Senin, 30 September 2013 | 21:44:18

Kejati Dituding Lamban Tangani Dugaan Korupsi di Pemprov Sumut

Sebarkan:
Google

Medan, (beritasumut.com) – Penegakan hukum di Sumatera Utara dinilai masih jauh dari yang diharapkan. Kejakaan Tinggi Sumatera Utara dianggap lamban dan terkesan tebang pilih dalam mengusut tuntas kasus dugaan korupsi di Sumut. Kemudian terindikasi jaksa nakal di Sumut semakin menjamur sehingga proses hukum tidak berjalan sesuai dengan prosedur. 

Sampai saat ini banyak kasus dugaan korupsi di Sumut terindikasi mengendap di Kejati Sumut seperti kasus dugaan korupsi penggunaan anggaran APBD di Dinas PSDA, penggunaan anggaran APBD-DIPA APBN di Dinas Tata Ruang dan Permukiman Sumut, penggunaan anggaran APBD/APBN di Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumut serta penggunaan anggaran APBN/APBN/DAK dan BDB di Dinas PU, Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan Kabupaten Labuhan Batu Utara Tahun 2012.

Seperti dugaan penyimpangan di UPT Dinas PSDA Provinsi Sumatera Utara Kabupaten Labuhan Batu sumber APBD 2012 sebesar Rp6.945.100.00 yang dibagi 10 item pekerjaan pengendalian banjir dan pengamanan sungai diantaranya di Kecamatan Kualuh Selatan Kabupaten Labura, Sungai Kualuh di Kecamatan Kualuh Selatan Kabupaten Labura, Sungai Kanopan di Kecamatan Kualuh Hulu Kabupaten Labura, Sungai Ledong di Kecamatan Kualuh Hulu Kabupaten Labura.

Kemudian Sungai Aek Kota Batu Kecamatan Ne IX-X Kabupaten Labura, Sungai aek Natas di Kecamatan Aek Natas (Paket I dan III) Kabupaten Labura, Sungai Aek Kuo (Paket 1 dan 2) Kecamatan Aek Kuo Kabupaten Labura, Sungai Merbau (paket 1) di Kecamatan Merbau Kabupaten Labura serta Sungai Simangalam di Kecamatan Aek Natas Kabupaten Labura, ungkap puluhan massa yang tergabung dalam Lembaga Gerakan Demokrat Anti Korupsi (Gerdasi) dengan Edy Simatupang sebagai koordinator aksi dalam unjukrasa di Gedung Kejati Sumut baru-baru ini.

Edy di Medan, Senin (30/9/2913) menegaskan, penyimpangan yang terjadi di 10 item pekerjaan pengendalian banjir dan pengamanan sungai tersebut, seperti di Sungai Kualuh pembangunan beronjong telah terjadi penyimpangan manipulasi bahan material dari tanah keras diganti dengan tanah pasir. 

Akibatnya, tanggul tersebut baru saja siap dibangun sudah jebol persisnya Desember 2012 lalu sudah jebol diterjang arus banjir dan dilanjutkan pekerjaan perbaikannya pada Juni 2013 baru-baru ini, namun ketahanan tanggul tersebut tidak menjamin kekokohannya karena menggunakan material pasir sungai. 

Maka Kejati Sumut sudah pantas menyelidiki pekerjaan paket pengendalian banjir dan pengamanan sungai di Kualuh khususnya paket pekerjaan pembangunan bronjong dengan memanggil Kepala UPT PSDA Labuhan Batu Ir Dinsa Sitompul selaku penanggungjawab pekerjaan tersebut.

Selain itu kata Edy, masa pada saat itu juga minta Kejatisu  mengusut penggunaan anggaran APBD-DIPA dan APBD Dinas Tata Ruang dan Permukiman provsu 2012  pada kegiatan pelaksanaan proyek peningkatan jalan dan pembangunan tembok penahan/dinding sepanjang 6 km di Desa Paluh Magna Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deliserdang sebesar Rp1.800.000.000.

Selanjutnya pembangunan saluran drainase di Jalan Hamparan Perak Kecamatan Paluh sepanjang 500 meter sebesar Rp900.000.000 serta pelaksanaan pembangunan saluran drainase di Jalan Eka Warni Kecamatan Medan Johor sebesar Rp800.000.000. 

Pada ketiga pekerjaan tersebut disinyalir tidak sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB). Pasalnya, pekerjaan peningkatan jalan sudah mengalami kerukan akibat kurangnya pemadatan dan tipisnya lapisan aspal dilapis serta pembangunan tembok/dinding penahan menggunakan material batu bata, bukan batu sungai. 

Hal tersebut sudah pernah dilaporkan resmi ke Kejati Sumut namun sampai saat ini sepertinya tidak ada realisasi dari pihak penegak hukum di Sumut membuat puluhan massa mendesak untuk dibuka kembali pengaduannya dan mendesak Kejati Sumut memeriksa PPK bernama Ir Edy Rinjani.

Masih menurut massa, penggunaan anggaran DIPA-APBN pengembangan kawasan permukiman dan perbatasan Sumut Tahun 2012 seperti pekerjaan pelaksanaan penyediaan PSD permukiman kumuh di kawasan Bagan Deli, pembangunan jalan poros di kawasan Nelayan Indah Medan Utara, penyediaan PSD permukiman kumuh di Bagan Deli Kota Medan,Tebing Tinggi, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Samosir dan Langkat.

"Rata-rata pelaksanaan pengembangan kawasan permukiman perkotaan jalan poros tersebut tiduga tidak sesuai dengan Rencana Kerja Anggaran (RKA). Sebagai Satker atau PPK yang mengelolah pekerjaan tersebut yang merupakan Kepala UPT Tarukim Sumut di Kota Pematang Siantar Ir Ida Mariani harus bertanggungjawab," sebut massa melalui pengeras suara di Kantor Kejati Sumut. 


Hal sama juga ditemukan, kata Edy, pada penggunaan APBD/APBN Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumut 2012 terkait pengadaan lahan kurang lebih 20 H di Kecamatan Sibolangit Kabupaten Deli Serdang Rp1,4 miliar. Lahan tersebut terlantar meskipun sempat ada proyek didalamnya dan terhenti tampa sebab, bahkan disinyalir keabsahan alas hak lahan tersebut bermasalah dan harga di luar batas kewajaran alias mark up. 

Selanjutnya pengelolaan Bansos Rp36,7 miliar berupa dua item anggaran disinyalir menyimpang khususnya proyek peningkatan kualitas dan kuantitas benih dan bibit ternak mengoptimalkan sumber daya lokal Rp 24miliar dan proyek pemingkatan produksi pakan ternak dengan pemberdayagunaan sumber daya lokal Rp12,9 miliar.

"Kejati Sumut harus memanggil Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumut Dra Tety Erlina Lubis Msi selaku Pengguna Anggaran (PA) serta pejabat yang bertanggungjawab atas dugaan penyelewengan penggunaan anggaran dimaksud," katanya.

Selanjutnya tegasnya lagi, penggunaan anggaran APBD/APBN/DAK dan BDB di Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan Kabupaten Labuhan Batu Utara (Labura). Dinas PU Labura disinyalir melakukan pekerjaan tidak sesuai dengan juknis seperti pekerjaan jalan dan jembatan, gedung-gedung Rp50.000.000.000. Pembangunan gedung kantor Dinas Pertanian Rp1.700.000.000, pembangunan pekerjaan jalan, gedung dan pengairan dari DAK Rp17.013.865.000, pembangunan gedung kantor bupati Rp5.400.000.000. 

Kemudian pengalihan proyek perkerasan jalan Kuala Bangka ke Kuala Hilir dialihkan menjadi jalan beton di Kelapa Sebatang Tanjung Leidong yang diduga tidak sesuai dengan bestek. “Kita juga mendesak Kejati Sumut untuk memeriksa Kadis PU Labura Isa Ansyari selaku otang yang paling bertanggungjawab pada pekerjaan tersebut serta selaku pengguna anggaran pada SKPD tersebut," tandasnyas. (BS-001)
 
 
Komentar
 
Berita Terkait
Kamis, 29 Januari 2015 | 21:51:05

Kejati Sumut Diminta Usut Dugaan Korupsi Bupati Labusel

Beritasumut.com – Belasan massa dari Aliansi Mahasiswa Pemuda Labuhanbatu Selatan (Ampel Labusel) kembali mendatangi Kantor Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejati Sumut), Jalan AH Nasution, Medan, Kamis (29/1/
Kamis, 29 Januari 2015 | 17:18:53

Kuasa Hukum Ridwan Bustan Antarkan Surat Kematian ke Kejati Sumut

Beritasumut.com – Tim penasehat hukum almarhum Ridwan Bustan, mantan Sekretaris DPRD Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menyampaikan surat keterangan kematian kepada tim penyidik Pidana Khusus (Pidsus) Kejati Sumu
Kamis, 29 Januari 2015 | 12:19:37

Buronan Boy Hermansyah Ditangkap, Kejati-Polda Sumut Koordinasi

Beritasumut.com – Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) akhirnya menangkap pengusaha Boy Hermansyah setelah menjadi buronan selama tiga tahun. Boy tersandung kasus dugaan korupsi pembobolan kredit BNI
Rabu, 28 Januari 2015 | 15:32:16

Kejati Sumut Tunggu Bupati Tobasa

Beritasumut.com – Berkas perkara dan tersangka Bupati Toba Samosir (Tobasa) Pandopotan Kasmin Simanjuntak atas kasus dugaan korupsi lahan base camp dan acses road PLTA Asahan III, Kecamatan Meranti, Kabupaten T
 
Berita Lainnya
Jumat, 30 Januari 2015 | 01:48:30

Polres Batu Bara Gulung Komplotan Perampok di Jalinsum

Beritasumut.com – Polres Batu Bara berhasil meringkus komplotan perampok yang beraksi di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum).Tiga tersangka perampok yang berhasil ditangkap yakni Sahrul alias Alung, Giman alias Co
 
Kamis, 29 Januari 2015 | 23:50:49

Polsek Indrapura Tangkap Pengedar Narkoba di Kuala Tanjung

Beritasumut.com – Polsek Indrapura menangkap seorang pengedar narkoba, Muhammad Ridwan (24) di Dusun III Alai, Desa Kuala Tanjung, Kecamatan Sei Suka, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara (Sumut), Kamis (29/1/20
 
Kamis, 29 Januari 2015 | 22:18:13

Jambret Beraksi di Depan RM Garuda Medan

Beritasumut.com – Nurinsyah Siregar (60) warga Perumahan Gatsu Indah II, Kelurahan Titi Papan mendatangi Mapolsek Medan Baru, Kamis (29/1/2015).Ia mengaku dijambret di depan Rumah Makan Garuda, Jalan Gajah Mada
 
Kamis, 29 Januari 2015 | 22:08:47

Kasus Penipuan Jual Beli Rumah Rp17 M, Taslim Divonis 3 Tahun Penjara

Beritasumut.com – Taslim, terdakwa kasus penipuan jual beli empat unit rumah di Jalan Diponegoro Medan, Sumatera Utara, sebesar Rp17 miliar, divonis tiga tahun penjara. Majelis hakim diketuai Waspin Simbolon me
 
Kamis, 29 Januari 2015 | 21:51:05

Kejati Sumut Diminta Usut Dugaan Korupsi Bupati Labusel

Beritasumut.com – Belasan massa dari Aliansi Mahasiswa Pemuda Labuhanbatu Selatan (Ampel Labusel) kembali mendatangi Kantor Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejati Sumut), Jalan AH Nasution, Medan, Kamis (29/1/
 
Kamis, 29 Januari 2015 | 18:05:35

Perampok Bank BRI di Aceh Selatan Divonis 6 Tahun Penjara

Beritasumut.com – Barmawi alias Teungku Bar bin TM Saleh (44) dan lima muridnya yang dinyatakan terbukti bersalah melakukan perampokan Bank BRI Unit Meukek, Aceh Selatan dan perusakan kantor/posko Partai Nasion
 
Kamis, 29 Januari 2015 | 17:18:53

Kuasa Hukum Ridwan Bustan Antarkan Surat Kematian ke Kejati Sumut

Beritasumut.com – Tim penasehat hukum almarhum Ridwan Bustan, mantan Sekretaris DPRD Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menyampaikan surat keterangan kematian kepada tim penyidik Pidana Khusus (Pidsus) Kejati Sumu
 
Kamis, 29 Januari 2015 | 16:44:17

Indomaret Syailendra Medan Dibobol Maling

Beritasumut.com – Pencurian di gerai Indomaret di Kota Medan kembali terjadi. Kali ini, gerai Indomaret Syailendra, Jalan Syailendra, Kelurahan Petisah Hulu, Kecamatan Medan Baru, Kota Medan yang menjadi sasara
 
Kamis, 29 Januari 2015 | 15:56:02

Polresta Medan Amankan Pengendara Bawa Sabu Dilipat Dalam Uang

Beritasumut.com – Seorang pria berinisial I diamankan tim gabungan Satlantas Polresta Medan dan Satresnarkoba Polresta Medan saat menggelar razia di Jalan Gagak Hitam, Medan, Kamis (29/1/2015).Dalam razia yang
 
Kamis, 29 Januari 2015 | 14:32:45

Terlibat Narkoba, 17 Personel Polda Sumut Dipecat

Beritasumut.com – Sudah banyak anggota Polda Sumatera Utara (Sumut) yang terlibat narkoba. Tercatat 57 orang yang sudah diproses di Propam Polda Sumut dan 17 orang sudah mengalami pemecatan tidak dengan hormat
 
Kamis, 29 Januari 2015 | 14:25:48

Polda Sumut Deklarasi Tidak Terlibat Narkoba

Beritasumut.com – Maraknya peredaran narkoba di Sumatera Utara (Sumut) membuat khawatir Kapolda Sumut Irjen Pol Eko Hadi Sutedjo. Seluruh anggotanya diperintahkan untuk menandatangani deklarasi yang menyatakan
 
Kamis, 29 Januari 2015 | 14:09:15

Perampokan di Jalan Sekip Medan Dipicu Bisnis Properti

Beritasumut.com – Aksi perampokan di Indo Digital milik pasutri Lui In alias Ayung (45) dan Susanawati (41) di Komplek Sekip Mas, Jalan Sekip, Kelurahan Sei Putih Timur I, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan, S
 
Kamis, 29 Januari 2015 | 12:19:37

Buronan Boy Hermansyah Ditangkap, Kejati-Polda Sumut Koordinasi

Beritasumut.com – Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) akhirnya menangkap pengusaha Boy Hermansyah setelah menjadi buronan selama tiga tahun. Boy tersandung kasus dugaan korupsi pembobolan kredit BNI
 
Rabu, 28 Januari 2015 | 23:18:49

Polsek Medan Barat Diduga Salah Tangkap

Beritasumut.com – Unit Reskrim Polsek Medan Barat mengamankan Mustika Adam Tarigan (29) warga Jalan Datuk Kabu, Pasar III, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut). Ia diamankan
 
Rabu, 28 Januari 2015 | 23:08:18

Ompung Satria Bunuh Erno Sitorus di Kampung Kristen Tanjung Beringin

Beritasumut.com – Bitner Marojahan Marbun alias Ompung Satria (50) warga Kampung Kristen, Dusun III, Desa Pematang Terang, Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara (Sumut)
 
 
 
 
Terpopuler

1

25 Jan 2015 19:00 | 1495 views
Pro Kontra PT SMGP
Polres Madina Tangkap 10 Warga, Dua Ditetapkan Tersangka

4

25 Jan 2015 23:19 | 976 views
Pro Kontra PT SMGP
Jumlah Tersangka Pengeroyokan di Maga Lombang Menjadi Enam Orang
 
 
 
 
 
Top