Mubes PPTSB
Media, Indonesia, berita Indonesia, foto Indonesia, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik, rss feed, galeri foto,medan kini,terkini,medan, sumatera utara,sumut,nasional,ekonomi,sosial,budaya
Sabtu, 01 November 2014
Find us: 
  • BAYARLAH PAJAK BUMI DAN BANGUNAN ANDA TEPAT WAKTU. (PESAN INI DISAMPAIKAN PEMKO MEDAN BEKERJASAMA DENGAN BERITASUMUT.COM)
  • beritasumut.com 2012-2014. Powered By:ariewebnet

    Sungai Selayang Medan Dikeruk Antisipasi Banjir
    Kamis, 11 April 2013 | 20:30:44
    Medan, (beritasumut.com) – Pemicu terjadinya banjir di kawasan Jalan Dr Mansyur, Medan, Sumatera Utara, akibat Sungai Selayang kini mengalami pendangkalan dan penyempitan. Kondisi itu menyebabkan sungai tidak mampu menampung debit air ketika hujan deras turun. Akibatnya air sungai meluap dan menggenangi rumah warga sekitarnya. Untuk mengatasi masalah banjir tersebut, Pemko Medan melalui Dinas Bina Marga akan melakukan pengerukan dan pelebaran sungai.

    Rencana pengerukan dan pelebaran sungai disampaikan Walikota Medan Drs H Rahudman Harahap MM ketika meninjau Sungai Selayang di Jalan Dr Mansyur, Kelurahan PB Selayang, Kecamatan Medan Selayang, Kamis (11/04/2013). Saat peninjauan berlangsung, sejumlah pekerja dari Dinas Bina Marga tengah melakukan pengorekan sungai.

    Setelah melihat proses pengerukan, Walikota didampingi sejumlah Pimpinan SKPD Pemko Medan seperti Kepala Dinas Bina Marga Khairul Syahnan, Kadis Tata Ruang dan Tata Bangunan (TRTB) Ir Syampurno Pohan, Kabag Humasy Budi Hariono SSTP MAP dan Camat Medan Selayang Zul F Ahmadi selanjutnya blusukan hilir sungai di bawah teriknya matahari dengan berjalan kaki.

    Dari  blusukan yang dilakukan, Walikota mendapati ada bangunan rumah milik warga  yang “memakan” badan sungai sehingga terjadinya penyempitan. “Bangunan rumah warga itu harus kita bebaskan agar tidak terjadi penyempitan. Jika itu tidak dilakukan, maka warga di sini akan terus mengalami kebanjiran jika hujan deras turun,” kata Walikota.

    Selain membebaskan bangunan, jelas Walikota, upaya mengatasi banjir dengan melakukan pelebaran dan pengerukan sungai. Untuk pengerukan harus dilakukan dari hilir sungai. Dengan pengerukan yang dilakukan, maka Sungai Selayang akan dalam kembali sehingga mampu menampung debit air  ketika hujan deras turun. “Kita harus melakukannya, sebab kawasan ini sering terjadi banjir. Jadi kasihan warga di sini,” ungkapnya.

    Setelah itu Walikota meneruskan blusukannya sampai ujung Jalan Dr Mansyur III. Di tengah blusukan, seorang pria tua minta kepada Walikota untuk meninjau bangunan perumahan. Akibat truk pengangkut material bangunan sering keluar masuk, Jalan Dr Mansyur III  mengalami sedikit kerusakan. Saat menuju lokasi bangunan perumahan, Walikota juga memerintahkan staf kelurahan untuk mengeringkan jalan yang tergenang dengan membuat jalur air menuju parit. “Saya minta jalan ini sudah kering ketika saya lewat lagi nanti,” tegasnya.

    Berdasarkan hasil pemantauan yang dilakukan terhadap bangunan perumahan, keseluruhan bangunan telah memiliki izin dari Dinas TRTB. Meski demikian Walikota minta kepada pihak develover agar kehadiran perumahan tidak menyebabkan kawasan tersebut kebanjiran. Untuk itu dia harus membuat akases jalan beserta drainase yang baik.

    “Saya mau kehadiran setiap perumahan harus membuat rasa aman dan nyaman bagi warga sekitarnya. Untuk itu kepada setiap pengembang yang ingin membangun perumahan, dia wajib membuat fasilitas umum seperti jalan maupun ruang terbuka hijau. Setelah pembangunan selesai dilakukan, fasilitas umum yang telah dibuat sebelumnya harus menjadi milik masyarakat sekitarnya,” jelasnya.

    Atas dasar itulah sebelum meninggalkan lokasi bangunan perumahan, Walikota kemudian memanggil pihak developer. Selanjutnya developer diperintahkan untuk mengaspal jalan masuk sampai ke lokasi perumahan yang sedang dibangunnya. Perintah orang nomor satu di Pemko Medan itu langsung diamini developer. (BS-024)

    Akses berita terbaru versi mobile di: m.beritasumut.com
    Pondok Madu

    Berikan Komentar

    Tinggalkan Komentar
    Nama*:
    Email*:
    Website:
    Komentar*:
    : * Masukkan kode disamping!
    beritasumut.com © 2009 - 2014. Design by. ariewebnet