Helmi Effendi dan Sri Lestari sehingga hasil penelitian yang dilakukan dapat memberikan manfaat. (BS-024)

    Akses berita terbaru versi mobile di: m.beritasumut.com
    Pondok Madu

    Berikan Komentar

    Tinggalkan Komentar
    Nama*:
    Email*:
    Website:
    Komentar*:
    : * Masukkan kode disamping!
    beritasumut.com © 2009 - 2014. Design by. ariewebnet