Mubes PPTSB
Media, Indonesia, berita Indonesia, foto Indonesia, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik, rss feed, galeri foto,medan kini,terkini,medan, sumatera utara,sumut,nasional,ekonomi,sosial,budaya
Sabtu, 01 November 2014
Find us: 
  • BAYARLAH PAJAK BUMI DAN BANGUNAN ANDA TEPAT WAKTU. (PESAN INI DISAMPAIKAN PEMKO MEDAN BEKERJASAMA DENGAN BERITASUMUT.COM)
  • beritasumut.com 2012-2014. Powered By:ariewebnet

    121 Indomaret di Medan Tidak Punya Izin
    Rabu, 22 Mei 2013 | 01:12:21
    Medan, (beritasumut.com) Kepada Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) Kota Medan Wirya Arahman mengatakan, dari sebanyak 216 lokasi Indomaret di Kota Medan hanya 95 lokasi  yang memiliki izin, selebihnya yakni 121 lokasi tidak punya izin.

    Hal ini diungkapkan Wirya disela-sela rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Komisi C DPRD Medan, PT Indomarco Prismatama selalu pengelola Indomaret, Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan BPPT Pemko Medan di Gedung DPRD Medan, Jalan Krakatau, Medan, Selasa (21/5/2013).

    Dalam rapat yang dipimpin Ketua Komisi C DPRD Medan A Hie didampingi anggota Abdul Rani itu, Wirya mengatakan, sejak Tahun 2011 pihaknya hanya menerima sebanyak 34 lokasi Indomaret untuk mendaftar ulang, dan pada Tahun 2012 hingga saat ini baru 25, 10 diantaranya merupakan permohonan izin baru.

    "BPPT baru menerbitkan 10 izin lokasi Indomeret, sementara Disperindag menerbitkan 85 izin lokasi, sedangkan dari pengakuan PT Indomarco  sendiri, pihaknya telah membuka sebanyak 216 lokasi Indomaret yang tersebar di Kota Medan. Dengan demikian ada sebanyak 121 lokasi Indomaret yang tidak memiliki izin di Medan," ujar Wirya.

    Padahal lanjut Wirya berdasarkan Peraturan Walikota (Perwal) No 47 Tahun 2012, pelaku usaha telah diberi kemudahan untuk mengurus izin, yakni cukup melampirkan Surat Izin Mendirikan Bangunan (SIMB) yang sesuai dengan peruntukan. Namun demikian hanya 10 lokasi Indomaret yang izin baru. 

    Menyikapi ini Ketua Komisi C DPRD Medan A Hie mengatakan, tindakan PT Indomarco telah merugikan Pemko Medan. Untuk itu diminta agar PT Indomarco segera menyerahkan data-data tentang lokasi Indomaret di Medan.

    "Data ini penting kita miliki agar diketahui angka ril berapa sesungguhnya lokasi Indomaret yang tidak punya izin, sehingga Komisi C DPRD Medan bisa minta  pemko untuk menutup sementara Indomaret yang tidak punya izin tersebut sampai surat izinnya diterbitkan," ujar A Hie.

    Sebab lanjut Politisi dari Partai Demokrat ini, tindakan yang dilakukan pihak PT Indomarco tersebut telah merugikan Pemko Medan, perusahaan ini tidak mentaati peraturan yang ada. Jika ditinjau dari sisi ekonomi pengusaha diuntungkan, namun dari sisi pendapatan negera telah dirugikan.

    "Kita tidak melarang orang menamankan investasinya di daerah ini, kita tidak melarang investor membuka usaha di daerah ini, namun harus sesuai aturan, karenanya diminta kepada pemko untuk menutup sementara Indomaret yang tidak punya izin," ungkap anggota dewan yang terpilih dari daerah pemilihan (Dapil) V tersebut.

    Sementara itu perwakilan PT Indomarco Roy Panggabean dan Asindo Butar-butar berjanji akan segera memberikan data-data yang diminta Komisi C sekaligus akan memenuhi segala ketentuan yang berlaku. (BS-001)

    Akses berita terbaru versi mobile di: m.beritasumut.com
    Pondok Madu

    Berikan Komentar

    Tinggalkan Komentar
    Nama*:
    Email*:
    Website:
    Komentar*:
    : * Masukkan kode disamping!
    beritasumut.com © 2009 - 2014. Design by. ariewebnet