Tekno

Mobil Hemat Energi Karya Mahasiswa Unimed Siap Berlaga di Kontes KMHE di Malang


Mobil Hemat Energi Karya Mahasiswa Unimed Siap Berlaga di Kontes KMHE di Malang
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Universitas Negeri Medan (Unimed) resmi mengutus Tim mahasiswa Fakultas Teknik (FT) yang tergabung dalam Tim Andaliman untuk mengikuti Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2019 yang diselenggarakan di Universitas Negeri Malang (UNM) pada 24–28 September mendatang. Tim Andaliman FT yang mengikuti event ini berjumlah 8 orang dan didampingi Dosen Pembimbing Ir Batumahadi Siregar MT.
 
Acara pelepasan dilaksanakan di Ruang Rapat Rektor Gedung Pusat Administrasi Biro Rektor Unimed. Unimed mengirimkan mobil hemat energi yang merupakan ciptaan dari tangan-tangan handal mahasiswa FT yang diberi nama Alogo-go EV 3 dengan berat 98 kg untuk mengikuti kontes mobil kelas Urban Concept Electrical dengan kecepatan max 50 km/jam.
 
"Unimed sangat mengapresiasi adanya kontes mobil ini. Dengan mengikuti kontes mobil hemat energi (KMHE) ini memberi peluang bagi mahasiswa yang kreatif untuk mengembangkan ilmu dan kreasinya dalam dunia otomotif," ujar Rektor Unimed Dr Syamsul Gultom SKM MKes dilansir dari laman unimed.ac.id, Minggu (22/09/2019).
 
Rektor didampingi Wakil Rektor I Prof Dr Abdul Hamid K MPd, WR II Dr Restu MS dan WR IV Prof Manihar Situmorang. MSc PhD menegaskanya jika pihaknya mendukung penuh kepada Tim Andaliman untuk mengikuti KMHE 2019. "Harapan kita mereka bisa menunjukkan performa terbaik saat bertanding dan semoga bisa juara. Mereka ini sudah ikut diberbagai kompetisi dan telah memperbaiki berbagai kelemahan dari produk dan tampilan sebelumnya. Atas dasar itu kita yakin mereka bisa ukir prestasi nantinya," ungkap Rektor.
 
"Kami mendukung dan sangat mengapresiasi Tim Andaliman FT, semoga dapat mengharumkan nama besar Unimed di even nasional ini. Semoga peluang yang diberikan ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin, menang kalah itu hal biasa dalam berkompetisi tetapi bagaimana kita berusaha untuk melakukan yang terbaik," sambung Rektor.
 
Dekan FT Prof Dr Harun Sitompul MPd didampingi Dosen Pembimbing Tim Andaliman Ir Batumahadi Siregar MT mengucapkan terimakasih kepada Rektor, Wakil Rektor dan Unimed, yang telah mendukung Tim Andaliman untuk mengikuti KMHE 2019 di Malang. "Kami akan berusaha melakukan yang terbaik, target kami dalam event ini bisa tembus di ranking 3 besar, jika berhasil, akan mendapat kesempatan bagi Tim Andaliman untuk mengikuti kontes di tingkat Asia, Singapore tahun 2020 mendatang." terangnya.
 
Lebih lanjut Ir Batumahadi menjelaskan event ini diselenggarakan oleh Kemenristekdikti setiap tahunnya, peserta yang mengikuti KMHE tahun ini sebanyak 35 perguruan tinggi. Tahun ini Sumut mengirim Unimed dan USU, yang nantinya akan berlaga di Malang.(BS09)

Tag:KMHE 2019MalangMobil Hemat Energi UnimedUnimed